Bertemu Jokowi, PHDI Minta Umat Hindu Tidak Golput

Wisnu menegaskan bahwa umat Hindu bebas menentukan pemimpin pilihannya pada Pemilu nanti.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 05 Mar 2019, 13:32 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2019, 13:32 WIB
1000 Purnawirawan TNI Polri Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin
Capres No urut 01 Joko Widodo memberi sambutan pada deklarasi 1000 Purnawirawan TNI-Polri dukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Kemayoran, Jakarta, Minggu (10/2). Purnawirawan TNI-Polri memberikan kepercayaan Jokowi-Ma'ruf Amin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Wisnu Bawa mengajak umat Hindu menggunakan hak suaranya pada Pemilhan Umum (Pemilu) 2019. Menurut dia, umat Hindu harus datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April mendatang.

"Lebih banyak datang ke TPS itu harapannya, semua harus datang gunakan hak dan kewajiban. Kita warga negara punya hak dan kewajiban," ujar Wisnu di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Wisnu menegaskan bahwa umat Hindu bebas menentukan pemimpin pilihannya pada Pemilu nanti. Namun, dia bepesan agar perbedaan pilihan ini tak membuat persatuan dan persaudaraan menjadi terpecah.

"Jadi kita seperti mencari (pemimpin) besok itu. Di perempatan jalan, di perlimaan, di pertigaan, tinggal kita, tinggal memilih mau ke arah mana kita berjalan, tentu kita mengarah jalan yang terbaik," jelas dia.

Wisnu membantah saat disinggung apakah pertemuan dengan Jokowi juga membicarakan dukungan dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Dia mengatakan, pembahasan dengan Jokowi hanya membahas persiapan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941.

"Kami tidak bicara soal dukungan tapi kami bicara soal Hari Suci Nyepi. Nyepi ini supaya gunakan haknya masyarakat hindu untuk melakukan kegiatan dan diharapkan berjalan lancar dan damai," turur Wisnu.


Pesan Jokowi

Sebelumnya, dalam pertemuan itu, PHDI mengundang Presiden Jokowi untuk menghadiri acara Dharma Santi dalam perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru 1941. Dharma Santi tahun ini rencananya akan digelar 5 April 2019, di Bali.

Wisnu menuturkan bahwa Jokowi berharap agar perayaan Hari Raya Nyepi tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman. Jokowi juga berpesan agar umat Hindu menjaga persatuan.

"Pesan dari pak presiden laksanakan kegiatan ini dengan tertib dan aman," Wisnu menandaskan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:  

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya