Moeldoko: Hari Anak Nasional Momentum Wujudkan Generasi Emas 2045

Moeldoko mengamini, tantangan terhadap masa depan anak Indonesia masih besar. Namun dia memastikan, pemerintah akan terus mendukung guna mencetak generasi unggul di hari mendatang.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 24 Jul 2022, 10:54 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2022, 09:05 WIB
Kepala Staf Presiden Moeldoko. (Foto: Humas KSP)
Kepala Staf Presiden Moeldoko. (Foto: Humas KSP)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko turut memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang jatuh pada Sabtu, 23 Juli kemarin. Menurutnya, HAN harus menjadi momentum untuk mewujudkan generasi emas 2045. 

“Generasi emas diharapkan menjadi generasi unggul, bermartabat, mampu menguasai, memanfaatkan perkembangan sains dan teknologi, serta memiliki karakter nilai-nilai ideologi Pancasila dan nasionalisme,” kata Moeldoko dalam keterangan pers diterima, Minggu (24/7/2022).

Moeldoko menambahkan, menjadi tugas negara dalam mewujudkan generasi emas di tengah pandemi COVID-19 dan tantangan peradaban baru. Karena itu, HAN harus jadi momentum yang saling memperkuat komitmen, sinergi, dan kolaborasi wujudkan generasi emas 2045. 

Eks Panglima TNI ini menilai, mewujudkan generasi emas dapat dibangun dengan sistem perlindungan dan pemenuhan hak anak sejak dalam kandungan. Untuk itu, pemerintah telah merancang road map untuk melahirkan generasi-generasi unggul melalui berbagai program dan kebijakan. 

"Ini semua wujud nyata keseriusan Presiden Jokowi dalam menciptakan generasi unggul," yakin Moeldoko.

Moeldoko mencontohkan, terdapat sejumlah program pemerintah yang berbasis pada tumbuh kembang anak, seperti Manajemen Talenta Nasional, Inpres Jaminan Persalinan (Jampersal), Perpres percepatan penurunan stunting, Perpres penanggulangan tuberkulosis, hingga Perpres penanganan kekerasan pada anak. 

“Melalui Peraturan Pemerintah No 78/2021, negara juga hadir untuk anak yang membutuhkan perlindungan khusus. Seperti anak berhadapan dengan hukum, menjadi korban jaringan terorisme, korban kekerasan dan kejahatan seksual, dan menjadi korban dalam situasi darurat atau bencana,” urai Moeldoko.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tantangan Masa Depan Anak Masih Besar

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional tahun 2022 di Kebun Raya Bogor, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 23 Juli 2022 pagi. (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Moeldoko juga menyampaikan apresiasi kepada kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat, yang telah bekerja keras menurunkan stunting, kekerasan, perkawinan usia anak, dan penurunan pekerja anak.

"Termasuk capaian vaksin anak yang juga sangat luar biasa. KSP mengapresiasi kerja keras semua stakeholder yang terlibat," bangga Moeldoko. 

Namun Moeldoko mengamini, tantangan terhadap masa depan anak Indonesia masih besar. Dia memastikan, pemerintah akan terus mendukung guna mencetak generasi unggul di hari mendatang.

“Untuk mempersiapkan anak-anak Indonesia menjadi generasi unggul mari kita  pastikan anak Indonesia terlindungi. Selamat Hari Anak Nasional 2022,” kata Moeldoko menandasi.

Infografis 6 Cara Jaga Anak Aman Berinternet Saat Pandemi Covid-19
Infografis 6 Cara Jaga Anak Aman Berinternet Saat Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya