6 Doa Hujan dan Artinya untuk Umat Islam Agar Mendapatkan Berkah

Doa hujan merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat dilakukan oleh umat Islam untuk memohon karunia Allah SWT.

oleh Husnul Abdi diperbarui 14 Feb 2024, 13:45 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2024, 13:45 WIB
Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan. (Photo by Joey Huang on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Doa hujan adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam untuk meminta hujan yang membawa berkah dan manfaat bagi kehidupan. Hujan merupakan salah satu rahmat dari Allah SWT yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan di muka bumi. Dengan doa hujan, umat Islam diharapkan bisa mendapatkan hujan yang membawa manfaat dan berkah bagi pertanian, kehidupan hewan, dan keberlangsungan kehidupan manusia.

Doa hujan merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat dilakukan oleh umat Islam untuk memohon karunia Allah SWT. Dalam Islam, berdoa merupakan cara untuk meminta pertolongan dan rahmat dari Allah. Dengan melakukan doa hujan, umat Islam diharapkan bisa mendapatkan kebaikan dan manfaat dari hujan yang turun sebagai salah satu tanda kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya.

Ada beberapa doa hujan yang bisa diamalkan oleh umat Islam. Doa-doanya mengandung permohonan kepada Allah SWT agar hujan yang turun membawa berkah dan manfaat yang besar bagi kehidupan. Dengan mengamalkan doa hujan, umat Islam diharapkan bisa mendapatkan hujan yang membawa kebaikan bagi kelangsungan kehidupan di muka bumi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/2/2024) tentang doa hujan.


1. Doa Ketika Turun Hujan

Ilustrasi doa
Ilustrasi doa. (Image by rawpixel.com on Freepik)

Doa ketika turun hujan adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika hujan turun. Doa ini merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT atas karunia hujan yang menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup di bumi. Selain itu, doa hujan ini juga mengandung harapan agar hujan yang turun dapat menjadi rahmat, bukan bencana bagi manusia dan alam.

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban haniyya wa sayyiban nafi'a.

Artinya: "Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat".

Doa Ketika Turun Hujan ini menyadarkan kita akan kebesaran Allah SWT yang mampu mengatur segala urusan langit dan bumi, termasuk hujan yang turun. Dengan membaca doa ini, kamu diingatkan akan pentingnya bersyukur atas setiap rahmat yang diberikan-Nya, termasuk hujan yang menjadi sumber air bagi kehidupan.

Begitu besarnya kekuatan doa ini, sehingga ia juga memiliki nilai yang mendalam bagi kehidupan sehari-hari. Dengan membaca doa ini, kita juga diingatkan untuk selalu bersabar dan berdoa kepada Allah SWT atas segala cobaan dan ujian yang diberikan-Nya, termasuk dalam menghadapi hujan yang turun. Dengan demikian, Doa Ketika Turun Hujan menjadi sebuah amalan yang bermanfaat dan bernilai dalam kehidupan sehari-hari umat muslim.


2. Doa Ketika Hujan Lebat

Ilustrasi kata-kata, doa cepat sembut buat pacar
Ilustrasi kata-kata, doa cepat sembut buat pacar. (Photo by Milada Vigerova on Unsplash)

Hujan lebat sering kali menjadi momen yang membutuhkan doa untuk memohon perlindungan dan kesejahteraan. Doa ketika hujan lebat dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan rasa syukur atas datangnya hujan yang begitu dinanti-nanti, sekaligus memohon agar hujan tersebut membawa manfaat dan tidak menyebabkan bencana.

Berdasarkan hadis riwayat Bukhari, inilah doa ketika turun hujan lebat yang pernah dibaca Rasulullah SAW:

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, waz-zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan." (HR. Al-Bukhari)

Dengan doa ini, diharapkan hujan lebat yang turun dapat membawa berkah dan kebaikan bagi manusia dan alam sekitarnya. Akan selalu baik untuk selalu ingat kepada Sang Pemberi Hujan untuk memohon perlindungan dan kesejahteraan saat hujan lebat datang.


3. Doa saat Hujan Disertai Petir

Doa hujan yang disertai petir bisa kamu lafalkan ketika ini terjadi. Diriwayatkan di dalam hadis Imam Malik, Nabi Muhammad SAW membaca doa hujan yang disertai petir seperti berikut ini:

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih

Artinya: Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.


4. Doa saat Hujan Disertai Angin Kencang

Ilustrasi membaca doa
Ilustrasi membaca doa. (Photo created by jcomp on www.freepik.com)

Membaca doa hujan dengan angin kencang, dapat menjadi sebuah bentuk meminta perlindungan pada Allah SWT. Ketika turun hujan disertai angin kencang, doa hujan yang perlu dibaca adalah seperti hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Bahwa Rasulullah SAW selalu membaca doa ini ketika turun hujan disertai angin kencang, berikut bunyi doanya:

Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau datangkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

Selain itu ada pula hadis lainnya, yaitu dari Sayyidina Abu Hurairah ra. Rasulullah berkata:

"Aku mendengar Nabi SAW bersabda: "Angin adalah bagian dari pemberian Allah, bisa membawa rahmat dan juga bisa membawa azab. Jika kalian melihatnya, jangan mencelanya, mohonlah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya."


5. Doa Ketika Hujan Reda

Ilustrasi memanjatkan doa
Ilustrasi memanjatkan doa. (Photo Copyright by Freepik)

Doa Ketika Hujan Reda adalah doa yang bisa kita panjatkan ketika hujan mulai mereda. Doa setelah hujan reda ini diriwayatkan dalam hadis riwayat Al Bukhari nomor 1038 dan Muslim nomor 240, Rasulullah bersabda:

Muthirnaa bi Fadh-Lillaahi Wa Rohmatihi.

Artinya: Kita diberi hujan karena karunia dan Rahmat Allah.

Doa ini merupakan ungkapan rasa syukur bahwa hujan yang turun adalah karunia Allah. Dalam Islam, doa sangat dianjurkan untuk diamalkan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah. Ketika hujan mulai mereda, jangan lupa untuk mengucapkan doa ini dengan ikhlas dan tawakal kepada Allah.

Doa ini merupakan wujud dari keyakinan bahwa segala sesuatu hanya dapat diatur oleh kehendak Allah, termasuk cuaca dan hujan. Semoga dengan mengucapkan doa ini, hujan dapat segera mereda dan memberikan kebaikan bagi kita semua. Amin.


6. Doa Meminta Hujan

Ilustrasi doa, Islami, Muslim. (Photo by Masjid MABA on Unsplash)
Ilustrasi doa, Islami, Muslim. (Photo by Masjid MABA on Unsplash)

Doa meminta hujan merupakan doa yang sering dipanjatkan oleh umat Islam dalam situasi kekeringan. Doa ini merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT untuk mengirimkan hujan sebagai karunia-Nya agar dapat membasahi tanah yang kering dan menghidupkan segala makhluk-Nya. Selain itu, doa meminta hujan juga mengandung rasa kesadaran bahwa kehadiran hujan sebagai rahmat dari Allah SWT yang mampu memberikan kehidupan bagi segala sesuatu di dunia ini.

Allahummasqinaa ghoitsan mughiitsan mariyyan sarii'an naafi'an ghoiro dhoorrin, 'aajilan ghoiro aajilin.

Artinya: 

"Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan deras yang penuh ketentraman, menyuburkan, bermanfaat, dan tidak membahayakan, yang segera datang dan tidak terlambat."

Dalam keadaan kekeringan, doa meminta hujan merupakan salah satu bentuk usaha manusia untuk memohon pertolongan kepada sang Pencipta, agar hujan dapat turun dan memberikan manfaat bagi kehidupan di bumi ini. Dengan doa ini, diharapkan kekeringan dapat segera teratasi dan tanah menjadi subur kembali.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya