Manfaat Berenang untuk Diet dan Tips Agar Berhasil Mendapat Berat Badan Ideal

Berenang merupakan pilihan tepat bagi kamu yang menginginkan tubuh ideal.

oleh Nisa Mutia Sari diperbarui 11 Jun 2023, 15:30 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2023, 15:30 WIB
Manfaat Berenang untuk Diet
Berenang (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan atau diet. Selain melakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi, mengimbanginya dengan olahraga juga sangat penting agar hasilnya maksimal.

Olahraga yang biasa dilakukan untuk diet diantaranya adalah lari, jalan cepat, dan bersepeda. Namun, kamu juga bisa mencoba olahraga alternatif lainnya yang dipercaya mampu untuk menurunkan berat badan secara maksimal, yaitu berenang.

Selain menyegarkan dan mengurangi stres, berenang juga dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan berenang menggerakkan seluruh bagian tubuh sehingga mampu membakar kalori dan lemak.

Walaupun dipercaya bisa menurunkan berat badan, namun kamu tetap perlu melakukannya dengan bijak. Dalam artian, kamu perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat setelah berenang.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat berenang untuk diet serta tips melakukannya agar hasilnya maksimal, Senin (11/11/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menurunkan Berat Badan

Manfaat Berenang untuk Diet
Manfaat Berenang untuk Diet (iStockphoto)

Guna mendapatkan manfaat berenang untuk diet, kamu disarankan untuk berenang disertai dengan gerakan yang tak monoton. Gaya yang dilakukan saat berenang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya cedera otot.

Untuk gaya renangnya sendiri, kamu bisa menggunakan gaya dada, gaya bebas, gaya katak, gaya kupu-kupu, hingga gaya punggung. Kalau kamu ingin menurunkan berat badan lebih efektif, kamu bisa menggunakan gaya kupu-kupu.

Gaya kupu-kupu dipercaya bisa membakar kalori secara maksimal. Berenang dengan gaya kupu-kupu bisa membakar kalori hingga 150 kalori pada orang dewasa dengan berat 73,5 kilogram dengan durasi 10 menit.

Selain gaya kupu-kupu, gaya bebas juga mampu membakar kalori di tubuh lebih banyak. Sedangkan gaya dada dan gaya punggung setara dengan jalan cepat atau jogging untuk membakar kalorinya.


Membakar Kalori

Manfaat Berenang untuk Diet
Berenang / Sumber: Photo by Haley Phelps on Unsplash

Berenang untuk diet dipercaya mampu membakar kalori cukup banyak. Kamu bisa merasakan manfaat berenang untuk diet jika melakukannya selama 60 menit, untuk membakar sekitar 500 hingga 700 kalori. Kalori yang terbakar saat berenang ini nantinya akan menghasilkan energi.

Untuk membakar kalori yang cukup banyak saat berenang, perlu diimbangi dengan gaya, jarak, dan kecepatan saat berenang. Agar berat badan turun secara signifikan, kamu bisa berenang 30-60 menit per hari.

Tubuh akan membakar karbohidrat di menit-menit awal berenang, lalu di saat berenang akan membakar lemak. Berenang dengan durasi tersebut dapat membantu kamu menurunkan berat badan dan mengurangi masalah kesehatan.

Untuk merasakan manfaat berenang untuk diet secara utuh, kamu bisa melakukannya secara rutin 4 – 6 hari dalam seminggu. Selain bermanfaat untuk diet, berenang juga mampu mencegah penyakit berbahaya seperti stroke, diabetes, dan jantung.


Membentuk Otot Tubuh

Manfaat Berenang untuk Diet
Berenang (Sumber: iStockphoto)

Manfaat berenang untuk diet selain mampu untuk menurunkan berat badan dan membakar kalori, juga dipercaya mampu membentuk otot tubuh. Hal ini dikarenakan otot tubuh akan bekerja keras saat berenang, termasuk otot bagian bawah, bagian atas, otot inti, hingga otot punggung.

Selain itu, berenang juga membuat organ jantung dan paru bekerja lebih aktif untuk menyediakan oksigen yang dibutuhkan tubuh. Hal ini mengakibatkan banyak kalori yang dibakar tubuh dan menyediakan energi saat kamu berenang.

Saat berenang, juga dapat melatih otot lebih kuat dan meningkatkan massa otot. Kemudian juga akan membuat sistem metabolisme meningkat sehingga tubuh bisa membakar kakori lebih banyak.


Tips Berenang untuk Diet Agar Hasilnya Maksimal

Liputan 6 default 4
Ilustraasi foto Liputan 6

Manfaat berenang untuk diet bisa didapatkan jika dilakukan dengan tekun. Menurut jurnal International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism 2014, berenang merupakan jenis olahraga yang membutuhkan ketekunan.

Olahraga ini bisa membentuk stamina yang kuat dan sehat, serta membantu mencapai berat badan ideal. Namun, ternyata berenang juga dapat membuat berat badan tidak turun sama sekali.

Hal ini dikarenakan olahraga renang dapat menekan nafsu makan pada saat aktivitas berlangsung. Sedangkan setelah berenang selesai, nafsu makan justru meningkat dengan drastis.

Oleh karena itu, kamu perlu mengimbanginya dengan asupan nutrisi yang sehat. Penting untuk megonsumsi banyak sayur dan buah, serta membatasi asupan lemak dan gula, untuk membantu mencapai berat badan ideal.

Cara mengatasi rasa lapar setelah berenang, kamu tetap harus konsisten mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Pastikan juga untuk menghindari asupan tinggi lemak dan tinggi gula.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya