Resep Pentol Tahu Kanji Empuk, Tetap Gurih Tanpa Daging

Berbahan dasar tahu goreng yang dipadukan dengan adonan aci atau tepung tapioka, resep pentol tahu kanji empuk menawarkan tekstur kenyal dan rasa gurih yang lezat

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 20 Sep 2024, 12:30 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2024, 12:30 WIB
Resep
Pentol Tahu . (dok. Instagram @bundafeza/https://www.instagram.com/p/Bze_t9QpwYq/)

Liputan6.com, Jakarta Tahu pentol kanji merupakan salah satu jajanan populer dengan berbagai kreasi menggugah selera. Berbahan dasar tahu goreng yang dipadukan dengan adonan aci atau tepung tapioka, resep pentol tahu kanji empuk menawarkan tekstur kenyal dan rasa gurih yang lezat. 

Keunikan dari makanan ini terletak pada perpaduan antara tahu yang empuk dan isi pentol yang kenya. Cocok untuk dinikmati kapan saja, resep pentol tahu kanji empuk juga merupakan pilihan yang ramah bagi mereka yang tidak mengonsumsi daging, tanpa mengurangi kelezatannya.

Resep pentol tahu kanji empuk menjadi salah satu jajanan yang dapat beradaptasi dengan berbagai kreasi. Mulai dari tahu pentol bakar yang dibalut kecap dan bumbu kacang layaknya sate, hingga tahu pentol goreng (jigor) yang viral, dengan tambahan bumbu sambal bawang putih dan kubis.  Berikut resep pentol tahu kanji empuk yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan Pentol Tahu Kanji

Cara Menggoreng Tahu Agar Tidak Hancur
Tahu / Sumber: iStockphoto
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung tapioka
  • 5 buah tahu sedang, digoreng (lubangi sedikit bagian tengah untuk isian)
  • 1 butir telur
  • 1 lembar daun seledri, cincang halus
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • Air secukupnya

Cara Membuat

Resep tahu bakso, gorengan pelengkap menu sahur yang nikmat. (dok. Cookpad @daru_dewi)
Resep pentol tahu. (dok. Cookpad @daru_dewi)

Dalam wadah, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, telur, daun seledri, bawang putih, merica, garam, dan gula. Tambahkan air secukupnya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis dan bisa dipulung. Jangan sampai terlalu cair agar mudah diisi ke dalam tahu.

Ambil tahu goreng yang sudah dilubangi, isi bagian dalamnya dengan adonan pentol secukupnya. Jangan isi terlalu penuh agar adonan tidak meluber saat dimasak.

Didihkan air dalam panci. Setelah air mendidih, masukkan tahu pentol yang sudah diisi. Masak hingga tahu pentol mengapung, tandanya sudah matang. Angkat dan tiriskan.

Tahu pentol kanji siap disajikan! Nikmati selagi hangat dengan cocolan saus sambal atau bumbu favorit Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya