Pharrell Williams Jadi Penerus Virgil Abloh Sebagai Direktur Kreatif Louis Vuitton

Pharrell Williams dijadwalkan untuk meluncurkan koleksi debutnya sebagai Direktur Kreatif Koleksi Pria Louis Vuitton pada tahun ini.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 15 Feb 2023, 07:01 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2023, 07:01 WIB
Pharrell Williams Jadi Penerus Virgil Abloh Sebagai Direktur Kreatif Louis Vuitton
Pharrell Williams. (dok. LEON NEAL / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Musisi, produser rekaman, dan desainer Pharrell Williams akan menjadi penerus Virgil Abloh sebagai Direktur Kreatif Koleksi Pria Louis Vuitton. Hal itu berdasarkan pernyataan yang dikelaurkan rumah mode mewah asal Prancis tersebut pada Selasa, 14 Februari 2023.

Penunjukan itu akan berlaku segera dan koleksi pertamanya akan debut selama Pekan Mode Pria di Paris pada Juni 2023. "Aku senang menyambut Pharrell kembali pulang setelah kolaborasi kami pada 2004 dan 2008 untuk Louis Vuitton, sebagai Direktur Kreatif Koleksi Pria terbaru kami," kata Pietro Beccari, Ketua dan CEO Louis Vuitton dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNN, Rabu (15/2/2023).

Dia mengatakan, "Visi kreatifnya di luar fesyen tidak diragukan lagi akan memimpin Louis Vuitton menuju sebuah babak baru dan sangat seru."

Kabar itu muncul sekitar setahun setelah kematian Virgil Abloh pada November 2021 di usia ke-41 tahun. Kematian desainer visioner yang tidak terduga itu memberi gelombang kejut untuk industri dan sektor lainnya. Dengan penunjukan William, mereka menghentikan spekulasi tentang siapa yang akan menjadi pengganti Abloh. 

Williams selama ini dikenal akan karier musiknya yang cemerlang. Pria berusia 49 tahun itu sudah memenangkan 13 Grammy sejauh ini. Meski begitu, jejaknya di dunia fesyen juga menawan. Ia menjadi salah satu pendiri label streetwear Billionaire Boys Club pada 2003 bersama desainer fesyen Nigo. 

Label itu sudah berkolaborasi dengan sederet jenama mewah, termasuk Tiffany & Co., Moncler, dan Adidas. Dari topi cokelat besar yang ia kenakan di Grammy Awards 2014 hingga busana berhiaskan berlian Tiffany yang kini menjadi ciri khasnya, gaya pribadi Williams yang berani sering menjadi berita utama dan ia tidak asing duduk di barisan depan mode.

Mirip dengan Virgil Abloh, kreativitas Williams melintasi batas. Pada awal 2022, dia mengumumkan keterlibatannya dalam proyek hotel baru yang ambisius, dijadwalkan dibuka tahun depan di Bahama. Selama pandemi dia merilis alat makan portabel untuk menekan penggunaan alat makan plastik sekali pakai ketika makan di luar.

 

 


Kemitraan dengan Chanel

[Bintang] Pharrell Williams
Pharrell Williams (Bintang/EPA)

Kemitraan dengan brand fesyen mewah asal Prancis juga pernah dijalani Pharrell bersama Chanel. Dilansir Essence pada Selasa 31 Oktober 2017, Chanel meluncurkan serangkaian koleksi eksklusif yang salah satu isinya adalah sepatu Adidas Hu NMD yang berkolaborasi dengan Pharrell Williams. Kreasi tersebut meluncur di butik Colette sebelum tempat tersebut resmi mengakhiri usahanya pada Desember 2017.

Pharrell juga merupakan ambasador dari brand sepatu Adidas. Karena itu, tak mengejutkan bila Chanel dan Adidas berkolaborasi lewat perantaraan Pharrell. Dalam foto yang beredar diperlihatkan koleksi sepatu sneakers hitam putih yang bertuliskan nama Chanel dan Pharrell. Bukan hanya sepatu spesial tersebut yang akan ada di koleksi istimewa akhir tahun dari Chanel.

Pada koleksi tersebut terdapat kaus limited edition yang dirancang oleh Creative Director Chanel, Karl Lagerfeld. Produk-produk itu ditempatkan pada seluruh area lantai satu Colette selama satu bulan penuh hingga 30 November 2017. Colette menutup usahanya pada 20 Desember 2017.


Kolaborasi dengan RM BTS

RM dan Pharrell Williams di Majalah Rollingstone.
RM dan Pharrell Williams di Majalah Rollingstone. (Majalah Rollingstone)

Dari karier bermusiknya, Pharrell dikenal kerap berkolaborasi dengan berbagai musisi. Yang terakhir adalah kolaborasinya bersama leader BTS, Kim Namjoon alias RM. Dalam wawancara eksklusif dengan majalah Rolling Stone pada Selasa, 1 November 2022, kedua musisi beken itu berbicara tentang musik, perjalanan karier, hingga rencana kolaborasi keduanya. 

Pharrell Williams mengungkapkan bahwa dia akan berkolaborasi dengan BTS untuk sebuah lagu di albumnya yang akan datang bertajuk Phriends. Mereka bekerja di belakang layar dan di depan layar. Selain memproduksi lagu dan menulis untuk BTS, RM juga banyak berkolaborasi dengan musisi-musisi ternama lainnya di Korea Selatan.

Sebelum wawancaranya dengan Pharrell Williams dirilis, agensi yang menaungi BTS juga mengonfirmasi bahwa RM sedang mempersiapkan album solonya yang dirilis pada 25 November 2022. Dengan begitu, RM adalah orang ketiga dari proyek solo BTS setelah seluruh anggota grup idol itu fokus pada aktivitas individunya, dimulai dari Jin yang menjalani wajib militer pada akhir 2022. 

Dalam pembicaraannya dengan Pharrell Williams, RM tidak hanya membicarakan rencana perilisan lagunya. Ia bercerita tentang bagaimana hubungannya dengan fansnya hingga kehidupannya sebagai RM dan Kim Namjoon.


Kepergian Virgil Abloh

Virgil Abloh. (AP Photo/Thibault Camus, File)
Virgil Abloh. (AP Photo/Thibault Camus, File)

Virgil Abloh meninggal dunia pada usia 41 tahun setelah berjuang melawan kanker selama dua tahun. Pendiri label fesyen Off-White sekaligus Direktur Artistik koleksi pria Louis Vuitton itu didiagnosis mengidap kanker yang agresif dan langka, yakni angiosarkoma jantung.

"Kami sangat sedih mengumumkan kepergian Virgil Abloh yang kami sayangi, seorang ayah, suami, saudara, dan teman yang kami sangat setia," tulis keluarga dalam akun Instagram Virgil Abloh, Minggu, 28 November 2021.

Keluarga mengungkapkan Abloh menjalani beragam pengobatan yang menantang sembari menjalankan tugasnya di fesyen dan seni. "Meski begitu, etos kerjanya, rasa ingin tahu yang tak terbatas, dan optimismenya tidak pernah goyah," sambung pernyataan tersebut.

"Virgil didorong oleh dedikasinya terhadap keterampilan tangan dan misinya untuk membuka pintu bagi orang lain dan membuat jalan untuk kesetaraan yang lebih luas di bidang seni dan desain," tulis keluarga lagi.

Keluarga juga menyatakan bahwa Abloh meyakini kemampuan seninya bisa menginspirasi generasi masa datang. Ia seringkali mengatakan apa yang dilakukannya adalah untuk dirinya sendiri di usia 17 tahun.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya