Doa Acara Isra Miraj Arab, Latin dan Artinya, Tuntunan Meraih Keberkahan

Doa acara Isra Miraj untuk pembuka dan penutup acara

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 07 Feb 2024, 19:30 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2024, 19:30 WIB
Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)
Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Doa acara Isra Miraj pembuka dan penutup menjadi unsur penting dalam merayakan peristiwa bersejarah ketika Rasulullah Saw melakukan perjalanan malam ke langit. Pada pertemuan di langit ketujuh, Allah memberi perintah kepada Rasulullah dan umatnya untuk menjalankan sholat, memperkuat penghambaan diri terhadap-Nya. Inilah inti dari peringatan Isra Miraj, yang dirayakan setiap tanggal 27 Rajab tahun Hijriah oleh umat Muslim.

Dalam rangka memperingati peristiwa Isra Miraj, umat Muslim mengadakan berbagai kegiatan, termasuk pengajian, tausiah, dan doa bersama. Doa acara Isra Miraj pembuka menjadi momen awal yang penuh harap dan kesucian, memohon keberkahan serta petunjuk Allah dalam menyelenggarakan acara peringatan. Sementara doa penutup menjadi akhir yang sarat dengan rasa syukur dan permohonan ampunan, mengakhiri acara dengan keberkahan dari-Nya.

Dengan doa pembuka dan penutup acara Isra Miraj, umat Muslim berharap agar peringatan ini tidak hanya menjadi bentuk pengenangan sejarah, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat spiritualitas dan ketaqwaan kepada Allah. Doa tersebut menjadi wujud rasa syukur atas nikmat Isra Miraj serta bentuk pengabdian yang lebih dalam kepada Sang Pencipta. Sehingga, setiap peringatan Isra Miraj dapat menjadi momen yang memperkukuh ikatan batin dengan Allah Swt.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber doa acara Isra Miraj untuk pembuka dan penutup acara pada Rabu (7/2).


Doa acara Isra Miraj untuk pembukaan dan penutup

Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa. (Photo by Raka Dwi Wicaksana on Unsplash)

Arab Doa acara Isra Miraj untuk pembukaan dan penutup

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ، وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنّاَ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ، وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

 

Latinnya:

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Alhamdu lillahi rabbil 'aalamiin, hamdan yuwaafii ni'amahu wayukaafii maziidahu. Ya rabbanaa lakal hamdu kamaa yan baghhi lijalaali wajhika wa'azhiimi sulthaanika.

Allahumma sholli 'ala syayyidina muhammadin sholatan tunjina biha min jami'il ahwali wal afat, wataqdilana biha jami'il hajat, watutohhiruna biha min jami'is syayyiat, watarfa'una biha 'indaka a'lad darojat, watuballi ghuna biha asyqshol ghoyat min jami'il khoiroti fil hayati waba'dal mamat.

Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddin wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan firrizqi, wa taubatan qablal-maut, wa rahmatan indal-maut, wa maghfiratan ba'dal maut. Allahumma hawwin alaina fi sakaratil maut, wannajatan minannaari, wal afwa indal hisab.

Rabbana taqobbal minna innaka antas sami'ul 'alim, watub 'alaina innaka antat tawwabur rahim.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina 'adzabannar.

Washollallahu 'ala sayyidina muhammad, wa'ala alihi washohbihi wasallam, walhamdulillahi robbil 'alamin.

 


Artinya:

Ilustrasi doa, Islami, Muslim. (Photo by Masjid MABA on Unsplash)
Ilustrasi doa, Islami, Muslim. (Photo by Masjid MABA on Unsplash)

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, dengan pujian yang sesuai dengan nikmatnya dan memungkinkan ditambah nikmatnya. Wahai Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji, sebagaimana yang patut bagi keagungan-Mu dan kebesaran kekuasaan-Mu.

Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan selawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan selawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan selawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan selawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan selawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati."

Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati. Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan).

Wahai Tuhan kami, kabulkan doa kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Terimalah tobat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima taubat lagi Maha Penyayang.

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia serta di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka.

Wahai Allah limpahkanlah selawat dan salam kepada Nabi Muhammad, keluarga dan semua sahabatnya, Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.

 

Contoh Susunan Acara Isra Miraj

Ilustrasi Isra Miraj
Ilustrasi Isra Miraj. (Image by Freepik)

Berikut adalah contoh susunan acara peringatan Isra Miraj yang rapi dan panjang:

Susunan Acara Peringatan Isra Miraj:

1. Pembukaan:

a. Tausiyah Singkat tentang Isra Miraj

b. Pembacaan Ayat-ayat Al-Quran Terkait Isra Miraj

c. Sambutan Pembukaan oleh Ketua Acara

2. Shalawat dan Selawat:

a. Pembacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW

b. Penyelenggaraan Selawat Bersama

3. Pengajian Tafsir Al-Quran:

a. Pembacaan dan Tafsir Surah Al-Isra dan Al-Mi'raj

b. Penjelasan tentang Keutamaan dan Hikmah Isra Miraj

4. Ceramah Agama:

a. Ceramah oleh Ustad/Ustadzah tentang Makna dan Pelajaran dari Isra Miraj

b. Penggambaran Perjalanan Isra Miraj dan Pelajaran Keagamaan

5. Doa dan Dzikir Bersama:

a. Doa Pembukaan oleh Ustad/Ustadzah

b. Dzikir dan Doa Bersama untuk Memohon Kebaikan dan Hidayah

6. Pemberian Penghargaan:

a. Penghargaan kepada Orang-orang yang Berprestasi dalam Kegiatan Keagamaan

b. Penyampaian Sertifikat dan Penghargaan

7. Hiburan Islami:

a. Pembacaan Puisi atau Syair Islami

b. Pertunjukan Seni dan Budaya Islami

c. Nasyid atau Qasidah yang Mengangkat Tema Isra Miraj

8. Doa Akhir Acara:

a. Doa Penutup oleh Ustad/Ustadzah

b. Penyerahan Bantuan Sosial atau Amal Jariyah untuk Kegiatan Keagamaan

9. Penutup:

a. Penyampaian Pesan dan Harapan untuk Kegiatan Keagamaan Selanjutnya

b. Ucapan Terima Kasih dan Penutupan Acara

Catatan Penting:

  • Pastikan ada waktu istirahat dan pembagian makanan atau minuman untuk peserta.
  • Persiapkan materi dengan baik, termasuk visual aids jika diperlukan.
  • Pastikan semua rangkaian acara dijalankan sesuai dengan tata tertib dan waktu yang telah ditentukan.

Semoga susunan acara ini dapat memberikan inspirasi untuk peringatan Isra Miraj dengan suasana yang khidmat dan penuh makna.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya