Wamendes Geram saat Sidak BLT Terkait Corona di Purwakarta, Ada Apa?

Wamendes Budi Arie juga terkejut begitu mengetahui data BLT Dana Desa malah berada di rumah kepala desa.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 22 Mei 2020, 18:01 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2020, 18:01 WIB
'Banyak Pilihan Untuk Jokowi'
Ketua Umum DPP Projo Budi Arie Setiadi berbicara saat diskusi polemik bertajuk 'Banyak Pilihan Untuk Jokowi' di Jakarta, Sabtu (7/2/2015). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi geram saat sidak bantuan langsung tunai (BLT) ke sejumlah desa di Purwakarta.

Di kantor Desa Sukatani, dia mengaku tak menemukan kepala desanya. Hanya ada satu pengurus di sana.

"Saya dapat informasi bahwa bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa yang seharusnya Rp 600.000 setiap keluarga per bulan, hanya digelontorkan Rp 50.000 sampai Rp 100.000 per keluarga," kata Budi saat sidak dalam keterangannya, Rabu (22/5/2020).

Di dalam kantor desa, lanjut dia, juga tidak menemukan data penyaluran dana desa yang dipampang. Tak lama kemudian akhirnya dia bertemu Sekdes Desa Sukatani.

Wamendes Budi Arie juga terkejut begitu mengetahui data BLT Dana Desa malah berada di rumah kepala desa.

"Loh, data kok di rumah Pak Kades? Data Dana Desa harus dipasang di kantor desa supaya masyarakat tahu. Ini untuk transparansi," jelasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Jangan Sampai Ada Penyelewengan

Usai menjelaskan, dia pun melanjutkan ke Desa Legok Sari, Kecamatan Darangdan. Dia pun tak bisa menemukan siapapun di sana karena kantor kosong.

Budi pun berpesan, jangan sampai ada penyelewengan terhadap BLT desa tersebut.

"Penyelewengan dana desa bisa menjadi masalah hukum. Kepolisian dan aparat hukum akan menanganinya jika ada bukti-bukti. Keterlaluan sekali, nasib rakyat dipermainkan," ujarnya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya