PP Perti Lanjutkan Pembenahan Menuju Peringatan Satu Abad

Komitmen terpenting tersebut adalah agar seluruh kekuatan Perti terus mengaktualisasikan spirit dan hakikat khittah 1928.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Mei 2024, 20:21 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2023, 10:40 WIB
perti
Ketua Umum PP Perti (Persatuan Tarbiyah Islamiyah) Drs. HM Syarfi Hutahuruk, MM saat berpidato di malam puncak Peringatan Milad ke-96 Persatuan Tarbiyah Islamiah di Jakarta, Minggu (5/4/2024). (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Sebagai organisasi yang mendekati usia jelang satu abad, masih banyak tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan PB Perti dalam upaya pembenahan secara internal yang juga menjadi bagian dari komitmen persatuan serta ikhtiar darma bakti untuk kemajuan Indonesia.

"Untuk itu ada sejumlah komitmen yang harus dilakukan seluruh anggota agar tujuan tersebut bisa tercapai," kata Ketua Umum PP Perti (Persatuan Tarbiyah Islamiyah) Drs. HM Syarfi Hutahuruk, MM dalam pidatonya di malam puncak Peringatan Milad ke-96 Persatuan Tarbiyah Islamiah di Jakarta, Minggu (5/4/2024).

Komitmen terpenting tersebut adalah agar seluruh kekuatan Perti terus mengaktualisasikan spirit dan hakikat khittah 1928, di tiga bidang utama yakni, pendidikan, dakwah dan sosial. Khittah yang saat ini memerlukan pembenahan dalam kembali memajukan Perti jelang usianya yang mendekat satu abad.

Selain itu, para pengurus dan pimpinan Perti di semua tingkatan untuk terus meningkatkan kerja sama organisatoris dan konstruktif dengan dengan lembaga pendidikan MTI, pondok pesantren dan sejenisnya sekaligus memperkuat gerakan akhlak, etika dan moral bangsa melalui pendidikan, dakwah dan sosial. Sehingga dari upaya tersebut diharapkan tercapainya konsolidasi organisasi secara lebih efektif dan terencana.

Dengan mengambil tema Berbenah dan Bersatu Menuju Indonesia Maju Menuju Satu Abad Perti tersebut, dimaksudkan sebagai satu bentuk kesadaran kolektif bahwa Perti secara keseluruhan serius berbenah dan terus memperkokoh persatuan. Hal ini sebagai sebuah ikhtiar untuk memberikan dharma bakti terbaik bagi kemajuan Indonesia.

Pemikiran tersebut tidak lepas dari apa yang jadi pemikiran pendiri, serta penggerak, maupun jamaah Perti sejak awal didirikan. Karena dalam perjalanan sepanjang itu, Perti menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan umat Islam Indonesia dalam memajukan bangsa dan negara.

Dikatakan leih jauh oleh Syarfi bahwa kekuatan dan fokus perjuangan Organisasi yang didirikan oleh Syek Sulaiman Ar Rasuli pada 5 Mei 1928 di Canduang Sumatera Barat itu tak cuma sebagai organisasi sosial kemasyarakatan dengan konsentrasi utama pada bidang pendidikan.

Karena pada bidang lain, organisasi ini juga turut aktif sebagai kekuatan masyarakat, pada saat tertentu pernah menjadi kekuatan sosial politik, Partai Islam Perti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menuntut Pembenahan Diri

Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadiri Milad PERTI di Padang. (Liputan6.com/ Novia Harlina)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadiri Milad PERTI di Padang. (Liputan6.com/ Novia Harlina)

Kini setelah menjalani proses Islah, pimpinan Perti terus melaju sebagai gerakan sosial keumatan dan kebangsaan. Apalagi kekuatan pergerakan Perti sebagai ormas menuntut pembenahan diri yang tiada hentinya.

Untuk itu pembenahan yang dilakukan dalam pengarusutamaan kekuatan jaringan organisasi dan individu di luar pemerintah yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama demi kepentingan masyarakat.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya