Habiburokhman Jagokan Sufmi Dasco Jadi Wakil Ketua DPR dari Gerindra

Ditegaskan Habiburokhman, posisi Wakil Ketua DPR harus sesuai latar belakang keilmuan.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 15 Agu 2019, 09:21 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2019, 09:21 WIB
Habiburokhman
Ketua Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra, Habiburokhman saat memberikan keterangan pers di Kantoor DPP Gerindra, Jakarta, Rabu (8/11/2017). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra, Habiburokhman menilai sosok calon Wakil Ketua DPR yang cocok maju dari partainya adalah Sufmi Dasco.

Partai Gerindra dikabarkan bakal ikut mengisi jabatan pimpinan DPR dan telah menyiapkan dua nama untuk mengisi posisi Wakil Ketua DPR periode 2019-2024, yakni Fadli Zon dan Sufmi Dasco.

"Pak Fadli bagus, Pak dasco menurut saya lebih bagus, tapi ya keduanya bagus," kata Habiburokhman di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa 14 Agustus 2019, malam.

Habiburokhman mengatakan, Wakil Ketua DPR nantinya harus bisa bekerja sama dengan semua pihak, bisa maksimal dalam menggunakan kewenangan. Kemudian, poin kedua ditegaskan Habiburokhman, adalah bahwa Wakil Ketua DPR harus sesuai latar belakang keilmuan.

"Kalau misalnya Wakil Ketua DPR bidang polhukam, menurut saya pasnya adalah orang yang berlatar advokat atau orang hukum, Pak Dasco ini kan orang hukum. Advokat juga sebelum di DPR, jadi bisa lebih executable apa yang dia ingin lakukan karena dia paham persoalan teknis terkait hukum," jelas dia.

Habiburokhman mencontohkan, langkah Dasco yang executable telah dilakukan pada pascaaksi 21 22 Mei di Bawaslu. Secara sigap, Dasco langsung menjadi penjamin bagi beberapa orang yang diduga terlibat aksi yang berujung bentrok tersebut.

"Karena dia memang advokat yang paham sekali seluk beluk persoalan hukum, seperti itu," Habiburokhman menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya