Angka Kematian Covid-19 Naik, Wagub DKI: Kalau Ada Gejala Langsung Periksa

Termasuk juga warga yang sudah melakukan vaksinasi dan merasakan ada gejala Covid-19, dapat melaporkan ke Puskesmas atau dokter terdekat.

oleh Ika Defianti diperbarui 18 Mar 2021, 13:18 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2021, 13:14 WIB
Wagub DKI Cek RSUD Pasar Minggu
Wakil Gubernur DKI Riza Patria meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) khusus Covid-19 di Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Kunjungan Riza guna mengecek mulai dari kecukupan dokter dan seluruh tenaga kesehatan pendukungnya hingga stok obat-obatan di rumah sakit (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membenarkan adanya kenaikan tingkat kematian pasien Covid-19 di Ibu Kota. Kata dia, berdasarkan data dari Dinkes DKI peningkatan tersebut sebesar 0,1 persen dari 1,6 persen menjadi 1,7 persen.

"Disebabkan karena lambatnya pemeriksaan dari warga. Jadi warga kalau ada gejala sedikit, jangan sungkan," kata Riza di Balaikota, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2021).

Termasuk juga warga yang sudah melakukan vaksinasi dan merasakan ada gejala Covid-19, dapat melaporkan ke Puskesmas atau dokter terdekat.

"Pasti ada saudara, keluarga, teman yang menjadi dokter, telepon setidaknya. Kemudian berangkat segera, periksakan," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia angkat bicara terkait adanya kenaikan jumlah kematian pasien Covid-19 di Ibu Kota.

Menurut dia, hal tersebut karena terlambatnya pasien Covid-19 menjalani pengobatan di rumah sakit (RS) rujukan.

"Jadi jangan sampai kemudian merasa sudah punya keluhan kesehatan kemudian (berpikir) tidak mungkin terkena Covid-19. Kemudian menunda sampai lebih berat akibatnya lebih sulit untuk ditangani," kata Dwi saat dihubungi, Rabu (10/3/2021).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Langkah Awal Pertolongan

Karena hal itu, dia meminta agar masyarakat segera ke RS bila merasakan gejala Covid-19. Hal tersebut sebagai langkah awal pasien mendapatkan pertolongan.

"Tentu orang harus diingatkan terus untuk tidak menunda berobat saat dia mengalami keluhan kesehatan," ucapnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya