Cuma Pakai 1 Bahan, Ini Tips Mengatasi Nasi yang Terlalu Banyak Air dan Lembek

Tahukah kamu? Ternyata hanya dengan satu bahan saja, kamu bisa mengatasi masalah nasi yang terlalu basah dan lembek, lho!

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 27 Jul 2024, 21:30 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 21:30 WIB
Memanaskan nasi
Nasi putih. (Foto: Freepik/Kamran Aydinov)

Liputan6.com, Jakarta Ketika sedang memasak nasi, terkadang kamu tanpa sengaja menambahkan terlalu banyak air, sehingga nasi yang dihasilkan menjadi terlalu lembek dan berair. Teksturnya pun berubah menjadi mirip bubur dan lengket, membuat beberapa orang kurang menikmatinya.

Lalu, bagaimana cara agar nasi bisa tetap pulen, bertekstur padat, dan tidak lembek? Tentu akan sangat disayangkan jika harus membuangnya atau memasak ulang, terutama jika sudah menanak nasi dalam jumlah banyak.

Salah satu cara efektif untuk mengatasi nasi yang terlalu berair dan lembek adalah dengan meletakkan selembar roti tawar di dalam penanak nasi atau rice cooker. Berikut trik dan caranya yang dibagikan oleh Liputan6.com pada Sabtu (27/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Mengatasi Nasi yang Terlalu Banyak Air dan Lembek

ilustrasi roti tawar
Mari kita lihat ilustrasi yang menggugah selera dari roti tawar yang menarik (sumber: freepik).

Bahan:

  1. - 1-2 lembar roti tawar
  2. - Nasi yang terlalu basah atau lembek

 

Cara Membuat:

1. Pastikan nasi masih panas atau baru saja matang, lebih baik jika masih berada di dalam rice cooker atau penanak nasi.

2. Ambil satu hingga dua lembar roti tawar, biarkan di suhu ruangan atau cukup diamkan di atas meja makan. Perlahan-lahan, roti akan menjadi sedikit kering karena kehilangan kelembapannya.

3. Setelah roti agak kering, masukkan ke dalam rice cooker yang berisi nasi terlalu basah.

4. Tutup rice cooker dan biarkan roti di dalamnya selama 10-15 menit.

5. Saat rice cooker dibuka, roti akan menjadi basah dan lembek karena menyerap kelebihan air dari nasi.

Dengan cara ini, kamu bisa mengatasi nasi yang terlalu lembek dan berair sehingga nasi menjadi lebih pulen dan kering. Jika nasi masih terlalu basah dan lembek, aduk nasi sehingga bagian bawah yang masih lembek dapat menyerap kelebihan air dengan bantuan roti tawar di atasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya