Persiapan Idul Fitri ala Raline Shah, Ogah Beli Baju Lebaran Baru

Aktris Raline Shah menyambut antusias tibanya Hari Raya Idul Fitri yang tinggal hitungan jari. Tidak seperti kebanyakan selebritis yang berlomba-lomba membeli baju lebaran baru setiap tahunnya, Raline memilih menggunakan baju lama.

oleh Dyra Daniera diperbarui 14 Apr 2023, 21:20 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2023, 21:20 WIB
Raline Shah
Raline Shah dalam acara Wardah Ramadhan Gathering, Rabu, 12 April 2023. (Dok. Liputan6.com/Dyra Daniera)

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di Indonesia. Selain sebagai momen kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan penuh, Hari Raya Idul Fitri juga menjadi momen untuk mempertemukan keluarga yang mungkin sudah lama tidak bertemu. 

Sama halnya dengan aktris asal Medan Raline Shah yang menyambut antusias tibanya Hari Raya Idul Fitri yang tinggal hitungan jari. “Persiapan khusus setiap tahun ya sama, saya suka silaturahmi, jadi selalu ada open house sama keluarga, nenek saya lagi di Indonesia, sama mama,” ujar Raline kepada awak media ketika ditemui di acara Ramadan Gathering Wardah, Rabu, 12 April 2023 di Jakarta. 

Untuk mudik atau liburan saat lebaran, Raline mengungkapkan bahwa ia hanya akan kembali ke Bali karena ia kini tinggal di Bali. 

Tidak seperti kebanyakan selebritis yang berlomba-lomba membeli baju lebaran baru setiap tahunnya, Raline memilih menggunakan baju lama. Ia mengatakan, "Outfit buat lebaran tahun ini aku recycle. Karena aku merasa bahwa baju lebaran, kita kan nggak usah harus selalu pakai sesuatu yang baru setiap tahun."

Raline mengatakan bahwa ia sering dikirimi baju lebaran. Karena itu, ia akan memakai baju lebaran yang diberikan kepadanya tahun lalu namun belum sempat dipakai. Keputusan itu diambil dengan pertimbangan ramah lingkungan.

"Lagi pula kan sekarang kalo into sustainability, kita nggak usah harus beli sesuatu yang baru setiap tahun. Daur ulang juga bagus. Apalagi material-material sekarang banyak yang terbuat dari poliester, itu kan gak bagus untuk lingkungan, gak bagus buat kulit juga," ucap pemeran film 5 CM itu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kombinasikan Baju Lama dengan Aksesori

Raline Shah
Raline Shah dalam acara Wardah Ramadhan Gathering, Rabu, 12 April 2023. (Dok. Liputan6.com/Dyra Daniera)

Ia berargumen bahwa menggunakan baju berulang kali tidak masalah karena bisa dikombinasikan dengan aksesoris yang berbeda. "Jadi mendingan material yang nyaman, yang katun, yang linen, yang silk, yang natural yang bagus buat badan, kita daur ulang aja. It’s okay, kan bisa di-accessorize keliatan lebih baru.”

Tahun ini, Raline Shah memilih menggunakan busana warna putih, dengan alasan cuaca yang panas. "Bulan ini lagi panas sekali ya, kayak gak make sense gitu kita pake warna yang gelap-gelap. Lagi pula bulan Ramadhan itu kan renewal ya, pembaharuan diri. Kita merasa dosa-dosa kita udah lepas, insya allah bisa lebih baik lagi,” ujarnya. 

Menurutnya, baju putih juga mudah dicari sehingga dapat tampil kompak dan seragam bersama keluarga.  "Apalagi untuk adik-adik aku yang cowok, tinggal pake baju putih."

Untuk model busana, Raline Shah memilih menggunakan baju yang agak longgar dan nyaman agar bisa puas makan, misalnya kaftan. "Kadang-kadang kan aku hosting buat acara dari pagi sampai malem tuh ya, jadi maunya nyaman aja," ungkapnya.


Lontong Medan Jadi Menu Wajib Lebaran

Wardah Ramadhan Gathering
Sesi Heart to Heart Wardah Ramadhan Gathering di Ballroom The Ritz-Carlton Pacific Place. (Dok. Liputan6.com/Dyra Daniera)

Ia juga membagikan makanan yang selalu ada di meja makan keluarga Raline saat lebaran. "Harus ada lontong medan, karena saya orang Medan," ujarnya sambil tersenyum. 

Intuk menu selama buka puasa, Raline mengatakan wajib mengonsumsi kurma, buah-buahan, dan sayur. "Sayur wajib, kayak sayur-sayur bening gitu, kan lumayan panas ya badan kita. Jadi jangan terlalu banyak makan daging, terlalu banyak karbohidrat," jelasnya.

Perempuan berumur 38 tahun itu juga membagikan tips merawat kesehatan tubuh dan kulit saat berpuasa. Ia mengingatkan bahwa tidur yang rutin dan minum air putih yang banyak adalah kuncinya. 

"Harus minum ya. Jadi selagi kita belum tidur, minum yang banyak," ujarnya. Ia melanjutkan, "Terus kalau bisa, usahain tidur sebelum jam 10. Jadi pas makan sahur, aku udah on, udah bangun, udah langsung salat subuh, udah langsung beraktivitas."

Ia juga membagikan salah satu tips kecantikannya dalam merawat wajah saat bulan puasa yang dilakukannya sejak tahun lalu. "Kalau puasa kan banyak madu-madu dari Arab gitu, jadi saya campur pakai air hangat, saya pakai jadiin masker juga kadang-kadang." Menurutnya, ini cukup membantu karena kulit merupakan organ yang dapat menyerap hal-hal natural. 


Langkah Wardah Menumbuhkan Semangat Kebersamaan

Wardah Ramadhan Gathering
Sesi talkshow Ramadhan Gathering Wardah. (Dok. Liputan6.com/Dyra Daniera)

Raline Shah merupakan salah satu tamu undangan dalam acara Wardah Ramadan Gathering Akbar “Bersama Lebih Bermakna”. Dalam acara tersebut, Wardah menghadirkan serangkaian kegiatan, seperti “Bersama Lebih Bermakna” talk show untuk membahas inisiatif yang telah dilakukan oleh Wardah dalam kampanye Ramadan “Bersama Lebih Bermakna” di Indonesia dan Malaysia, Quran Recitation oleh Putri Ariani, seorang penyanyi Disabilitas Netra. 

Selain itu, Wardah juga menghadirkan Heart to Heart Series dengan Dewi Sandra sebagai host secara offline yang mengundang Citra Damayani selaku Founder Komunitas Belajar Al Qur’an Braille Malang sebagai bentuk dukungan Wardah terhadap literasi Al Qur’an Braille di Indonesia. 

Tiara Putri, Department Head of Wardah Skin Care mengatakan, "Sejalan dengan komitmen kami untuk terus mengajak semakin banyak masyarakat dalam menebar kebermanfaatan, kampanye Ramadan tahun ini menjangkau seluruh elemen masyarakat yang tersebar di dua negara, yaitu Indonesia dan Malaysia."

Untuk di Indonesia, kegiatan kampanye Wardah “Bersama lebih Bermakna” dilakukan di 21 titik, yang meliputi kegiatan Program Kolaborasi dengan Komunitas Belajar Al Quran Braille, Program Paragon Goes to 2000 Masjid, #BersamaLebihBermakna Movement, Program Wardah Modest Verse, Program Talk Show Heart to Heart bersama Dewi Sandra, dan Program Wardah Goes to Pesantren.

Dhini Aminarti, Wardah Brand Ambassador menyampaikan dalam talkshownya, "Senang sekali rasanya dapat mengambil peran dan berpartisipasi dalam kegiatan Wardah Ramadan Campaign “Bersama Lebih Bermakna” dengan seluruh elemen masyarakat di Indonesia, salah satunya saat berkunjung ke Kampung Sahabat di Jakarta. Bersama para santri di sana, kita sharing bagaimana untuk memberikan manfaat bagi bersama."

 

 

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya