Pemerintah Waspadai Varian Covid-19 Lambda, Mu, dan C.1.2

Agar tiga varian covid-19 itu tidak masuk ke Indonesia, Pemerintah mengambil langkah memperketat penjagaan di pintu masuk internasional.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Sep 2021, 15:24 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2021, 15:24 WIB
menkes
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menjadi pembicara dalam webinar Hari Puncak Pekan Menyusui Sedunia 2021 dengan tema Perlindungan Menyusui: Tanggung Jawab Bersama, Rabu (25/8/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia mewaspadai masuknya varian baru Covid-19. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut ada tiga varian baru yang perlu diantisipasi. Yaitu, varian Lambda, varian Mu, dan varian C.1.2.

"Sebagai antisipasi, kita mengamati ada tiga varian baru yang kita amati dari dekat. Pertama ada Lambda, kedua Mu, dan ketiga Varian C.1.2," ujar Budi saat rapat dengan Komisi IX DPR RI, Senin (13/9/2021).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kata Budi, sudah memasukan varian Lambda dan Mu dalam kategori variant of interest (VoI). Dua varian Covid-19 itu telah berasal dari Amerika Selatan.

Varian Lambda telah terdeteksi di 42 negara. Sementara, varian Mu yang lebih cepat menular tercatat di 49 negara. Budi mengatakan, dua varian tersebut lebih kebal terhadap vaksin.

"Analisa secara scientific masih dilakukan apa dampaknya. Tapi yang paling sering keluar di jurnal-jurnal bahwa kedua varian ini memiliki kemampuan untuk menghindari sistem kekebalan tubuh kita, sehingga efektivitas dari vaksin yang diberikan akan menurun terhadap dua varian ini," jelasnya.

Pemerintah juga mengantisipasi varian C.1.2 yang ditemukan di Afrika Selatan. Selain kebal vaksin Covid-19, varian ini cepat bermutasi.

"Sedangkan Varian C.1.2 ditemukan di Afrika Selatan. Kenapa ilmuwan sangat khawatir terhadap varian ini? Karena varian ini mutasinya banyak sekali. Sama seperti yang lainya, bisa menghindari sistem kerja imunitas kita yang sudah terbentuk berdasarkan varian-varian sebelumnya," ujar Budi.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perketat Penjagaan Pintu Masuk

Menkes Budi Gunadi Sadikin tentang pengadaan vaksin COVID-19. (Foto: jabarprov.go.id)
Menkes Budi Gunadi Sadikin tentang pengadaan vaksin COVID-19. (Foto: jabarprov.go.id)

Untuk itu, pemerintah mengambil langkah memperketat penjagaan di pintu masuk internasional. Seperti bandara, laut, serta dara. Sistem karantina bagi pelaku perjalanan internasional juga akan diperketat.

"Penting bagi kita untuk menjaga border perbatasan kita, pintu-pintu masuk internasional, memperketat yang namanya entry dan exit test, termasuk mendisiplinkan proses karantina," ujar Budi.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya