Badai Boris Melanda Eropa, Apakah Aman untuk Liburan?

Badai Boris telah menyebabkan penutupan jalan, pemadaman listrik, dan hingga 24 orang meninggal dunia.

oleh Asnida Riani diperbarui 20 Sep 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2024, 16:00 WIB
Badai Boris Hantam Rumania, Banjir Rendam Ribuan Rumah Warga
Layanan penyelamatan Rumania berhasil menyelamatkan 95 orang di dua wilayah timur Rumania yang dilanda bencana parah, yaitu Galati dan Vaslui. (Daniel MIHAILESCU/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Musim panas di Eropa tahun ini ditandai cuaca ekstrem, dengan gelombang panas yang menyengat di Yunani dan badai di Swiss, Italia, dan Prancis pada Juli 2024. Kini, beberapa wilayah di Eropa tengah, termasuk Polandia, Ceko, dan Slowakia, dilanda banjir ekstrem setelah hujan setara sebulan turun hanya dalam waktu 24 jam selama akhir pekan.

Badai Boris telah menyebabkan penutupan jalan, pemadaman listrik, dan setidaknya 24 orang meninggal dunia, melansir Time Out, Jumat, 20 September 2024. Badai tersebut kini berdampak pada wilayah Italia utara, menyebabkan layanan meteorologi negara tersebut mengeluarkan peringatan.

Di mana banjir di Eropa?

Badai Boris telah menyebabkan kerusakan dahsyat di berbagai negara di Eropa Timur dan Tengah, termasuk Polandia, Rumania, Austria, Ceko, Hungaria, dan Slowakia. Daerah paling parah terdampak adalah perbatasan antara Polandia dan Ceko, serta Austria dan Rumania.

Di Austria, wilayah di sekitar Wina telah dinyatakan sebagai zona bencana, sementara beberapa area tenggelam karena banjir di Polandia dan Rumania. Seluruh kota Polandia yang berpenduduk 44 ribu orang dievakuasi, dan beberapa orang dilaporkan hilang di Ceko. Ratusan rumah hancur.

Pada Kamis, 19 September 2024, badai tersebut telah mencapai Italia, dengan layanan meteorologi mengeluarkan peringatan untuk wilayah Emilia-Romagna dan Lazio.

Amankah untuk liburan?

Pemerintah Inggris telah mengeluarkan peringatan banjir. Di situs Austria, tertulis, "Karena banjir di Austria Timur, penutupan jalan dan gangguan transportasi umum dapat terjadi di daerah yang terdampak. Periksa informasi lalu lintas jalan dan informasi terbaru tentang transportasi umum dari kereta api Austria dan transportasi umum Wina sebelum Anda bepergian."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Hak Sebagai Pelancong?

Badai Boris Hantam Rumania, Banjir Rendam Ribuan Rumah Warga
Foto udara memperlihatkan banjir menggenangi desa Slobozia Conachi, Rumania, pada tanggal 14 September 2024. (Daniel MIHAILESCU/AFP)

Pindahlah ke daerah yang aman sesegera mungkin jika Anda berada di daerah berisiko tinggi, dan selalu ikuti saran dari pihak berwenang. Jika hal itu merugikan Anda, perusahaan asuransi perjalanan Anda harus mengganti kerugian Anda, menurut Independent. Bagi mereka yang sedang berlibur, tanyakan langsung pada penyedia jasa perjalanan Anda.

Tidak hanya di Eropa, badai juga tercatat di negara Asia Tenggara, tepatnya Vietnam. Maka itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Hanoi terus mengimbau Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Vietnam untuk terus waspada menyusul Topan Yagi dan Badai Tropis yang melanda negara tersebut, lapor kanal Global Liputan6.com per Kamis, 19 September 2024.

Mengutip unggahan terbaru KBRI Hanoi di Instagram resmi @indonesiahanoi, perwakilan RI mengimbau agar WNI yang berada di jalur badai tropis, yakni Quang Binh, Da Nang, Hue, Quang Nam, untuk meningkatkan kewaspadaan. Para WNI juga diharapkan mengikuti imbauan dari pihak berwenang setempat dan terus memantau perkembangan ramalan cuaca dari otoritas setempat.


Destinasi Wisata Porak Poranda

84 Orang Tewas Akibat Badai Yagi Menyapu Vietnam, Destinasi Wisata Bai Chay Porak-poranda
Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang akibat dampak Badai Yagi, Vietnam. (dok. Tran Quoc Viet/ VNA via AP)

Badai yagi telah menyebabkan destinasi wisata Bai Chay porak poranda. Bencana ini menyebabkan lebih dari seribu bangunan di kawasan wisata Bai Chay rusak parah. Sejumlah atap bangunan terbang dan pintu-pintunya rusak setelah Badai Yagi melanda kawasan tersebut pada Senin, 9 September 2024.

Mengutip vnexpress.net, Selasa, 10 September 2024, pujasera di seberang Taman Hiburan Sun World, salah satu atraksi wisata terkenal di Bai Chay, hancur akibat badai. Kawasan yang tadinya ramai dengan restoran-restoran yang letaknya berdekatan hancur setelah badai.

Bingkai aluminium dan papan tanda terkoyak oleh badai, jalan dipenuhi pecahan kaca, dan semua dekorasi restoran hancur. Restoran Minh Phi 2 di Jalan Hoang Quoc Viet hanya tersisa rangka besi, dua hari setelah badai berlalu. Ho Van Hoc, seorang pemilik restoran di kawasan tersebut, mengatakan deretan rumah dari bundaran dinding keramik hingga Danau Hung Thang mengalami "kerusakan parah," dan puluhan restoran di sekitarnya runtuh total.


Taksiran Kerugian Pemilik Restoran di Vietnam

84 Orang Tewas Akibat Badai Yagi Menyapu Vietnam, Destinasi Wisata Bai Chay Porak-poranda
Kondisi pohon tumbang di Hanoi usai Badai Yagi melanda Senin, 9 September 2024. (dok. Nhac NGUYEN / AFP)

Di tengah hujan lebat, Hoc dan istrinya keluar untuk memeriksa situasi. "Untuk sementara, rumah saya benar-benar hilang. Saya belum sempat duduk dan melakukan inventarisasi, tapi saya yakin tidak ada yang tersisa," kata dia.

Di sebelah restorannya, sekelompok pekerja sedang mengobrak-abrik puing-puing restoran seluas ratusan meter persegi, mencari apa saja yang bisa diselamatkan. Diperkirakan setiap bisnis di sini mengalami kerugian hingga ratusan juta dong.

Tak hanya restoran yang terdampak, Hotel Sea Star di kawasan Perkotaan Bendungan Cai, Bangsal Bai Chay, juga mengalami kerusakan parah. Banyak jendela kacanya pecah akibat badai. Begitu pula dengan hotel bintang empat dan lima lain di kawasan itu. Sebagian besar kaca pecah, papan tanda atau panel aluminium yang terpasang di fasad rusak.

Seorang perwakilan dari sebuah hotel bintang lima dengan hampir 100 kamar di kawasan wisata Bai Chay mengatakan bahwa "kerusakan sangat parah," dan sebagian besar kamar terkena dampaknya. Hingga 9 September 2024, banyak hotel yang belum selesai menghitung kerusakan.

Infografis Risiko Bencana di Daerah Wisata
Infografis Risiko Bencana di Daerah Wisata. (Dok: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya