9 Tips Agar Tidak Malas Minum Air Putih, Coba Diterapkan

Ada beberapa tips agar tidak malas minum air putih yang dapat diterapkan.

oleh Selma Intania Hafidha diperbarui 16 Jun 2023, 06:50 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2023, 06:50 WIB
Mengonsumsi Banyak Air Putih
Ilustrasi Meminum Air Putih Credit: pexels.com/Daria

Liputan6.com, Jakarta Tips agar tidak malas minum air putih ini bisa coba kamu terapkan jika kamu termasuk orang yang sehari-hari kurang konsumsi air putih. Air putih punya banyak manfaat untuk kesehatan, Kekurangan air dapat menyebabkan tubuh dehidrasi, yang membuat kamu cepat lesu dan lemas. Oleh sebab itu, tips agar tidak malas minum air putih ini dapat kamu coba terapkan.

Ketika dipadatkan dengan aktivitas, banyak orang yang lebih memilih untuk mengonsumsi minuman soda atau minuman manis dan segar. Padahal, air putih juga dapat kembali menyegarkan tenggorokan kamu dan membangkitkan semangat. Kamu bisa mencoba untuk menerapkan rutin mengonsumsi air putih dengan memperhatikan tips agar tidak malas minum air putih. 

Air putih sangat baik untuk kesehatan dan tentunya dapat membantu melancarkan pencernaan kamu. Selain itu juga, memberikan tampilan kulit yang bersih, mulus, dan kenyal. Kamu harus memberikan target untuk diri kamu sendiri yakni mengonsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas sehari. Jika sulit, kamu bisa coba terapkan tips agar tidak malas minum air putih.

Dengan mengonsumsi air dengan jumlah cukup, kesehatan dari organ penting seperti ginjal tidak akan menurun. Air juga bisa menurunkan suhu tubuh sehingga tubuh tidak cepat kehilangan banyak cairan dari keringat. Oleh sebab itu, yuk coba terapkan tips agar tidak malas minum air putih.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang tips agar tidak malas minum air putih yang bisa kamu terapkan, Kamis (12/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips agar Tidak Malas Minum Air Putih

ilustrasi air putih minuman penghilang dehidrasi saat puasa/pexles
ilustrasi air putih minuman penghilang dehidrasi saat puasa/pexles

Meski tidak memiliki kalori, air sangat penting untuk tubuh. Bagi kamu yang malas minum air putih dan belum memenuhi kebutuhan 6-8 gelas air putih sehari, kamu bisa coba perlahan menerapakn tips agar tidak malas minum air putih.

1. Buat Target Harian

Tips agar tidak malas minum air putih berikutnya yakni kamu bisa mencoba untuk buat target harian. Buat target yang bisa dilakukan dan perlahan-lahan ditambah dengan sendirinya. Misal dalam bulan pertama harus minum 4 gelas, bulan selanjutnya jadi 5 dengan tambahan sedikit demi sedikit.

Kamu harus sebisa mungkin untuk memenuhi target harian yang sudah dibuat. Pertahankan target dan tambah sesuai dengan kemampuan. Lebih baik ada perkembangan sedikit demi sedikit daripada tidak sama sekali.

2. Ketahui Kebutuhan Air Setiap Hari

Tips agar tidak malas minum air putih berikutnya yakni kamu perlu untuk mengetahui kebutuhan air setiap harinya. Jenis aktivitas yang dilakukan juga menentukan berapa banyak air yang diminum.

Kamu bisa coba minum sebanyak 4-6 gelas air setiap hari. Jika kamu merasa lemas tanpa sebab, berarti air yang kamu minum masih kurang dan butuh lebih banyak. Sebaliknya kalau airnya terlalu banyak, kamu akan sering buang air kecil dengan jarak yang tidak terlalu lama.

3. Mengatur Alarm Minum

Tips agar tidak malas minum air putih yang bisa kamu terapkan berikutnya yakni dengan mengatur alarm minum. Tak hanya alarm bangun tidur, kamu bisa mencoba untuk mengatur alarm untuk minum air. Atur alarm jam berapa saja kamu harus minum air putih. Misal harus minum segelas di antara jam makan pada pukul 09.00 dan 15.00. Buat alarm yang diset bunyi setiap hari. Dengan melakukannya, perlahan kamu tidak akan lupa dan selalu minum saat alarm berbunyi.

4. Selalu Bawa Botol Air

Tips agar tidak malas minum air putih selanjutnya yakni dengan mengusahakan untuk selalu membawa botol air kemanapun kamu pergi. Jika kamu selalu membawa botol air, kamu bisa meminum air jika kamu merasa haus. Jika kamu tidak membawa botol air saat bepergian, tentunya kamu harus mencari toko terdekat lebih dulu untuk membeli air putih.

5. Minum Segelas Air Sebelum Makan

Minum segelas air sebelum makan merupakan tips agar tidak malas minum air putih berikutnya yang bisa kamu coba terapkan. Minum segelas air putih sebelum makan dapat memangkas asupan kalori dengan membuat kamu lebih cepat kenyang.

Hanya dengan mengetahui bahwa lebih banyak minum air putih dapat membantu kamu makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, hal tersebut bisa memotivasi kamu agar lebih rutin minum air putih.


Tips agar Tidak Malas Minum Air Putih

air putih-kezo
ilustrasi manfaat air putih untuk buka puasa/pexels

6. Minum Sebelum dan Sesudah Tidur

Tips agar tidak malas minum air putih selanjutnya yakni dengan mengusahakan untuk minum air putih sebelum dan sesudah tidur. Saat tidur kita akan puasa makan dan minum selama 7-9 jam atau tergantung dengan waktu tidur yang kamu miliki. Biasakan untuk minum segelas sebelum tidur dan setelah bangun segelas lagi. Cara ini dilakukan untuk menambah konsumsi air dan membuat tubuh segar.

7. Taruh Segelas Air di Meja Tidur

Tips agar tidak malas minum air putih berikutnya yakni kamu bisa menaruh segelas air di meja tidur. Hal tersebut tentunya akan memudahkan kamu untuk meminum air putih ini. Saat kamu mengambil ponsel, perlahan kamu ingat bahwa harus minum air putih. Tips satu ini bisa coba kamu terapkan secara rutin agar perlahan kamu bisa memenuhi kebutuhan air kamu.

8. Tambahkan Perasa yang Sehat

Menambahkan perasa yang sehat merupakan tips agar tidak malas minum air putih selanjutnya yang bisa coba kamu terapkan. Rasa ini bisa berupa penambahan rasa manis atau asam. Gunakan beberapa buah-buahan satu sayuran untuk membuat infused water. Dengan menggunakan cara ini air yang kamu minum tidak akan tawar dan tetap aman dikonsumsi setiap hari. Buat infused water setiap kamu  bosan minum air putih. Tambahkan sedikit kegembiraan dalam air putih Anda dengan mencelupkan irisan buah segar (jeruk, stroberi, lemon, kiwi, semangka), rempah (basil, mint, lavender, jahe), atau sayuran (mentimun, seledri).

9. Tandai Botol Minum

Tips agar tidak malas minum air putih berikutnya yakni dengan menandai botol minum kamu. Menandai botol minum kamu dengan jarak per jam hingga ke dasar botol, misalnya dari 7 pagi – 9 pagi – 11 siang – 1 siang – dst, dapat membantu kamu mencapai tujuan untuk lebih banyak minum air putih dalam seharian. Selain itu juga, kamu bisa tahu persis harus berapa kali mengisi ulang botol kamu.

 


Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Ilustrasi Minum Air Putih =
Ilustrasi Minum Air Putih (iStock Photo)

Setelah menilik beragam tips agar tidak malas minum air putih, berikut ini manfaat yang bisa kamu rasakan jika rutin mengonsumsi air putih.

1. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Dengan minum air putih kebutuhan air tersebut akan terpenuhi dan tubuh akan bekerja dengan baik, dan tidak kekurangan cairan. Dua liter air sama halnya dengan delapan gelas air putih. Jadi kamu harus minum setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari.

2. Mempercepat Metabolisme Tubuh

Jika kamu sedang malakukan program diet, minum air putih di pagi hari akan mempercepat metabolisme tubuh hampir 25%. Hal ini juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Selain itu manfaat air putih juga bisa digunakan untuk melancarkan buang air besar. Hal ini juga akan membuat perut menjadi lebih bersih dan bisa mengatur pergerakan usus dan menyingkirkan kotoran di dalam tubuh.

3. Mengatur Suhu Tubuh

Air yang disimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Saat menguap, itu mendinginkan tubuh ketika berolahraga. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa jika tubuh kekurang cairan maka penyimpanan panas akan meningkat dan tubuh tidak bisa menahan regangan panas.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Minum air saat perut kosong dapat melawan infeksi dan penyakit yang suatu saat bisa menyerang. Selain itu minum air putih juga bisa membantu meningkatkan fungsi kesehatan dan menjauhkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

5. Mencegah Migrain

Kekurangan oksigen dan cairan pada otak akan menyebabkan migrain atau sakit kepala. Dehidrasi merupakan penyebab utama sakit kepala yang bisa mengganggu aktifitas sehari-hari. Banyak mengkonsumsi air putih akan memperlancar peredaran oksigen yang dibawa oleh darah keseluruh tubuh terutama otak. Otak juga akan mendapatkan suplai cairan yang cukup.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya