Cara Membuat Telur Mata Sapi Setengah Matang, Enak untuk Sarapan

Cara membuat telur mata sapi setengah matang mudah saja diterapkan.

oleh Husnul Abdi diperbarui 15 Jun 2023, 23:40 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2023, 23:40 WIB
telur mata sapi
telur mata sapi/copyright: shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat telur mata sapi setengah matang mudah saja diterapkan. Telur mata sapi setengah matang ini umumnya dinikmati sebagai menu sarapan. Namun, tidak semua orang mengerti bagaimana cara membuat telur mata sapi setengah matang yang lezat.

Selain karena rasa yang enak, telur mata sapi setengah matang juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Seperti yang telah banyak diketahui, telur merupakan salah satu sumber protein terbaik bagi tubuh. Apalagi harganya cukup murah, sehingga kerap dijadikan konsumsi sehari-hari.

Cara membuat telur mata sapi setengah matang perlu memperhatikan langkah-langkahnya. Penggunaan minyak, pemilihan api kompor, hingga saat memasukkan telur ke minyak nantinya, kamu harus benar-benar memperhatikannya sehingga mendapatkan telur mata sapi setengah matang yang nikmat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/7/2020) tentang cara membuat telur mata sapi setengah matang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Telur Mata Sapi Setengah Matang

telur mata sapi
telur mata sapi/copyright: shutterstock

Penuangan Minyak

Cara membuat telur mata sapi setengah matang yang perlu diperhatikan adalah penuangan minyak. Kamu bisa menuangkan minyak terlebih dahulu saat wajan masih dingin. Selain itu, sebaiknya gunakan wajan anti lengket untuk membuatnya agar lebih mudah dalam memasak nantinya.

Untuk membuat dua telur mata sapi setengah matang, kamu mungkin akan membutuhkan 1/2 sdt minyak goreng. Minyak ditungkan ke permukaan wajan saat wajan masih dalam keadaan dingin. Jadi, kamu bisa menuangkan minyak sebelum api kompor dinyalakan. 

Masukkan Telur ke Minyak Dingin

Setelah menuangkan minyak di permukaan wajan, kamu bisa melanjutkannya dengan memecahkan telur. Kemudian, langsung masukkan telur ke dalam minyak dingin. Kamu bisa mengatur letak kuning telur dengan sendok atau menggunakan jari yang bersih terlebih dahulu sebelum memasaknya.


Cara Membuat Telur Mata Sapi Setengah Matang

telur mata sapi
Telur mata sapi setengah matang./Copyright unsplash.com/@wifecooky

Masak Menggunakan Api Sedang

Setelah itu, kamu bisa segera memasaknya. Nyalakan api kompor dan gunakan api sedang dalam memasaknya. Panaskan tanpa menutup wajan. Saat bagian bening telur mulai memutih, kamu bisa menaburkan garam dan lada secukupnya agar telur mata sapi setengah matang makin nikmat.

Kecilkan Api

Cara membuat telur mata sapi setengah matang berikutnya adalah mengecilkan api. Setelah mengecilkan api, tutup wajan dan panaskan sekitar satu menit. Setelah itu, telur mata sapi setengah matang pun sudah bisa langsung dinikmati.

Itulah cara membuat telur mata sapi setengah matang yang bisa kamu ikuti. Ikuti langkah-langkahnya dengan saksama sehingga mendapatkan hasil yang maksimal untuk sarapan nikmat.


Cara Membuat Telur Rebus Setengah Matang

Cara Membuat Telur Rebus Setengah Matang
Telur rebus setengah matang (pixabay.com)

Selain membuat telur mata sapi setengah matang, kamu juga bisa menerapkan cara membuat telur rebus setengah matang yang tak kalah nikmat. Tidak hanya nikmat, telur rebus setengah matang juga baik untuk kesehatan.

Beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa kuning telur rebus setengah matang memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. Mengonsumsi telur setengah matang dipercaya mengurangi risiko kontaminasi makanan akibat bakteri salmonella.

Berikut cara membuat telur rebus setengah matang:

Alat dan bahan:

- Panci

- Alat pengukur waktu, bisa gunakan yang ada di ponsel

- Sendok atau centong sayur

- Mangkuk

- Telur ayam segar

- Air dingin

- Es batu

Cara membuat telur rebus setengah matang:

1. Masukkan telur ke dalam panci. Usahakan maksimal 6 telur saja.

2. Isi dengan air dingin hingga menutupi permukaan telur setinggi 2,5 cm.

3. Rebus telur dengan api besar hingga air mendidih. Matikan api lalu tutup panci.

4. Nyalakan alat pengukur waktu atau timer pada ponsel.

5. Untuk telur soft boiled yang kuningnya masih encer, rebus telur selama 3 menit. Untuk telur medium boiled, ukur waktu 6 menit.

6. Angkat telur, ketuk perlahan telur ke atas permukaan meja agar sedikit retak.

7. Tempatkan telur dalam mangkuk berisi es batu.

8. Diamkan selama 1 menit lalu kupas kulit telur perlahan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya