11 Rutinitas Malam yang Membantu Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Tampak Muda Terus

Terapkan rutinitas malam ini untuk menjaga kesehatan kulit dan mempertahankan penampilan awet muda.

oleh Miranti diperbarui 20 Agu 2024, 10:49 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2024, 10:49 WIB
Masker Mentimun
Ilustrasi Masker Mentimun Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Kulit yang sehat serta tampak awet muda tidak hanya dipengaruhi oleh produk perawatan yang digunakan, tetapi juga oleh kebiasaan sehari-hari seseorang. Salah satunya kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur di malam hari.

Malam hari merupakan saat di mana kulit melakukan proses regenerasi secara alami, dan ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mendukung proses tersebut. Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik sebelum tidur, seseorang dapat memaksimalkan proses pemulihan kulit dan memastikan bahwa produk perawatan yang digunakan dapat bekerja secara efektif, membantu menjaga kulit tetap sehat, cerah, dan bebas dari tanda-tanda penuaan.

Artikel ini akan membahas beberapa kebiasaan yang bisa diterapkan sebelum tidur untuk menjaga kesehatan dan keawetan kulitmu. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (20/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Membersihkan Wajah dengan Benar

5 Cara Pakai Micellar Water yang Benar agar Wajah Bersih Maksimal dan Terhindar dari Jerawat
Penggunaan micellar water yang tidak tepat dapat memicu permasalah kulit. Simak tips dari ahli berikut ini! (pexels/kampusproduction).

Setiap hari, kulitmu terkena berbagai polusi, debu, dan sisa makeup. Jika tidak dibersihkan dengan benar, kotoran ini dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan jerawat, dan mempercepat penuaan. Oleh karena itu, membersihkan wajah sebelum tidur adalah langkah pertama yang sangat penting. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk menghilangkan semua kotoran dan minyak berlebih. Lakukan proses pembersihan yang benar pula. 

    


2. Menggunakan Toner

Toner Pad
"Contoh penggunaan toner pad/copyright freepik"

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner untuk membantu menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk perawatan selanjutnya. Toner juga bisa membantu mengecilkan pori-pori dan menghidrasi kulit. Ini penting untuk menjaga elastisitas dan kecerahan kulit.


3. Aplikasikan Serum Anti-Aging

Serum mengandung bahan aktif dalam konsentrasi tinggi yang dapat menargetkan masalah kulit tertentu, seperti garis halus, kerutan, atau hiperpigmentasi. Pilih serum yang mengandung bahan-bahan seperti retinol, vitamin C, atau hyaluronic acid yang dikenal efektif untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. 


4. Menggunakan Pelembap Malam

Kulit cenderung kehilangan kelembapan lebih banyak pada malam hari, sehingga penggunaan pelembap yang kaya akan nutrisi menjadi sangat penting. Pelembap malam tidak hanya membantu mengunci kelembapan, tetapi juga memperbaiki lapisan pelindung kulit, yang membantu mencegah kerutan dan garis halus.


5. Pakai Krim Mata

Krim mata
Ilustrasi Pemakaian Krim Mata Credit: pexels.com/Kaia

Area sekitar mata memiliki kulit yang lebih tipis dan rentan terhadap tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan lingkaran hitam. Menggunakan krim mata sebelum tidur dapat membantu menghidrasi dan meremajakan area ini. Proses ini diharapkan membantu kulit di sekitar mata tetap kencang dan segar. 


6. Tidur Cukup dan Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas
Otak manusia bekerja secara optimal ketika tidur yang dilakukan cukup dan berkualitas. (Foto: Freepik)

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah salah satu kunci utama untuk kulit yang sehat dan awet muda. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit tampak kusam, munculnya lingkaran hitam di bawah mata, dan mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman.


7. Tidur dengan Posisi yang Tepat

Posisi Tidur Yang Tidak Tepat
Ilustrasi Posisi Tidur Yang Tidak Tepat Credit: pexels.com/Andrea

Posisi tidur juga bisa mempengaruhi kondisi kulit. Tidur dengan posisi telentang dapat membantu mencegah kerutan yang disebabkan oleh tekanan wajah terhadap bantal. Selain itu, gunakan sarung bantal berbahan sutra atau satin untuk mengurangi gesekan yang bisa merusak kulit. 


8. Tetap Terhidrasi

morning routine 2
Ilustrasi minum air putih/Copyright pexels.com/Karolina Grabowska

Selain menghidrasi kulit dari luar, penting juga untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dari dalam. Minum segelas air putih sebelum tidur membantu menjaga kulit tetap lembap dan mendukung proses regenerasi sel saat tidur. Perbanyak juga konsumsi buah serta sayur yang kaya akan air di dalamnya. 


9. Jangan Lupa Menggunakan Lip Balm

Rawat Menggunakan Lip Balm dan Lip Gloss
Ilustrasi Penggunaan Lip Gloss Credit: freepik.com

Kulit bibir juga perlu perawatan khusus. Gunakan lip balm sebelum tidur untuk menjaga bibir tetap lembut dan terhindar dari kekeringan serta pecah-pecah. Pilih lip balm yang mengandung bahan alami seperti shea butter atau beeswax untuk hasil terbaik. 


10. Relaksasi dan Mengelola Stres

teknik relaksasi
Ilustrasi relaksasi./Copyright unsplash.com/@antonikachanel

Stres bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit. Sebelum tidur, lakukan aktivitas yang menenangkan seperti meditasi, mendengarkan musik yang menenangkan, atau membaca buku untuk membantu mengurangi stres. Pikiran yang rileks membantu tubuh dan kulit untuk beristirahat dengan lebih baik.


11. Menghindari Menyentuh Wajah

Cobalah untuk tidak menyentuh wajah Anda saat tidur, karena tangan dapat membawa kotoran dan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat dan iritasi. Latih kebiasaan menjaga tangan tetap bersih dan hindari kontak langsung dengan wajah.

Dengan melakukan rutinitas perawatan kulit yang tepat sebelum tidur, kamu tidak hanya membantu kulit tetap sehat dan terhidrasi. Kamu juga mendukung proses regenerasi alami kulit yang bisa membuat kulit tampak lebih awet muda. Ingatlah bahwa konsistensi adalah kunci, jadi cobalah untuk menjadikan kebiasaan-kebiasaan ini sebagai bagian dari rutinitas harianmu ya. 

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya