Momen Jokowi Pertama Kali Jajal Traktor untuk Tanam Jagung

Presiden Jokowi mengaku tidak merasa kesulitan meski baru pertama kali mengemudikan traktor untuk menanam jagung.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 23 Nov 2021, 15:39 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2021, 14:54 WIB
Jokowi jajal traktor untuk menanam jagung
Presiden Jokowi mengendarai traktor untuk menanam jagung. (Sumber Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanam jagung bersama para petani dan masyarakat di Kabupaten Jenoponto, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11/2021). Kali ini, Jokowi menanam benih jagung menggunakan traktor.

Kendati ini kali pertamanya membawa traktor, Jokowi mengaku tak merasa kesulitan. Dia hanya diajari sebentar mengendarai traktor oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

"Tadi, saya juga kan baru. Hari ini saya bisa pegang traktor dan sangat mudah sekali, tadi diajari sebentar oleh Pak Menteri Pertanian," kata Jokowi sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 13.38 WITA dengan didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan disambut Mentan Syahrul Yasin Limpo. Usai meninjau panel, Jokowi langsung menuju lahan pertanian bersama sejumlah petani.

Dia pun mulai mendorong alat tanam jagung atau corn planter dan diikuti oleh para petani secara serentak. Usai menanam benih jagung sepanjang kurang lebih 100 meter, Jokowi menaiki traktor yang telah terparkir di lokasi.

"Tadi kan kita melakukan penanaman dengan planter untuk khusus jagung, tapi juga tadi saya mencoba untuk penanaman dengan traktor yang di belakangnya ada planter-nya," jelasnya.

Traktor berwarna hijau yang dikendarai Jokowi melaju perlahan di hamparan lahan. Bersama Menteri Pertanian, Jokowi berkeliling satu putaran lahan. Dia kemudian mengendarai traktor seorang diri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Petani Perlu Dikenalkan Alat Semiberat

Jokowi jajal traktor untuk menanam jagung
Presiden Jokowi diajari Mentan Syahrul Yasin Limpo mengendarai traktor untuk menanam jagung. (Sumber Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi menilai pemanfaatan alat mekanis pertanian seperti traktor dibutuhkan jika lahan garapan para petani sangat luas, sehingga penanaman bisa lebih efektif. Dia juga ingin para petani lainnya dapat menggunakan alat-alat semiberat untuk penanaman.

"Saya kira dua-duanya baik tetapi kalau dalam hamparan yang sangat luas memang yang paling cepat adalah memakai traktor, cepat sekali," ucapnya.

"Saya kira mekanisasi seperti ini juga perlu dikenalkan kepada seluruh petani agar penggunaan alat-alat semiberat seperti ini bisa juga dilakukan," sambung Jokowi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya