Anies Bertemu Gubernur Tokyo, Sepakati Kerja Sama Bidang Pendidikan

Anies menyatakan mereka juga membahas tentang potensi pertukaran pelajar, guru, dan Kepala sekolah antara Jakarta dan Tokyo.

oleh Winda Nelfira diperbarui 31 Agu 2022, 05:11 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2022, 05:11 WIB
Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pertemuan bilateral dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koike di Forum Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022 yang berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2022).(Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pertemuan bilateral dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koike di Forum Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022 yang berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2022).

Anies mengungkapkan pertemuannya dengan Yuriko membahas sejumlah hal termasuk potensi kerja sama antara Jakarta dan Tokyo. Salah satunya ialah tentang pengelolaan efek rumah kaca.

"Hari ini saya punya pertemuan bilateral dengan Tokyo, kemarin dengan Rotterdam besok dengan Wali Kota LA, semuanya membahas tentang potensi kerja sama antara kota Jakarta dengan kota-kota itu semua," kata Anies.

Selain itu, Anies menyatakan mereka juga membahas tentang potensi pertukaran pendidikan antara Jakarta dan Tokyo. Pasalnya, kata Anies, kerja sama dibidang pendidikan Jakarta-Tokyo sempat terhenti karena Covid-19.

Anies mengatakan kerja sama di bidang pendidikan itu tak hanya melibatkan pelajar tapi juga guru dan kepala sekolah antar kedua negara. Kerja sama itu kata Anies sudah disepakati dan akan segera dilangsungkan.

"Jadi kami tadi sama-sama komit untuk mengirimkan siswa dari Tokyo dan dari Jakarta mengirimkan guru dari Jakarta dan Tokyo juga kepala sekolah dari Jakarta dan Tokyo untuk saling belajar. Dan itu tadi sudah kita sepakati akan segera kita eksekusi," jelas Anies.

Anies menyebut selebihnya pertemuan itu diisi pembicaraan tentang  pengelolaan kota kedua negara. Menurut Anies masalah yang dihadapi oleh Jakarta dan Tokyo hampir sama.

"Semuanya klasik, ada satu hal yang perlu saya sampaikan di sini bawa kejadian pandemi, kemarin itu telah membuat ketimpangan dalam kota melebar," ujar Anies.

 


Bertemu Wali Kota Rotterdam

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima salah satu delegasi kota untuk Urban 20 (U20) Mayors Summit, yaitu Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutaleb di Balai Kota DKI Jakarta pada Senin (29/8/2022). 

"Saya mendapatkan kehormatan untuk menerima Wali Kota Rotterdam, Bapak Ahmed Aboutaleb. Beliau adalah Walikota Rotterdam, sebuah kota yang memiliki tantangan yang sama dengan kita, kota di tepi pantai. Kota dengan tantangan permukaan air laut yang juga mirip dengan yang dialami Jakarta," kata Anies. 

Dalam kedatangan ini, Anies dan Aboutaleb berdiskusi tentang masalah-masalah umum yang menyangkut perkembangan dunia, misalnya inflasi, pangan, dan air. 

"Tadi kita berdiskusi tentang masalah-masalah umum yang menyangkut perkembangan dunia. Jadi dari mulai persoalan inflasi sampai dengan masalah penanganan soal air, penanganan soal pangan. adi sangat luas diskusi yang kita bahas tadi," tambah Anies. 

Anies juga mengatakan, banyak staf yang dikirim ke Belanda untuk membahas masalah pengelolaan kota. 

"Ada banyak staf Jakarta yang dikirim ke Belanda melalui program Detect. Mereka mendapatkan pengalaman dari masyarakat dan pengelola kota khususnya di Rotterdam tentang pengelolaan air yang itu kemudian menjadi pembelajaran bagi tim kita di sini," kata Anies. 

Adapun U20 akan berlangsung Pada 30-31 Agustus 2022 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat. Tahun ini, U20 akan berfokus pada isu dan tantangan akibat pandemi COVID-19 yang dihadapi oleh kota-kota di dunia. 

 

Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya