Cara Membuat Kue Chiffon, Lembut dan Enggak Seret di Mulut

Impian setiap penggemar kue adalah menikmati kelezatan kue chiffon yang lembut dan tak terlupakan, yang tak akan merasa terbebani.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 23 Jul 2024, 12:37 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 12:37 WIB
Resep kue chiffon, cocok jadi hampers Lebaran. (dok. Cookpad @Ratih_6008147)
Resep kue chiffon, cocok jadi hampers Lebaran. (dok. Cookpad @Ratih_6008147)

Liputan6.com, Jakarta Kue Chiffon, jenis kue yang terkenal dengan kelembutan dan ke-ringannya. Namun, terkadang kue ini bisa menjadi seret dan kurang enak. Untuk membuat kue Chiffon selalu lembut dan lezat, ada beberapa tips khusus yang perlu diperhatikan.

Berbeda dengan jenis roti lainnya, kue chiffon memiliki keunikan dalam proses pembuatan yang membuatnya memiliki struktur yang empuk dan tidak seret di mulut. Membuat kue chiffon sendiri terbilang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, ada pula trik khusus yang harus diperhatikan saat membuat kue chiffon ini. Mulai dari cara mengadon adonan, durasi saat mengadon hingga waktu yang dibutuhkan untuk memanggangnya.

Dalam artikel ini akan membahas langkah-langkah dan tips mudah untuk membuat kue chiffon yang sempurna di rumah,dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (23/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Membuat Kue Chiffon yang Lembut dan Tidak Seret

Membuat Roti
Menghasilkan Roti yang Menggugah Selera / Freepik by pressfoto.

1. Pilihlah bahan berkualitas binggi. Kualitas bahan yang digunakan sangat berpengaruh pada hasil akhir kue chiffon. Gunakanlah tepung terigu dengan kadar protein rendah atau sedang, gula pasir yang halus, dan telur yang segar. Jangan lupa untuk menggunakan minyak sayur yang berkualitas baik serta air atau susu segar.

2. Pisahkan putih dan kuning telur dengan teliti. Salah satu kunci utama dalam membuat kue chiffon adalah memisahkan putih dan kuning telur dengan benar. Pastikan tidak ada sedikit pun kuning telur yang tercampur dengan putih telur, karena hal ini dapat mengganggu proses pengocokan putih telur menjadi meringue yang kaku.

3. Kocok putih telur hingga mengembang. Putih telur harus dikocok hingga mencapai puncak yang kaku namun tidak terlalu kering. Gunakan mixer dengan kecepatan tinggi dan tambahkan gula secara bertahap setelah putih telur mulai berbusa. Mengocok putih telur hingga kaku akan memberikan struktur yang baik pada kue chiffon.

4. Gunakan loyang khusus kue chiffon Loyang khusus kue chiffon biasanya memiliki lubang di tengah dan tidak perlu diolesi mentega atau minyak. Hal ini akan membantu adonan menempel pada dinding loyang dan naik dengan sempurna saat dipanggang. Setelah matang, kue bisa dilepaskan dengan bantuan pisau tipis.

5. Panggang dengan suhu yang pas. Panggang kue chiffon pada suhu 160-170 derajat Celsius selama 50-60 menit. Pastikan suhu oven tidak terlalu tinggi, karena hal ini dapat membuat kue cepat mengembang namun kemudian mengempis dan menjadi lembek. Gunakan oven dengan pengaturan suhu yang akurat dan hindari membuka pintu oven selama proses pemanggangan.

Setelah dingin, lepaskan kue dari loyang dengan bantuan pisau tipis. Nah, sekarang Kue Chiffon siap disajikan! Nikmati kue ini bersama teh atau kopi sebagai pelengkap yang sempurna. Selamat mencoba!


Resep Sederhana Kue Chiffon

Kue Chiffon
Nikmatnya Kue Chiffon yang Menggoda/Cipta ShutterStock

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Kue Chiffon ini adalah

6 butir telur (pisahkan putih dan kuningnya)

150 gram gula pasir

100 gram tepung terigu protein rendah

1/2 sendok teh baking powder, 1/4 sendok teh garam

75 ml minyak sayur

75 ml air atau susu cair

1 sendok teh vanila ekstrak.


Cara Membuat Chiffon

resep
resep chiffon cake/copyright Shutterstock

Untuk membuatnya, pertama-tama panaskan oven pada suhu 160C dan siapkan loyang chiffon tanpa diolesi minyak atau mentega. Selanjutnya, kocok kuning telur dan 50 gram gula pasir hingga mengental dan berwarna pucat.

Setelah itu, tambahkan minyak sayur, air atau susu, dan vanila ekstrak, lalu aduk rata. Ayak tepung terigu, baking powder, dan garam, dan masukkan ke dalam adonan kuning telur, aduk hingga rata.

Dalam wadah terpisah, kocok putih telur hingga berbusa, lalu tambahkan sisa gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga mencapai puncak kaku.

Ambil sepertiga meringue dan campurkan ke dalam adonan kuning telur, aduk perlahan dengan teknik melipat. Tambahkan sisa meringue dan ulangi hingga tercampur rata.

Selanjutnya, tuang adonan ke dalam loyang chiffon dan panggang selama 50-60 menit hingga matang. Setelah matang, balikkan loyang dan biarkan kue dingin dalam posisi terbalik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya