Komite Capres Demokrat Beber Sumber Dana Sebelum 15 September

Komite Konvensi Capres Demokrat akan beberkan jumlah dan sumber dana penyelenggaraan konvensi dan para kandidat.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 27 Agu 2013, 13:36 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2013, 13:36 WIB
effendy-ghazali-130827b.jpg
Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat akan membeberkan jumlah dan sumber dana, baik yang digunakan untuk penyelenggaraan maupun oleh para kandidat.

"Sebelum 15 September komite akan ungkap berapa jumlah dana konvensi dan dari mana saja sumbernya," kata anggota komite Effendy Ghazali di Wisma Kodel, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2013).

Soal sumber dana ini sudah dijelaskan Wakil Ketua Komite Konvensi Taufiqurrahman Ruki. Menurut Ruki, dana untuk menjaring capres yang bakal diusung oleh Demokrat ini menghabiskan dana sekitar Rp 50 miliar. Namun, uang dalam jumlah fantastis itu hingga kini belum terkumpul.

Sementara, untuk dana kandidat, sempat ditanyakan oleh salah satu peserta konvensi Anies Baswedan. Rektor Universitas Paramadina itu menanyakan berapa dana maksimal yang boleh digunakan oleh setiap kandidat untuk berkampanye.

Anies mengaku ingin memperjelas masalah dana kandidat itu untuk menghindari politik uang. "Karena modal bisa sama, tapi pengeluaraan bisa berbeda satu dengan yang lain. Kami ingin menunjukkan berpolitik bisa dilakukan dengan uang yang terukur," tutur Anies. (Eks/Ism)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya