Lupa Kata Sandi FB dan Nomor Tidak Aktif Lagi, Berikut 8 Cara untuk Login

Berikut adalah penjelasan tentang sejumlah cara untuk masuk Facebook ketika lupa kata sandi FB dan nomor tidak aktif lagi.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 13 Jun 2024, 11:31 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2023, 13:15 WIB
Ilustrasi Facebook
Ilustrasi Facebook - Media sosial (Foto: Unsplash.com/Con Karampelas)

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda lupa kata sandi Facebook dan nomor telepon yang terdaftar tidak aktif lagi, mungkin Anda merasa panik dan khawatir tidak bisa mengakses akun Facebook Anda. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk masuk kembali ke akun Facebook Anda. Tetaplah tenang dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan akses kembali ke akun Facebook Anda.

Pertama, Anda bisa mencoba untuk me-reset kata sandi menggunakan alamat email yang terhubung dengan akun Facebook Anda. Coba cek kotak masuk email Anda dan ikuti petunjuk untuk me-reset kata sandi. Jika Anda tidak berhasil melakukannya, Anda juga bisa mencoba untuk meminta bantuan teman atau keluarga untuk memulihkan akun Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba menggunakan fitur "Lupa Kata Sandi" di halaman login Facebook dan mengikuti petunjuk dari sana. Jika nomor telepon yang terdaftar tidak aktif lagi, Anda mungkin perlu menghubungi pusat bantuan Facebook untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Ingatlah untuk selalu mengikuti aturan keamanan Facebook dan jangan pernah memberikan informasi pribadi Anda kepada pihak yang tidak dikenal. Dengan tetap tenang dan sabar, Anda pasti dapat mendapatkan akses kembali ke akun Facebook Anda.

Selain itu, masih ada banyak lagi cara login ke akun FB ketika lupa kata sandi dan nomor tidak aktif lagi, sebagai mana telah dirangkum Liputan6.com berikut ini pada Rabu (29/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Login FB Via Email Pribadi

Jika Anda lupa kata sandi Facebook dan nomor telepon yang terdaftar sudah tidak aktif lagi, Anda masih bisa masuk ke akun Facebook melalui email pribadi yang terhubung dengan akun tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka halaman login Facebook dan klik "Lupa kata sandi" di bagian bawah kotak login.

2. Masukkan alamat email pribadi yang terhubung dengan akun Facebook Anda.

3. Buka email Anda dan cari pesan dari Facebook yang berisi tautan untuk mereset kata sandi.

4. Klik tautan tersebut dan ikuti langkah-langkah untuk mereset kata sandi akun Facebook Anda.

5. Setelah kata sandi berhasil diubah, Anda dapat kembali masuk ke akun Facebook menggunakan email dan kata sandi baru.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda tetap bisa mengakses akun Facebook meskipun lupa kata sandi dan nomor telepon yang terhubung sudah tidak lagi aktif.


2. Login FB dengan Akun Google

WhatsApp, Facebook, Instagram, Hingga Google Terancam Diblokir, Ini Penjelasan Kominfo
Ilustrasi aplikasi media sosial. (Sumber foto: Pexels.com).

Jika Anda lupa kata sandi Facebook dan nomor telepon yang terdaftar tidak aktif lagi, Anda masih bisa login ke akun Facebook Anda dengan menggunakan akun Google Anda. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

1. Buka halaman login Facebook dan klik "Lupa Kata Sandi".

2. Masukkan alamat email yang terhubung dengan akun Facebook Anda. Jika Anda tidak mengingatnya, Anda juga bisa menggunakan alamat email Google Anda.

3. Pilih opsi "Gunakan Akun Google" untuk login.

4. Anda akan diarahkan ke halaman login Google. Masukkan email dan kata sandi akun Google Anda.

5. Setelah berhasil login dengan akun Google, Anda akan diminta untuk membuat kata sandi baru untuk akun Facebook Anda.

Dengan menggunakan akun Google, Anda bisa mengakses kembali akun Facebook Anda meskipun Anda lupa kata sandi dan nomor telepon yang terdaftar tidak aktif lagi. Jangan lupa untuk selalu membuat kata sandi yang kuat dan menghubungkan akun Facebook Anda dengan alamat email yang mudah diakses agar memudahkan proses pemulihan jika Anda lupa kata sandi di masa yang akan datang.


3. Login FB dengan Fitur Bantuan Kontak Terpercaya

Ilustrasi Facebook
Facebook (JUSTIN SULLIVAN / AFP)

Jika Anda lupa kata sandi Facebook dan nomor telepon yang terdaftar sudah tidak aktif, Anda masih bisa masuk ke akun Facebook Anda dengan menggunakan fitur bantuan kontak terpercaya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka halaman login Facebook dan klik "Lupa Kata Sandi" di bagian bawah form login.

2. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email atau nomor ponsel yang terkait dengan akun Facebook Anda. Jika kedua opsi tersebut tidak lagi aktif, klik "Tidak Bisa Mengakses Email Saya" di bagian bawah form.

3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email atau nomor telepon yang masih dapat diakses. Facebook akan mengirimkan kode ke kontak tersebut untuk memverifikasi identitas Anda.

4. Masukkan kode verifikasi yang diterima ke dalam form yang disediakan untuk mengakses halaman reset password.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat masuk kembali ke akun Facebook meskipun lupa kata sandi dan nomor telepon terkait tidak lagi aktif.


4. Akses Facebook dengan Nomor HP Virtual

Ilustrasi Facebook
Ilustrasi Facebook. (Foto oleh Tobias Dziuba: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-laptop-dekat-pabrik-927629/)

Jika Anda lupa kata sandi Facebook dan nomor telepon yang terdaftar tidak aktif lagi, Anda masih dapat mendapatkan akses ke akun Anda dengan menggunakan nomor HP virtual. Berikut adalah cara untuk melakukan hal tersebut:

1. Langkah pertama adalah mencari layanan nomor HP virtual yang tersedia secara online. Anda dapat menggunakan layanan seperti Google Voice atau aplikasi telepon seluler yang menyediakan nomor HP virtual.

2. Setelah mendapatkan nomor HP virtual, daftarkan nomor tersebut ke akun Facebook Anda. Pilih opsi "Lupa Kata Sandi" pada halaman login Facebook dan masukkan nomor HP virtual sebagai opsi pemulihan.

3. Facebook akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor HP virtual yang Anda daftarkan. Masukkan kode tersebut pada halaman verifikasi dan Anda akan dapat mengatur ulang kata sandi akun Anda.

Dengan menggunakan nomor HP virtual, Anda dapat mendapatkan akses kembali ke akun Facebook Anda meskipun lupa kata sandi dan nomor telepon yang terdaftar tidak aktif lagi.


5. Reset Kata Sandi Via Recent Log In

Facebook
Amankan akun Facebook dan Twitter Kamu.

Jika Anda lupa kata sandi Facebook dan nomor telepon yang terhubung ke akun sudah tidak aktif, Anda masih dapat login menggunakan fitur Recent Log In. Berikut cara login akun Facebook Anda secara urut:

1. Pertama, buka halaman login Facebook dan klik "Lupa Kata Sandi" di bagian bawah kolom sandi.

2. Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email atau nomor telepon yang terhubung ke akun Facebook Anda.

3. Pilih opsi "Coba Cara Lain" dan pilih "Kirim Kode Melalui Email" jika nomor telepon sudah tidak aktif.

4. Setelah itu, buka email yang terhubung dengan akun Facebook dan cari email dengan kode verifikasi.

5. Masukkan kode verifikasi ke halaman reset password dan buat kata sandi baru untuk akun Facebook Anda.

Dengan menggunakan fitur Recent Log In, Anda dapat mengakses kembali akun Facebook meskipun lupa kata sandi dan nomor telepon terkait sudah tidak aktif.


6. Pulihkan Akun FB via Teman

Ilustrasi media sosial, Facebook
Ilustrasi media sosial, Facebook. (Foto oleh freestocks.org: https://www.pexels.com/id-id/foto/iphone-smartphone-pena-teknologi-744464/)

Jika Anda lupa kata sandi Facebook dan nomor telepon yang terhubung dengan akun tidak lagi aktif, Anda masih bisa memulihkan akun Anda melalui bantuan teman-teman Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk memulihkan akun Facebook Anda:

1. Buka halaman login Facebook dan klik "Lupa Kata Sandi?".

2. Pilih opsi "Temukan Akun Anda" dan masukkan alamat email, nomor telepon, nama pengguna, atau nama lengkap yang terhubung dengan akun Anda.

3. Facebook akan menampilkan opsi untuk menghubungi teman-teman Anda sebagai langkah alternatif. Pilih teman yang bisa Anda hubungi untuk membantu Anda mendapatkan kode keamanan.

4. Mintalah teman yang dipilih untuk membuka halaman bantuan Facebook (https://www.facebook.com/recover/initiate) dan memasukkan kode keamanan yang mereka terima.

5. Teman Anda kemudian dapat memberi Anda kode keamanan tersebut.

6. Masukkan kode keamanan yang diberikan teman Anda untuk memulihkan akses ke akun Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memulihkan akses ke akun Facebook Anda meskipun Anda lupa kata sandi dan nomor telepon yang terhubung dengan akun sudah tidak aktif.


7. Reset Kata Sandi via Aplikasi Facebook

Ilustrasi Facebook
Ilustrasi Facebook. (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)

Jika Anda lupa kata sandi Facebook dan nomor telepon yang terkait tidak aktif lagi, Anda masih bisa mereset kata sandi melalui aplikasi Facebook. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Facebook dan klik "Lupa Kata Sandi" di layar login.

2. Masukkan alamat email atau nomor telepon yang terdaftar di akun Facebook Anda.

3. Pilih metode pemulihan yang Anda bisa akses, seperti email atau teks.

4. Jika Anda memilih email, periksa kotak masuk email Anda dan ikuti petunjuk untuk mereset kata sandi.

5. Jika Anda memilih teks, Anda akan menerima kode pemulihan via pesan teks. Masukkan kode tersebut dan ikuti petunjuk untuk mereset kata sandi.

6. Setelah Anda berhasil memasukkan kode verifikasi, Anda akan diminta untuk membuat kata sandi baru.

7. Masukkan kata sandi baru, konfirmasi, dan tekan "Ubah Kata Sandi" untuk menyelesaikan proses reset.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mereset kata sandi Facebook meskipun nomor telepon yang terkait dengan akun Anda tidak aktif lagi.


8. Reset Kata Sandi via Laporan Hack

Facebook
logo facebook di HP (sumber: snopes.com)

Jika Anda lupa kata sandi Facebook dan tidak bisa menggunakan nomor telepon yang terdaftar, Anda masih bisa login ke akun Facebook dengan menggunakan fitur "Laporan Hack". Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Facebook atau situs web dan klik "Lupa Kata Sandi".

2. Pilih opsi "Lupa akses ke email Anda?" di halaman berikutnya.

3. Masukkan email atau nomor telepon yang terhubung dengan akun Facebook Anda.

4. Klik opsi "Tidak memiliki akses ke ini?" di halaman berikutnya.

5. Lanjutkan ke opsi "Laporkan akun" dan pilih "Desak kami untuk membantu".

6. Isi formulir yang disediakan dengan informasi yang akurat dan lengkap.

7. Setelah mengirim formulir, tim Facebook akan memeriksa dan menghubungi Anda melalui email alternatif yang terdaftar.

8. Ikuti petunjuk dari tim Facebook untuk mengakses kembali akun Anda.

Dengan menggunakan fitur "Laporan Hack", Anda dapat mendapatkan bantuan untuk login kembali ke akun Facebook meskipun lupa kata sandi dan nomor tidak aktif lagi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya