Tjahjo: Presidential Threshold Bukan soal Diskon Angka

Penentuan angka ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold belum juga menemui kata sepakat.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 11 Jul 2017, 14:08 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2017, 14:08 WIB
  Tjahjo Kumolo
Tjahjo Kumolo. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Penentuan angka ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold belum juga menemui kata sepakat. Sebagian anggota DPR ingin pemerintah memberi potongan angka presidential threshold.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan, pembahasan presidential threshold bukan soal angka dan diskon. Namun, mempertahankan kualitas pemilu yang sudah ada.

"Diskon apa 50 persenlah mungkin ada musyawarah. Ada pendapat begitu. Tapi, kita ini kan bukan masalah diskon, masalah sebuah sistem yang kita sepakat sistem yang kuat," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Sebagian pihak mempertanyakan argumentasi pemerintah terkait keberhasilan presidential threshold pada kualitas pemilu. Tjahjo menegaskan, dua kali penyelenggaraan pemilu presiden sudah cukup membuktikan presidential threshold berdampak pada kualitas pemilu.

"Nyatanya dua kali pilpres berjalan demokratis," ujar dia.

Tjahjo mencontohkan, Pilpres 2009 memunculkan tiga pasangan calon, yakni SBY, Mega, dan JK. Kemudian, Pilpres 2014 melahirkan dua pasangan calon, yakni Jokowi dan Prabowo.

"Tidak ada masalah kok, lancar-lancar saja," ucap Tjahjo.


Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya