Pria Warga Negara Asing Nekat Mukbang 19 Jenis Sambal Tanpa Lauk untuk Makan Siang

Terlihat ada sambal mangga, sambal matah, sambal hijau, sambal terasi, dan lainnya dengan total 19 sambal yang disantap pria WNA tersebut.

oleh Henry diperbarui 22 Mei 2023, 07:02 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2023, 07:02 WIB
sambal tomat
Ilustrasi sambal tomat/copyright freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang asing atau warga negara asing (WNA) yang kurang menyukai rasa pedas, termasuk makanan Indonesia yang identik dengan berbagai macam sambal. Hal ini lantaran orang luar negeri seperti orang Eropa dan Amerika banyak yang tak terbiasa dengan makanan bercita rasa pedas yang menggigit.

Meski begitu, bukan berarti semua WNA tak tahan makan pedas. Seorang pria WNA bahkan nekat mukbang dengan menyantap 19 macam sambal khas Indonesia sekaligus dalam satu waktu.

Aksi itu ia bagikan melalui akun TikTok @realwildcarlos. Dalam video itu, pria bernama Carlos ini mendatangi sebuah warung makan yang menjual sajian makanan tradisional Indonesia dengan aneka jenis sambal.

"Eating 19 Spicy Sambal for Lunch in Indonesia (menyantap 19 macam sambal untuk makan siang di Indonesia),” tulis keterangan unggahan tersebut. Lokasi tempat makan pria itu dituliskan berlokasi di Yogyakarta.

"Tempat ini punya 34 jenis sambal yang berbeda," ucapnya di awal video. Ia kemudian masuk dan bersikap hangat dengan menyapa karyawan restoran hingga pelanggan lain.

"Kamu suka sambal? Aku butuh sambal, orang-orang memanggilku 'Mister Sambal'," ujarnya. Ia kemudian mulai melihat menu-menu sambal di restoran tersebut. "Tidak ada seseorang yang akan memesan banyak makanan, tapi kamu tahu aku gila," kata Carlos.

Ia lalu menunjukkan banyak sambal untuk disajikan. Terlihat ada sambal mangga, sambal matah, sambal hijau, sambal terasi, dan lainnya dengan total 19 sambal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warganet Khawatir Kondisi Pria Tersebut Usai Mukbang

Pria WNA Nekat Mukbang  19 Jenis Sambal Tanpa Lauk untuk Makan Siang
Pria WNA Nekat Mukbang 19 Jenis Sambal Tanpa Lauk untuk Makan Siang. foto: TikTok @realwildcarlos

Ia menyantap masing-masing sambal sebanyak satu sendok tanpa menggunakan lauk, hingga akhirnya, Carlos merasa sangat kepedasan. "Ini sangat pedas, mulutku terbakar. No pain no gain," ungkapnya sebagai penutup video tersebut dengan wajah banjir keringat.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi video tersebut.

"Sesaat sebelum diare menyerang," komentar seorang warganet. "Beli lauk terus pilih sambalnya, Bang. Jangan sambal semua," komentar warganet lainnya.

"CUMA MAKAN SAMBEL DOANG BANG I HOPE U OK 😂,” timpal warganet lainnya yang merasa khawatir dengan kondisi pria asing tersebut usai makan banyak sambal tanpa lauk.

Makanan Indonesia terkenal pedas bagi warga asing, termasuk Korea. Meski sudah tahu, anggota The Boyz dari Korea Selatan yaitu Kevin, Eric, dan Jacob, tetap nekat untuk mencobanya. Hal itu terjadi saat KBS World Indonesia megundang ketiga personel The Boyz itu sebagai bintang tamu di tayangan video YouTube yang disiarkan pada 17 Maret 2023.


Rendang dan Sambal Hijau

Pria WNA Nekat Mukbang 19 Jenis Sambal Tanpa Lauk untuk Makan Siang
Pria WNA Nekat Mukbang 19 Jenis Sambal Tanpa Lauk untuk Makan Siang. foto: TikTok @realwildcarlos

Layaknya konten channel YouTube KBS World Indonesia lainnya, bintang tamu diajak untuk mempelajari serta mengenal berbagai budaya, termasuk makanan khas Indonesia. Mereka lalu mendapatkan kesempatan mencoba beberapa menu makanan Indonesia, di antaranya rendang dan sambal hijau.

Sebelum mencoba masakan khas Indonesia, anggota boygroup itu diajak untuk bermain gim. Kevin, Eric dan Jacob juga sempat menyanyikan lagu dalam bahasa Indonesia. Beberapa kali Eric salah dalam menyebutkan kata "Nikmati", lalu Kevin member lainnya membetulkannya.

"Ayo lah gampang banget ini," sebut Kevin dikutip dari YouTube KBS WORLD Indonesia, Jumat (24/3/2023). Setelah bermain game dan bernyanyi, anggota The Boyz tersebut mencoba kuaci. Ketiganya terlihat handal mengupas kulit kuaci dengan mulut.

Di dalam studio sudah disiapkan meja berisi berbagai makanan khas Indonesia. Para personel The Boyz ternyata tahu banyak tentang makanan-makanan Indonesia. Kevin mengaku sering melihat kopi pandan, sementara Eric The Boyz tampak antusias sewaktu melihat mi instan Indonesia.


The Boys Mencoba Sambal

The Boyz dalam tayangan YouTube KBS World Indonesia
The Boyz dalam tayangan YouTube KBS World Indonesia. (Dok: YouTube KBS World Indonesia)

Jacob The Boyz menghampiri dan ikut mengomentari mi instan tersebut. "Mi itu enak," ucap Jacob, lalu Eric yang terlihat langsung jatuh cinta pada mi goreng memasukkan mi ke dalam keranjang.

Selesai mengambil makanan yang diinginkan, para anggota The Boyz duduk untuk mencicipi makanan Indonesia. Kevin mencicipi daging rendang yang terkenal sebagai makanan paling enak di dunia. "Katanya rendang adalah makanan paling enak nomor 1 di dunia," ujar Kevin.

Anggota The Boyz kemudian mencicipi daging rendang sambal hijau bergantian. Kevin bertepuk tangan setelah mencoba rasa rendang yang begitu nikmat. "Aku sudah pernah mencoba banyak rendang, tapi rasanya selalu enak," puji Kevin.

Sementara, Jacob dan Eric mengaku pernah memiliki teman orang Indonesia saat sekolah. Mereka berdua mengaku sering mencicipi mi goreng atau nasi goreng dari teman mereka dan sangat menyukainya.

Tibalah saat Kevin mencoba sambal hijau. Kevin langsung memasukkan sendok yang berisi cabai ke dalam mulut. Setelahnya, Kevin langsung memberi ulasan. "Awalnya sedikit asin karena ini sambal. Lumayan pedas," ucap Kevin. "Kepalaku jadi panas," sambung Kevin.

Infografis:  6 Sambal Khas Beberapa Daerah di Indonesia
Infografis: 6 Sambal Khas Beberapa Daerah di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya