Sukseskan PTM di Sekolah dan Pesantren, Okky Fun Track Digelar di 800 Titik

Dalam rangka menyukseskan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah dan pesantren di seluruh Indonesia, Okky Jelly Drink menggelar Okky Fun Track di SMP PGRI 1 Ciputat, pada Senin (22/8/2022).

oleh Fachri pada 22 Agu 2022, 16:24 WIB
Diperbarui 22 Agu 2022, 16:22 WIB
Okky Jelly Drink.
Okky Fun Track diselenggarakan di SMP PGRI 1 Ciputat. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka menyukseskan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah dan pesantren di seluruh Indonesia, Okky Jelly Drink menggelar Okky Fun Track di SMP PGRI 1 Ciputat, pada Senin (22/8/2022). Okky Fun Track ini digelar di 800 sekolah dan pesantren serta tak kurang setengah juta anak akan merasakan dampak positif dari program ini.

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah mulai dilaksanakan oleh Kemendikbudristek di tahun 2022. Menurut survei yang dilakukan Okky Jelly Drink, sebagian besar anak merasa gembira dengan PTM. Chief Marketing Officer PT Suntory Garuda Beverage Ade Savitri mengatakan bahwa kegembiraan anak-anak tersebut tidak mudah di masa transisi pembelajaran dari daring ke luring tidak mudah.

“Beberapa anak mengaku, membutuhkan lebih banyak aktivitas yang menyenangkan di sekolah selama PTM ini. Mereka juga dapat bermain bersama teman-teman dan mengembangkan bakatnya. Oleh karena itu, kami meluncurkan Okky Fun Track dan Okky Big Star,” jelas Ade.

“Kedua program ini membawa ekstra semangat melalui unjuk bakat seni dan olahraga, serta berbagai permainan yang seru guna dukung anak mengekspresikan dirinya,” tambahnya.

Dalam diskusi panel Okky Fun Track hari ini, turut dihadiri oleh Rolen Ria (digital creator seputar parenting), Timotius Mulyadi (perenang nasional dan juri Okky Big Star), dan Even Afriansyah (Guru BK SMP PGRI 1 Ciputat).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukung Anak Semangat PTM

Okky Jelly Drink.
Okky Fun Track diselenggarakan di SMP PGRI 1 Ciputat. (Foto: Istimewa)

Pada survei terbatas yang dilakukan di Jakarta pada bulan Agustus 2022 terhadap 150 anak dan remaja berusia 10-15 tahun, 85% mengaku lebih bersemangat belajar dengan tatap muka di sekolah karena dapat bermain bersama teman dan jajan minuman segar saat istirahat. 

Kendati demikian, 77% menjawab tantangan dalam mengikuti PTM adalah jam belajar yang lebih panjang dan kelelahan harus mengimplementasikan Protokol Kesehatan seperti pemakaian masker selama kegiatan belajar luring yang rata-rata mencapai lebih dari tujuh jam setiap harinya. Lebih lanjut, 83% anak memilih olahraga dan musik sebagai kegiatan yang memberikan kegembiraan pada PTM.

Bagi Rolen Ria, ada beberapa tantangan yang dihadapi ketika anak belajar secara daring dan luring yang dapat mempengaruhi semangat anak dalam kegiatan belajar.

“Pas pandemi, pembelajaran dilakukan secara daring, di situ adanya learning loss, ketidakcakapan dalam komunikasi sosial, dan buat anak cemas yang bisa menurunkan motivasi belajarnya hingga 75%. Di situ, PR kita sebagai orangtua dalam mengembalikan semangatnya,” katanya.

“Kalau di PTM, tantangannya adalah kita harus lebih sabar, karena transisi tidak mudah, dari yang biasa saja, tiba-tiba pelajaran makin banyak dan aktivitas jadi lebih banyak, dan juga protokol kesehatan mempengaruhi,” pungkasnya.

Untuk itu, Rolen Ria memberikan tips bagi orangtua agar anak mereka tetap semangat dalam mengikuti PTM di sekolah.

“Kita harus jelasin ke anak tujuan PTM. Orangtua dan guru juga harus ekstra sabar dan ekstra semangat. Karena mental health sangat concern saat ini, kita sebagai orangtua harus open anak untuk konseling. Dan yang paling penting, dukung kegiatan anak yang disukai, jika itu non-akademis,” jelasnya.

Menurut Evan Afriansyah tantangan pembelajaran yang dihadapi sekolah pada pembelajaran daring lebih besar dibandingkan dengan luring. Baginya, kondisi ekonomi sangat mempengaruhi pembelajaran daring saat itu.

“Dari pembelajaran daring, total siswa 700 dan tidak sampai 50% itu mengikuti. Tantangannya adalah ketidaksiapan peserta didik karena masalah kuota internet yang tidak bisa dipenuhi orangtua murid,” jelasnya.

“Dan ketika PTM dilaksanakan, kita malah bersyukur melihat wajah putra dan putri kita bahagia di sekolah,” tambahnya.


OKKY Beri Ekstra Semangat

Okky Jelly Drink.
Timotius Mulyadi bersama siswa SMP PGRI 1 Ciputat. (Foto: Istimewa)

Sebagai salah satu sekolah yang disambangi Okky Fun Track, Cartam Kepala Sekolah SMP PGRI 1 Ciputat mengatakan bahwa sejalan dengan semangat perayaan HUT ke-77 RI yang mewujudkan harapan untuk bersama Pulih Lebih Kuat, Bangkit Lebih Cepat, ia sangat menyambut baik kampanye Okky Fun Truck.

“Kampanye yang kreatif ini merupakan bentuk dukungan nyata agar anak-anak semakin optimis dan bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi pasca dua tahun pandemi. Terlebih, kegiatan ini bukan hanya mengajak anak bermain dan bersenang-senang, tetapi juga anak dapat mengembangkan bakatnya di bidang seni, musik, atau olahraga dengan arahan langsung dari para influencer yang kompeten di bidangnya,” terangnya.

Pada program Okky Fun Truck dan Okky BIG Star di sekolah, anak-anak tampak begitu antusias mengikuti perlombaan, baik secara individu maupun bersama teman dan guru. Dengan arahan Timotius Mulyadi yang akrab dipanggil Timo, anak-anak berani mengekspresikan bakatnya di panggung khusus yang digelar Okky pada acara tersebut.

Ia pun merasa senang ditunjuk sebagai salah satu juri Okky BIG Star 2022, karena Timo dapat bertemu dengan anak-anak di sekolah dan melihat langsung bakat mereka yang luar biasa. 

“Saya yakin bahwa setiap anak memiliki talenta yang harus dikembangkan dan didukung. Karena itu saya mengajak setiap anak dan remaja di Indonesia untuk mengikuti Okky BIG Star, ajang kompetisi bakat yang dapat diikuti secara online melalui Instagram dan Tiktok. Mari gali kreativitas, menembus batas, menjadi generasi emas untuk sukseskan Indonesia Maju 2045!” Ajak Timo.

Selain itu, dengan semangat HUT ke-77 RI, Okky meluncurkan produk terbaru yaitu Okky Jelly Drink BIG Reborn dengan 40% lebih banyak nata de coco dan tersedia dalam rasa stroberi, blackcurrant, guava, dan jeruk yang menyegarkan. Okky selalu menjadi pilihan asik untuk menunda lapar dan memberikan #ExtraSemangat bagi anak agar bebas berekspresi.

Produk terbaru dari Okky Jelly Drink ini dapat dinikmati di Okky Fun Truck yang diadakan di 800 sekolah dan pesantren yang ada di berbagai daerah di Indonesia, untuk memberi semangat kepada tak kurang dari 590,000 anak dan remaja. 

Selain bisa memperoleh promo khusus untuk produk terbaru Okky Jelly BIG Reborn, di Okky Fun Truck, anak juga dapat bermain dan mengekspresikan bakatnya dengan arahan langsung dari para influencer muda, bahkan anak-anak juga dapat langsung bergabung ke ajang Okky BIG Star 2022. 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya