KPK Rekonstruksi Kasus Suap Dana Perimbangan Pegunungan Arfak di Kompleks DPR

Rekonstruksi itu dalam rangka pemberkasan ‎tersangka Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pegunungan Arfak, Natan Pasomba.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 22 Jul 2019, 13:23 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2019, 13:23 WIB
KPK Beri Keterangan Terkait Gratifikasi Proyek Tower BTS Bupati Mojokerto
Juru Bicara KPK Febri Diansyah memberi keterangan terkait dugaan korupsi Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, Jakarta, Senin (30/4/). Dalam pengeledahan rumah Mustofa, KPK benyita sejumlah mobil dan uang sebesar 4 millyar. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Liputan6.com, Jakarta - Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merekonstruksi kasus suap pengurusan dana perimbangan pada APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak periode 2017-2018. Rekontruksi itu dilakukan di Kompleks DPR, Kalibata, Jakarta Selatan.

"Iya itu tim KPK, siang ini tim sedang melakukan kegiatan rekonstruksi kasus dugaan suap terkait pengurusan dana perimbangan daerah untuk Kabupaten Pegunungan Arfak," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (22/7/2019).

Febri menyebut, rekonstruksi itu dalam rangka pemberkasan ‎tersangka Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pegunungan Arfak, Natan Pasomba. Hingga kini rekonstruksi masih berjalan.

"Proses (rekonstruksi) masih berjalan," kata Febri.

Selain itu, hari ini penyidik KPK juga memanggil anggota DPR RI Fraksi PAN Sukiman.‎ Ia diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengurusan dana perimbangan pada APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak periode 2017-2018.

"(Sukiman) akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka NPS (Natan Pasomba)," kata Febri.

Selain Sukiman, KPK juga memanggil Tenaga Ahli Fraksi PAN DPR Suherlan serta mantan Kasi Perencanaan DAK Non Fisik Dirjen Perimbangan Keuangan Rifa Surya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Penetapan Tersangka

Anggota DPR Sukiman
Anggota Komisi XI DPR, Sukiman memenuhi panggilan penyidik KPK untuk menjalani pemeriksaan, Jakarta, Senin (25/3). Politikus PAN itu diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap pengaturan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Pegunungan Arfak pada APBN-P 2017 dan APBN 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Natan ditetapkan sebagai tersangka setelah diduga memberi suap kepada Sukiman untuk memuluskan pengurusan dana perimbangan pada APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak.

Natan diduga menyiapkan uang Rp 4,41 miliar yang disebut sebagai commitment fee 9 persen dari dana perimbangan yang dialokasikan untuk Pegunungan Arfak.

KPK juga menetapkan anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Sukiman sebagai tersangka. 

Sukiman diduga menerima hadiah atau janji dari Natan Pasomba terkait pengurusan dana perimbangan pada APBNP 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.

Sementara suap yang diterima Sukiman diduga berjumlah Rp 2,65 miliar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya