6 Cara Pasangan Berpegangan Tangan Bisa Jadi Gambaran Hubungan, Kamu yang Mana?

Berpegangan tangan dapat menjadi sarana menyampaikan koneksi dan kedekatan emosional.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 19 Jul 2023, 16:45 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2023, 16:45 WIB
karakter zodiak
ilustrasi pasangan cinta/Photo by Laura Garcia from Pexels

Liputan6.com, Jakarta Memegang tangan adalah gestur sederhana yang umum terjadi dalam interaksi manusia. Berpegangan tangan dapat menjadi sarana menyampaikan koneksi dan kedekatan emosional. Oleh sebab itu, pasangan yang memegang tangan seringkali memiliki ikatan emosional yang kuat. Sentuhan fisik seperti ini dapat meningkatkan perasaan nyaman dan mengurangi kecemasan dan stres karena pelepasan oksitosin di tubuh kita.

Mengetahui makna di balik cara pasangan berpegangan tangan dapat memberikan gambaran tentang situasi hubungan tersebut. Namun perlu digaris bawahi, mengartikan bahasa tubuh juga perlu memerhatikan banyak faktor lain, seperti keadaan emosional pasangan dan petunjuk verbal.

Cara terbaik untuk menghindari kesalahan dalam mengartikan apa yang sedang disampaikan oleh pasangan melalui memegang tangan adalah berbicara dengan mereka. Berikut 6 cara pasangan berpegangan tangan yang dapat menggambarkan situasi hubungan mereka, dilansir Liputan6.com dari laman marriage.com, Rabu (19/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Berpegangan dengan Saling Menggenggam Telapak Tangan

Ilustrasi berpegangan tangan. (Creative Commons/Pixabay)
Ilustrasi berpegangan tangan. (Creative Commons/Pixabay)

Cara standar untuk berpegangan tangan ini ternyata dapat memberitahu banyak hal tentang dinamika kekuasaan dalam suatu hubungan. Dikatakan bahwa orang yang tangan nya berada di atas (telapak tangan menghadap ke bawah) adalah yang lebih dominan.

Penelitian menunjukkan bahwa hal ini berkaitan dengan perbedaan gender karena tangan laki-laki jauh lebih sering berada di atas, bahkan ketika mempertimbangkan perbedaan tinggi badan antara laki-laki dan perempuan.

2. Berpegangan dengan Jari-jemari Saling Terkunci

Berpegangan tangan dengan posisi jari-jemari terkunci dapat mengindikasikan tingkat kedekatan yang tinggi dan hubungan yang penuh perhatian.

Jari-jemari yang terkunci bisa menandakan bahwa pasangan merasa nyaman dan siap untuk saling rentan ketika mereka berpegangan tangan seperti itu, dan ini bisa mencerminkan tingkat keterikatan yang mereka bagi dan kebutuhan satu sama lain.

3. Berpegangan Tangan dengan Pasif

Pasangan yang berpegangan tangan dengan cara yang lembut namun mantap, mereka mungkin sudah mencapai taraf hubungan yang saling memahami. Pasangan ini sudah saling menerima satu sama lain dan mencapai keseimbangan hubungan. Ini bisa menjadi simbol dari koneksi lembut dan mendalam yang tidak membatasi atau menyulitkan individu masing-masing.


4. Jalinan yang Santai

Ilustrasi berpegangan tangan
(unsplash.com/@ialexavalos)

Posisi memegang tangan yang santai ini dapat menunjukkan bahwa pasangan saling percaya, peduli satu sama lain, dan merasa nyaman dengan sejumlah jarak. Meskipun mereka memiliki gairah satu sama lain, mereka tetap stabil secara emosional ketika berjauhan. Posisi ini tampak santai, hampir berhati-hati, dengan keinginan yang jelas untuk menciptakan koneksi fisik dan kelembutan.

5. Pemegangan Pergelangan Tangan

Pada awalnya, posisi ini mungkin menunjukkan kebutuhan untuk kontrol, agresi, atau ketergantungan. Namun, ini juga bisa menjadi salah satu cara paling intim untuk berpegangan tangan karena saling mengunci pergelangan tangan dan lengan. Ini bisa menjadi tanda kebutuhan kuat untuk berada dekat satu sama lain yang terkadang salah diartikan sebagai terlalu agresif atau memiliki sikap memiliki.

6. Berpegangan Tangan dengan Jari

Memegang tangan dengan cara ini dapat menunjukkan bahwa Anda berdua adalah individu yang mandiri yang memiliki keinginan untuk menjadi fisik intim dan menciptakan koneksi melalui sentuhan. Ini  dapat menjadi tanda bahwa pasangan menikmati waktu luang dan menghargai prifasi masing-masing sambil memiliki koneksi mendalam satu sama lain.


Mengapa Manusia Berpegangan Tangan?

pasangan
ilustrasi berpegangan tangan/copyright Unsplash/Alvin Mahmudov

Secara evolusi, manusia terhubung melalui sentuhan. Jika diamati, bayi memiliki respons naluriah untuk meraih jari orang disekitarnya dan berpegangan tangan. Ini disebut refleks cengkraman palmar, dan diyakini terjadi karena memungkinkan anak-anak untuk berpegangan pada ibu mereka saat ibu bergerak tanpa perlu menggunakan tangan. Seiring waktu, bayi kehilangan refleks ini, tetapi pentingnya sentuhan tetap ada.

Meskipun sentuhan adalah salah satu indera yang paling penting dan pertama berkembang, para psikolog Alberto Gallace dan Charles Spence menunjukkan bahwa ini mungkin menjadi salah satu indera yang paling kurang dihargai.

Berpegangan tangan adalah tindakan sederhana yang memiliki banyak manfaat. Ini tidak hanya meningkatkan kedekatan emosional dan ikatan dengan pasangan atau teman, tetapi juga dapat mengurangi stres, rasa sakit fisik, dan tekanan darah. Selain itu, berpegangan tangan juga merupakan cara yang indah untuk mengekspresikan cinta, dukungan, dan perasaan perhatian kepada orang yang kita sayangi. 

Dalam hubungan, berpegangan tangan dapat menjadi tanda seriusnya hubungan dan keinginan untuk membangun kedekatan yang lebih dalam. Kebiasaan ini juga sering dimulai sejak kecil, mencerminkan rasa kasih sayang dan perhatian yang tumbuh seiring waktu. Secara keseluruhan, berpegangan tangan adalah bentuk kontak fisik yang sederhana tetapi berarti, yang dapat membawa manfaat baik bagi kesehatan fisik maupun mental.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya