5 Tips Memasak Nasi Merah Agar Pulen dan Tidak Keras, Pantang Dilewati

Mengolah nasi merah agar pulen dan tidak keras memerlukan beragam tips yang wajib diketahui.

oleh Miranti diperbarui 25 Jul 2024, 10:38 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 10:38 WIB
mencuci beras merah
Ilustrasi yang menarik ini menggambarkan beras merah yang begitu menggoda.

Liputan6.com, Jakarta Nasi merah, sering dianggap sebagai pilihan yang lebih sehat dan bergizi daripada nasi putih biasa. Nasi merah diketahui kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, yang bisa menjadi alasan mengapa nasi merah disebut lebih bergizi dibanding nasi jenis lainnya.

Misalnya, nasi merah dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan menurunkan kolesterol dalam tubuh. Namun, memasak nasi merah bisa menjadi tantangan karena teksturnya yang lebih keras daripada nasi putih. Jika tidak dimasak dengan benar dan penuh perhatian, nasi merah bisa menjadi tidak enak dan keras.

Bagi Anda yang masih mencoba-coba cara memasak nasi merah yang tepat, berikut ini ada beberapa tips dan trik yang bisa membantu. Yuk, simak lima tips untuk memasak nasi merah agar tetap lezat dan pulen sebagaimana dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (25/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Rendam Beras Merah Sebelum Dimasak

nasi merah
Nasi Merah yang Menggugah Selera/copyright: shutterstock

Agar sensasinya lebih lezat dan menggoda, coba rendam beras merah selama setengah jam hingga satu jam sebelum dimasak. Merendam beras merah ini akan membuat bijinya menjadi lembut sehingga lebih mudah untuk dimasak. Tidak hanya itu, proses perendaman ini juga memungkinkan air untuk menembus lapisan keras pada beras merah, sehingga hasil masakannya lebih cepat matang dan memiliki tekstur yang pulen.


2. Gunakan Perbandingan Air yang Tepat

nasi uduk beras merah
Gambar nasi merah yang menggoda selera/eni kaind/Shutterstock

Manfaatkan lebih banyak air dibandingkan dengan nasi putih. Ternyata, beras merah membutuhkan lebih banyak air untuk menjadi lembut sempurna. Perbandingan yang sering digunakan adalah 1 bagian beras merah: 2,5 bagian air. Dan jangan khawatir, kamu juga bisa menyesuaikan jumlah air sesuai dengan keinginanmu untuk mendapatkan kekonsistenan nasi yang sesuai dengan selera.


3. Gunakan Panci Berat dengan Penutup Rapat:

panci presto di dapur memasak
ilustrasi panci presto/gcafotografia/Shutterstock

Saat memasaki nasi merah, beri Pilih panci berat yang memiliki penutup rapat. Panci ini membantu menjaga panas dan uap di dalamnya, sehingga memasak nasi merah secara merata dan membuatnya lebih pulen.


4. Masak dengan Metode Slow Cooker atau Rice Cooker

nasi beras merah
Gambaran visual dari sepiring nasi berwarna merah/copyright shutterstock.com/New Africa

Memasak nasi merah dengan slow cooker atau rice cooker dapat membantu mendapatkan hasil yang lebih pulen. Alat-alat ini memastikan nasi merah dimasak dengan suhu yang stabil dan waktu yang cukup, sehingga butiran nasi bisa matang merata. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan alat yang kamu gunakan. 


5. Diamkan Nasi Setelah Matang

Ilustrasi nasi merah
Gambaran menarik tentang nasi merah yang menggugah selera. (Sumber: Pixabay)

Diamkan nasi merah selama 10-15 menit setelah matang sebelum disajikan. Setelah alat memasak berhenti, biarkan nasi dalam kondisi tertutup selama beberapa menit. Proses ini membantu uap air menyebar merata ke seluruh butiran nasi, membuatnya lebih lembut dan pulen.

Nah, itu dia beberapa tips untuk membuat nasi merahmu menjadi lebih pulen dan enak. Selain tips di atas, kamu juga bisa menambahkan sedikit minyak atau mentega saat memasak nasi merah. Ini akan membuat nasi merah yang kamu masak menjadi lebih lembut dan harum. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya