Mendikbud: 2018 Sudah Baik, 2019 Harus Lebih Baik Lagi

Mendikbud Muhadjir Effendy membuka Dzikir Nasional Republik di Masjid At-Tin, Jakarta Timur.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 31 Des 2018, 23:35 WIB
Diterbitkan 31 Des 2018, 23:35 WIB
Radityo/Liputan6.com
Mendikbud Muhadjir Effendi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy membuka Dzikir Nasional Republik di Masjid At-Tin, Jakarta Timur.

Acara dihelat menyongsong tahun baru 2019 ini, dimaknai Muhadjir sebagai sesuatu yang baik dalam menutup dan mengawali tahun yang baik.

"Tahun 2018 ini sudah baik dan kita harus maknai lagi 2019 lebih baik lagi," kata Muhadjir di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Senin (31/12/2018).

Muhadjir mengatakan, zikir memiliki arti mengingat dalam bahasa Arab. Kata zikir kemudian lebih dimaknai dalam agama Islam sebagai zikrillah, atau dalam arti mengingat kepada Allah, sang pencipta.

"Zikir bisa dengan bentuk merapal kalimat Allah lalu juga bisa dengan hati yang sebetulnya untuk kita dianjurkan terus berpikir mengingat kepada-Nya," kata dia.

Muhadjir berharap, kegiatan zikir nasional menjelang malam pergantian tahun, bisa terus dilakukan. Selain sebagai pilihan atau alternatif acara selain ke tempat hiburan, kegiatan keagaaman seperti ini dinilainya baik untuk menjadi pribadi yang lebih positif.

"Karena zikir bisa punya makna yang luas termasuk mensyukuri nikmat Allah, juga waspada untuk tidak melakukan hal dilarang-Nya," tandas Muhadjir.

Diketahui, acara ini dihelat oleh Republika secara berkala setiap tahunnya Parade tausiyah dan dzikir nasional menjadi puncak acara yang mengusung tema "Menebar Kebaikan dan Menguatkan Kepedulian".

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya