Disebut sebagai Tanda Kiamat, Seperti Apa Wujud Ya'jud dan Ma'juj?

Pengertian, dalil serta ciri-ciri ya'jud dan ma'juj yang disebut sebagai salah satu tanda kiamat.

oleh Putry Damayanty diperbarui 25 Jun 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2024, 09:30 WIB
Ciri penampakan ya'juj dan ma'juj.
Ciri penampakan ya'juj dan ma'juj.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Ya'juj dan Ma'juj sebagaian besar sudah diketahui oleh umat Islam. Mereka adalah makhluk yang disebut akan muncul saat kiamat datang.

Namun, tak ada satupun yang mengetahui dengan persis seperti apa rupa sebenarnya dari Ya'juj dan Ma'juj. Sehingga masih menjadi pertanyaan bagi banyak orang.

Sedikit informasi hanya menjelaskan bahwa Ya'juj dan Ma'juj adalah kaum dari keturunan Nabi Adam AS. Mereka dikenal sebagai makhluk yang suka membuat kerusakan di muka bumi.

Bahkan kelak tak ada satu pun manusia yang dapat menghalangi kedatangan kedatangan mereka kecuali Allah SWT. Lantas, siapakah sebenarnya Ya'juj dan Ma'juj itu? Seperti apakah wujud mereka?

Untuk mengetahui secara lebih jelas seperti apakah Ya'juj dan Ma'juj itu, berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari laman dream.co.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Siapa Ya'juj dan Ma'juj?

Ilustrasi hari akhir, kiamat
Ilustrasi hari akhir, kiamat. (Image by kjpargeter on Freepik)

Secara bahasa atau etimologi, Ya'juj dan Ma'juj berasal dari bahasa Arab. Kata Ya'juj adalah akar dari kata "ujaaj" yang artinya mengering setelah mengeras. Kemudian kata "al ajj" yang artinya ketika musuh datang dengan cepat sekali. Sedangkan kata Ma'juj berasal dari kata "maaja" yang artinya goncang.

Para ulama mengartikan Ya'juj dan Ma'juj sebagai mengeras secara natural dan mereka datang dengan cepat lalu tergesa-gesa. Kemudian mereka membuat keadaan menjadi gincang sampai tidak ada orang yang mampu menghadapinya. Dan akhirnya banyak orang yang berlarian dari mereka.

Ya'juj dan Ma'juj digambarkan memiliki sifat yang keras, kasar, membunuh, sombong, biadab, merampok, gigih, senang berperang, merusak, memperkosa korbannya, dan mereka tidak suka dengan umat suatu bangsa selain dari bangsa mereka sendiri.


Dalil tentang Ya'juj dan Ma'juj

Ilustrasi Islami, muslim membaca Al-Qur'an
Ilustrasi Islami, muslim membaca Al-Qur'an. (Photo Copyright by Freepik)

Berikut adalah beberapa dalil dari Al-Quran dan hadis tentang Ya'juj dan Ma'juj:

Surat Al-Anbiya Ayat 96 - 97

حَتّٰىٓ اِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوْجُ وَمَأْجُوْجُ وَهُمْ مِّنْ كُلِّ حَدَبٍ يَّنْسِلُوْنَ

وَاقْتَرَبَ الْوَعْدُ الْحَقُّ فَاِذَا هِيَ شَاخِصَةٌ اَبْصَارُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْاۗ يٰوَيْلَنَا قَدْ كُنَّا فِيْ غَفْلَةٍ مِّنْ هٰذَا بَلْ كُنَّا ظٰلِمِيْنَ

Artinya: "Hingga apabila (tembok) Yakjuj dan Makjuj dibukakan dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan (apabila) janji yang benar (hari berbangkit) telah dekat, maka tiba-tiba mata orang-orang yang kafir terbelalak. (Mereka berkata), ”Alangkah celakanya kami! Kami benar-benar lengah tentang ini, bahkan kami benar-benar orang yang zalim.” (QS. Al-Anbiya: 96 - 97)

Surat Al-Kahfi Ayat 94

قَالُوْا يٰذَا الْقَرْنَيْنِ اِنَّ يَأْجُوْجَ وَمَأْجُوْجَ مُفْسِدُوْنَ فِى الْاَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلٰٓى اَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا

Artinya: "Mereka berkata, “Wahai Zulkarnain! Sungguh, Yakjuj dan Makjuj itu (makhluk yang) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?” (QS. Al-Kahfi: 94)

Hadis Riwayat Ahmad

“Sesungguhnya kalian berkata tidak ada musuh, sementara kalian senantiasa memerangi musuh, hingga datang Ya’juj dan Ma’juj. Bermuka lebar, bermata sipit, berambut pirang. Mereka berasal dari setiap arah, wajah mereka layaknya tameng yang diberi lapisan kulit.” (HR Ahmad)

Hadis Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr ra

"Sesungguhnya Ya'juj dan Ma'juj dari keturunan Adam, dan sesungguhnya jika mereka diutus kepada manusia, niscaya akan merusak kehidupan mereka, dan tidaklah salah seorang dari mereka mati, kecuali meninggalkan seribu keturunan dari mereka atau lebih."


Ciri-Ciri Ya'juj dan Ma'juj

Ilustrasi muslim belajar dalil, hadis, ayat Al-Qur'an
Ilustrasi muslim belajar dalil, hadis, ayat Al-Qur'an. (Photo Copyright by Freepik)

Ada beberapa ciri yang dimiliki oleh Ya'juj dan Ma'juj, berikut penjelasannya:

Berisan Penghuni Neraka

Ciri yang pertama bahwa Ya'juj dan Ma'juj adalah penghuni neraka. Ya, hal tersebut karena mereka memiliki sifat-sfat yang buruk. Bukti bahwa mereka adalah barisan penghuni neraka adalah karena sabda Nabi saw berikut:

"Allah SWT berfirman kepada Nabi Adam, "Keluarkan pasukan penghuni neraka," Maka Nabi Adam bertanya, "Apa itu pasukan penghuni neraka?" Allah SWT berfirman, "Mereka dari setiap seribu orang, sembilan ratus sembilan puluh sembilan orang,"

Kemudian para sahabat bertanya, "Siapa yang satu ini, wahai Rasulullah?" Aku menjawab, "Bergembiralah sesungguhnya penghuni neraka itu dari kalian satu dan dari Ya'juj dan Ma'juj seribu," (HR Bukhari).

Datang secara Rombongan

Kedatangan Ya'juj dan Ma'juj adalah dengan cara rombongan. Diceritakan bahwa mereka akan turun dari gunung seperti air bah yang mengalir deras. Hal tersebut dijelaskan dalam surah Al-Anbiya ayat 96.

Penyebab Kekacauan dan Kerusakan

Kehadiran Ya'juj dan Ma'juj adalah penyebab adanya kekacauan dan kerusakan. Hal tersebut menjadi ciri yang khas dari mereka. Bahkan mereka juga tidak ada waktu untuk menjalankan ibadah. Waktu mereka digunakan untuk hal-hal yang tidak baik. Mereka selalu mengumpulkan kekayaan, buruk dalam bersosialisasi, tidak pandai dalam ilmu pengetahuan, serta merusak sumber daya alam.

Itulah penjelasan tentang penampkan dari Ya'juj dan Ma'juj yang akan datang ketika hari akhir atau kiamat tiba. Meski begitu, kedatangan mereka tetaplah menjadi rahasia Allah SWT. Namun, sebagai umat Islam tetap harus meyakininya, karena bagian dari beriman kepapda Allah SWT.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya