Ular Sanca 4,5 Meter Ditemukan di Bekasi, Diduga Mangsa Kucing Warga

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi mengevakuasi seekor ular sanca berukuran 4,5 meter di kawasan Cevest Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK), Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat.

oleh Bam Sinulingga diperbarui 19 Mar 2022, 11:41 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2022, 11:41 WIB
Dua ekor ular sanca berukuran 3 dan 4 meter yang diduga melilit seorang remaja hingga tewas sepekan lalu, di Serpong, Kota Tangerang Selatan, berhasil ditangkap
Dua ekor ular sanca berukuran 3 dan 4 meter yang diduga melilit seorang remaja hingga tewas sepekan lalu, di Serpong, Kota Tangerang Selatan, berhasil ditangkap (Liputan6/Pramita)

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi mengevakuasi seekor ular sanca berukuran 4,5 meter di kawasan Cevest Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK), Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Komandan Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Pleton C Kota Bekasi, Rahmat, mengatakan bobot ular mencapai 80 kilogram. Hewan reptil itu pertama kali ditemukan oleh seorang warga yang hendak membersihkan alang-alang di sekitaran lokasi.

"Karena banyak alang-alangnya, jadi kaya mau dibersihin gitu. Ternyata di bawah rerumputan itu salah seorang pegawai melihat ada seekor ular," katanya, Sabtu (19/3/2022).

Menurutnya, ular sanca tersebut diduga telah memangsa kucing warga sekitar. Pasalnya, ada seorang warga yang tinggal di dekat lokasi, yang mengaku kehilangan tiga kucingnya.

"Ada informasi dari warga, kucing miliknya ini sudah hilang tiga ekor, yang dimungkinkan sudah dimakan oleh ular itu. Ketika evakuasi juga ularnya dalam kondisi diam nggak ada pergerakan atau tengah tidur," ujar Rahmat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sulit Mencari Kepala Ular

Sedikitnya tujuh personel damkar dikerahkan untuk mengevakuasi ular berukuran besar tersebut. Proses evakuasi berjalan cukup lancar, meski petugas sempat kesulitan mencari kepala ular.

"Evakuasinya tidak terlalu sulit, karena posisi ular ada di reruntuhan bekas potongan kayu-kayu. Dan yang sulit kita susah cari kepalanya saja," tandas Rahmat.

Ular sanca tersebut kini telah diamankan dan nantinya akan diserahkan ke komunitas sahabat reptil Bekasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya