Agung Laksono Terpilih Jadi Ketum Golkar di Munas Ancol

Agung Laksono mengatakan, kemenangan dirinya sebagai Ketua Umum Golkar bukanlah kemenangan dia pribadi, tapi kemenangan demokrasi.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 08 Des 2014, 00:55 WIB
Diterbitkan 08 Des 2014, 00:55 WIB
Munas Golkar
Priyo Budi Santoso, Agung Laksono, dan Agus Gumiwang di Munas Golkar, Ancol, Jakarta Utara. (Liputan6.com/Andrian Martinus Tunay)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah bertarung cukup sengit dalam perolehan suara pemilihan secara voting, akhirnya Ketua Presidium Penyelamat Partai Golkar Agung Laksono terpilih menjadi Ketua Umum Partai Golkar dalam Munas IX Partai Golkar 'tandingan'.

Mantan Menko Kesra era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menang telak dari 2 pesaingnya dengan mendapat 147 suara.

Sementara 2 pesaingnya, yakni Agus Gumiwang memperoleh 71 suara dan Priyo Budi Santoso mendapat 77 suara. Uniknya, dari suara tersebut terdapat pula 1 suara abstain. Dengan demikian jumlah suara yang masuk 296.

"Maka dengan mengucapkan bismillah dan salam sejahtera, maka dengan ini  menyatakan bahwa ketua umum terpilih adalah bapak HR Agung Laksono," sebut ketua sidang Ibnu Munzier, di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Senin (8/12/2014) dini hari.

Sesaat setalah dinyatakan menang, Agung pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh kader Golkar yang telah mendukungnya.

"Ini bukan kemenangan saya, ini kenenangan Partai Golkar. Ini juga kemenangan demokrasi," pungkas Agung.

Sementara dari pantauan Liputan6.com, penghitungan suara masing-masing calon Ketua Umum Partai Golkar dimulai tengah malam. Anggota Presidium Penyelamat Partai Golkar Agun Gunandjar menjadi perwakilan yang menghitung surat suara. Suara pertama yang dimulai sekitar pukul 00.15 WIB itu, untuk perolehan suara Priyo.

Pada saat awal penghitungan suara, perolehan suara 3 Caketum Golkar yakni Agung Laksono, Priyo Budi Santoso dan Agus Gumiwang sempat bersaing ketat. Namun pada akhir penghitungan, suara Agung lebih unggul dan menang telak.

Dengan demikian Ketua Umum Partai Golkar sesuai Munas IX Partai Golkar di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara dimenangkan Agung Laksono. (Rmn)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya