Apel Kartini Polwan dan Wanita TNI Raih Rekor MURI

Selain Polwan dan Wanita TNI, apel ini juga dihadiri wanita komponen bangsa lainnya dengan jumlah peserta hingga 10.977 orang.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Apr 2018, 16:23 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2018, 16:23 WIB
Presiden Jokowi Pimpin Apel Hari Kartini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi pasukan saat apel bersama Wanita TNI, Polwan dan segenap wanita komponen bangsa di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (25/4). Apel digelar guna memperingati Hari Kartini 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Polisi Wanita (Polwan) bersama Wanita TNI yang menggelar apel pada Rabu pagi dalam rangka merayakan Hari Kartini 2018 mencatat rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Apel yang digelar di lapangan Monumen Nasional (Monas) itu mendapatkan rekor untuk peserta apel wanita terbanyak.

Selain Polwan dan Wanita TNI, apel ini juga dihadiri wanita komponen bangsa lainnya dengan jumlah peserta hingga 10.977 orang. Acara ini langsung dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Apel bersama Wanita TNI, Polwan dan segenap wanita komponen bangsa lainnya dihadiri oleh 10.977 peserta, dengan inspektur upacara Bapak Presiden RI," kata Kanit SIM Satpas Jakarta Selatan AKP Yunita Natallia Rungkat di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Dalam kegiatan ini, turut hadir beberapa pejabat tinggi negara, yakni Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Selain apel, acara ini juga diisi oleh tarian kolosal yang menceritakan tentang perjuangan wanita Aceh. Dilanjutkan dengan kolosal Kartini serta atraksi motor besar yang dilakukan oleh Polwan dan Wanita TNI sekitar 30 personel" ujar Yunita.

Di tempat berbeda, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk para Polwan dan Wanita TNI atas keterampilan dan kemampuan luar biasa yang ditampilkan.

"Polwan bersama Wanita TNI tadi sudah melaksanakan apel Hari Kartini dan dipimpin Presiden RI. Kita juga bangga para Polwan dan Wanita TNI mempunyai keahlian lain atau keterampilan di kegiatan ini," kata Argo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tampilkan Beragam Aksi

Prajurit Wanita TNI dan Polisi Apel Peringati Hari Kartini
Prajurit Wanita TNI AD berbaris pada apel bersama untuk memperingati Hari Kartini 2018 di Silang Monas, Jakarta, Rabu (25/4). Upacara diikuti 10 ribu perempuan yang terdiri dari prajurit TNI, Polri dan segenap komponen bangsa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Puluhan penerjun wanita dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) memeriahkan apel peringatan Hari Kartini 2018. Dihelat di Lapangan Silang Monas, satu per satu prajurit wanita melayang-layang di udara dengan bentangan parasut.

Pantauan Liputan6.com, selain aksi penerjun, atraksi motor gede, kebolehan berkuda, dan bela diri, dipertontonkan oleh korps wanita TNI yang dipadu satuan anggota wanita Polri.

Sebelumnya, apel bersama sebagai peringatan Hari Kartini ini telah dilakukan oleh korps Wanita TNI dan Polwan. Apel ini dikomandani oleh Kolonel CHK Kowad Dr Teti Melina SH MH. Komandan upacara diketahui sehari-hari menjabat sebagai komandan pusat pendidikan korps wanita AD kodiklat TNI AD.

"Lapor apel siap dilaksanakan dan pasukan siap diperiksa," ujar Teti Melina kepada Irup Upacara Presiden Joko Widodo di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Dalam apel, bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Kartini adalah Presiden Joko Widodo. Selain presiden, terpantau kehadiran Gubernur DKI Anies Baswedan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ka Staf Angkatan, dan juga Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya