Burdah Keliling untuk Anak-anak Palestina Korban Perang

Sholawat Burdah yang dibaca warga Perumahan Griya Utama itu adalah istilah lokal untuk menyebut kitab al-Kawâkibud Duriyyah fî Madhi Khairil Bariyyah. Kitab ini dikarang oleh ulama dan sastrawan Mesir, Imam Al Bushiri yang hingga kini menjadi salah satu sholawat paling populer di Indonesia karena sering dibaca oleh masyarakat.

oleh Musthofa Aldo diperbarui 01 Des 2023, 22:30 WIB
Diterbitkan 01 Des 2023, 22:30 WIB
Burdah keliling
Suasana Burdah keliling untuk mendoakan warga Palestina di Perumahan Griya Utama 2 Kabupaten Bangkalan.

Liputan6.com, Jakarta - Kamis malam (30/11/23), suasana Perumahan Griya Utama 2 meriah oleh nyala puluhan obor dan bendera Palestina.

Memakai pakaian serba putih, obor itu dibawa emak-emak dan anak-anaknya keliling kompleks yang terletak di Kelurahan Mlajah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, sambil membaca sholawat burdah.

Pembacaan burdah keliling ini berakhir di musala kompleks. Acara kemudian dilanjut dengan pembacaan yasin, tahlil dan doa bersama untuk Palestina yang sedang dirundung perang melawan Israel.

Perang Israel dan Palestina telah berlangsung selama 53 hari itu telah menewaskan 15 ribu warga Palestina di Jalur Gaza, dan merenggut nyawa 1.232 warga Israel. Jumlah korban luka kedua belah pihak sebanyak 58 ribu orang lebih.

Koordinator Burdah Keliling, Muhammad Tikno Mulyono mengatakan tingginya korban sipil di pihak Palestina, di mana sekitar 3.000 di antaranya adalah anak-anak, telah membuat masyarakat perihatin sehingga digelarlah burdah keliling tersebut.

"Inilah cara kami bersimpati atas tragedi kemanusiaan di Palestina. Semoga para korban mati syahid dan mendapat tempat mulia di surga," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Tentang Sholawat Burdah

Demonstran Pro-Palestina Banjiri Jalanan di Seluruh Dunia
Seorang anak kecil mengibarkan bendera Palestina sebelum unjuk rasa pro-Palestina yang diikuti oleh ratusan orang, di pusat kota Bucharest, Rumania, Sabtu, 21 Oktober 2023. (AP Photo/Andreea Alexandru)

Sholawat Burdah yang dibaca warga Perumahan Griya Utama itu adalah istilah lokal untuk menyebut kitab al-Kawâkibud Duriyyah fî Madhi Khairil Bariyyah.

Kitab ini dikarang oleh ulama dan sastrawan Mesir, Imam Al Bushiri yang hingga kini menjadi salah satu sholawat paling populer di Indonesia karena sering dibaca oleh masyarakat.

Konon, seperti termaktub dalam pengantar Kitab ini, diceritakan bahwa penulisan Qasidah Burdah bermula ketika Imam al-Bushiri menderita sakit yang membuatnya lumpuh.

Di saat ia tidak lagi bisa beraktifitas dan hanya berdiam diri saja, Imam Al Bushiri kemudian mengisi waktu dengan menulis syair dan pujian kepada sosok Nabi Muhammad berharap mendapat syafaatnya.

Saat menulis pujian itulah, ia mengalami satu momen tertidur dan kemudian bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad. Dalam mimpinya itu, Nabi Nuhammad mengelus tubuh Imam Al Bushiri.

Ketika terbangun, Imam Al Bushiri telah sembuh dari sakitnya. Ia tak lagi lumpuh dan bisa beraktivitas seperti sediakala. Setelah kesembuhannya itu, banyak orang mendatangi Imam Al Bushiri dan meminta qosidah burdah tersebut untuk diamalkan.

Sejak saat ini, qosidah ini sering dijadikan wasilah atau perantara agar terhindar atau disembuhkan dari suatu penyakit.

Menurut Imam al-Baijuri, seperti dikutip dari NU Online, yang dimaksud wasilah, bukan berarti memohon keselamatan dan kesehatan dengan lafal-lafal yang ada dalam Qasidah Burdah dan menganggapnya memiliki otoritas untuk menyembuhkan penyakit, namun murni bertawassul kepada Rasulullah saw dengan perantara Qasidah tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya