Polda Metro Klaim Jakarta Sudah Capai Herd Immunity, Vaksinasi Tembus 95,5 Persen

Kabid Humas Polda Metro Jaya menyebut bahwa Jakarta telah mencapai herd immunity setelah 95,5 persen warganya telah disuntik vaksin Covid-19 dosis satu.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 10 Agu 2021, 15:39 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2021, 15:38 WIB
Pemprov DKI Percepat Vaksinasi Dosis Kedua
Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Senin (2/8/2021). Pemprov DKI akan mempercepat pemberian dosis kedua sebagai upaya mempercepat herd immunity di Ibu Kota usai tercapainya target vaksinasi dosis pertama sebesar 7,5 orang. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya turut membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencapai target terwujudnya herd immunity atau kekebalan komunal lewat vaksinasi Covid-19.

Melalui program Vaksinasi Merdeka, Polda Metro Jaya terus menggenjot target penerima vaksin Covid-19 di DKI Jakarta untuk mencapai herd immunity.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, vaksinasi Covid-19 dosis pertama di DKI Jakarta tertinggi se-Indonesia. Total 95,5 persen warga di Jakarta telah disuntik vaksin dosis pertama.

"Alhamdulillah Jakarta sudah 95,5 persen lebih, dengan harapan kita inilah upaya membentuk herd immunity dengan vaksinasi," ujar Yusri di Polres Metro Jakarta Utara, Selasa (10/8/2021).

Yusri mengklaim, perolehan vaksinasi Covid-19 di Jakarta telah memenuhi target untuk mencapai herd immunity.

"Menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia) 70 persen. Hari ini Jakarta sudah 95,5 persen, sudah melewati herd immunity WHO," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Vaksinasi dan Prokes

FOTO: DKI Jakarta Kerahkan Mobil Vaksin COVID-19 Keliling
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga saat vaksinasi keliling di Kebon Kacang, Jakarta, Jumat (9/7/2021). Mobil vaksin COVID-19 keliling diluncurkan guna mempercepat pencapaian target vaksinasi COVID-19 untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Yusri menerangkan vaksinasi dan protokol kesehatan (prokes) adalah upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dia menyebut, telah banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah, Polri, dan TNI untuk melaksakan percepatan vaksinasi Jakarta.

"Jakarta barometer, termasuk Polda Metro Jaya juga membentuk Vaksin Merdeka," katanya.


Infografis Total Vaksin Covid-19 dan Target Herd Immunity

Infografis Total Vaksin Covid-19 dan Target Herd Immunity. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Total Vaksin Covid-19 dan Target Herd Immunity. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya