Jokowi Minta Menseneg Ajak Joni Gala Jalan-Jalan ke Dufan dan Taman Mini

Joni Gala merupakan pelajar kelas 1 SMP Negeri Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur, yang memanjat tiang demi kibarkan bendera Merah Putih.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Agu 2018, 19:29 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2018, 19:29 WIB
Joni dapat penghargaan dari Mendikbud
Yohanes “Joni” Ande Kala bertemu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy di Jakarta, Senin (20/8). Sebelumnya, aksi Joni menyelamatkan upacara pengibaran bendera menyita perhatian publik dan menjadi viral. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi hadiah bagi Yohanes Ande Kala atau Joni Gala. Joni merupakan pelajar kelas 1 SMP Negeri Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur, yang memanjat tiang demi kibarkan bendera Merah Putih.

Hadiahnya adalah jalan-jalan ke Dunia Fantasi (Dufan) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Jokowi memerintahkan langsung Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk mendampingi Joni Gala jalan-jalan ke dua lokasi tersebut.

"Mumpung sudah di Jakarta Pak Menteri, Pak Mensesneg, coba diajak lihat, lihat Dunia Fantasi sama Taman Mini," kata Jokowi saat bersilaturahmi dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, Gita Bahana Nusantara dan Teladan Nasional di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/8).

Kepada Pratikno, Jokowi berpesan agar Joni Gala diajak ke tempat-tempat bermain anak yang tidak membahayakan keselamatan. Kendati Joni berani memanjat tiang bendera dengan ketinggian sekitar 20 meter, menurut Jokowi dia tetap perlu dikenalkan dengan tempat hiburan anak-anak seusianya.

"Jangan dibawa (ke tempat hiburan) yang sulit-sulit. Ini kan masih anak-anak," ucap Jokowi.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Minta Sepeda, Rumah dan Jadi Tentara

Sebelumnya, Jokowi mengaku siap memenuhi dua permintaan Joni Kala. Yakni sepeda dan rumah. Jokowi juga memuluskan keinginan putra NTT itu untuk mewujudkan cita-citanya menjadi tentara.

"Ya udah nanti langsung daftar ke Panglima (TNI), langsung diterima kamu. Jaga kesehatan," tutur Jokowi disambut tepuk tangan.

Joni Kala mulai jadi perbincangan publik setelah memanjat tiang bendera. Aksi itu dilakukannya saat upacara HUT ke 73 RI di pos perbatasan Motaain Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (17/8) pagi.

Aksi heroik tersebut dilakukannya saat tali pengikat bendera tersangkut di ujung tiang. Video tersebut kemudian viral di media sosial.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya