Mudik Dilarang, Polisi Jaga Pelabuhan Alternatif untuk Menyeberang ke Sumatera

Selain Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) yang ada di Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten dijaga oleh kepolisian.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 24 Apr 2020, 14:15 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2020, 14:13 WIB
Gerbang Tol Tangerang-Merak
Gerbang Tol Tangerang-Merak (Yandhi Deslatama/Liputan6)

Liputan6.com, Cilegon - Selain Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) yang ada di Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten dijaga oleh kepolisian. Lantaran, setiap arus mudik, BBJ menjadi pelabuhan alternatif untuk menyeberang dari Pulau Jawa menuju Sumatera, tepatnya di Pelabuhan Panjang, Lampung.

Pelabuhan BBJ dijaga untuk memastikan arus mobilisasi dan pengiriman bahan baku tetap terkendali, hingga tidak terjadi pengangkutan penumpang di kendaraan. Karena memang Pelabuhan BBJ khusus untuk mengangkut kendaraan truk dan bahan pokok.

Jika ditemukan kendaraan umum atau yang mengangkut penumpang untuk mudik, maka akan disuruh putar balik atau kembali ke daerah asalnya.

"Ada beberapa sekatan juga, kita siapkan di tiga titik, di Gerem bawah, Gerem Atas, Merak dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ)," kata Kasatlantas Polres Cilegon, AKP Ali Rahman, dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Jumat (24/04/2020).

Pemudik dari Pulau Jawa dengan tujuan Sumatera, check point-nya berada di depan Pelabuhan Merak. Sehingga diharapkan tidak akan ada kendaraan yang lolos untuk mudik ke kampung halamannya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Periksa Barang Bawaan

Lokasi penjagaan di sekitar Pelabuhan Merak fokus di Gerbang Tol (GT) Merak, Gerem Bawah dan di pintu masuk pelabuhan. Jika ada kendaraan pemudik, maka akan disuruh putar balik.

"Pemudik dari Pulau Jawa yang menuju Sumatera, etape terakhirnya ada di Merak, ada beberapa cara bertindak dan polanya. Bahwa terindentifikasi kendaraan pemudik, itu kita kembalikan, harus putar balik," terangnya.

Meskipun melalui jalur tikus atau coba mengelabui petugas dengan memilih jalur yang dianggap aman, tetap akan tersekat di check point Pelabuhan Merak yang di jaga 24 jam. Bahkan jika diperiksa oleh personel gabungan mengaku tidak mudik, tetap akan di cek barang bawaan dan ciri-ciri pemudik lainnya.

"Jadi pepindahan moda transportasi AKAP sudah dihentikan, kalau AKDP masih bisa kita laksanakan, kecuali ke wilayah Tangerang Raya. Karena kan enggak mungkin nyebrang sendiri, enggak usah kucing-kucingan," jelas Ali.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya