DKI Jakarta Kerahkan 1.760 Pasukan Oranye Saat Perayaan Natal

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta bakal mengerahkan sebanyak 1.760 pasukan oranye untuk menjaga kebersihan DKI Jakarta saat Natal 2022 mendatang.

oleh Winda Nelfira diperbarui 21 Des 2022, 20:51 WIB
Diterbitkan 21 Des 2022, 20:51 WIB
Malam Jakarta yang Sepi Akibat Corona
Pasukan oranye mengumpulkan sampah di tengah Pandemi Covid-19, Jakarta, Jumat (8/5/2020). Semenjak diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan Ibu Kota membuat aktivitas warga berkurang dan jalan menjadi lengang. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta bakal mengerahkan sebanyak 1.760 pasukan oranye untuk menjaga kebersihan DKI Jakarta saat Natal 2022 mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan selama perayaan Natal 2022, pasukan oranye DLH tetap bekerja memastikan kebersihan Ibu Kota seperti biasa.

Selain itu, dia mengungkap, pihaknya telah mempersiapkan rencana operasi, satuan tugas, sarana serta armada penanganan sampah untuk mengantisipasi penumpukan sampah pada momen Natal.

“Seluruh Suku Dinas Lingkungan Hidup tingkat Kota Administrasi dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup di tiap Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja di wilayah tugasnya masing-masing,” kata Asep dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Asep menyebut DLH DKI akan menurunkan minimal 40 personel penanganan kebersihan di setiap kecamatan. Nantinya, pasukan oranye juga bakal membantu membersihkan Gereja untuk persiapan perayaan Natal.

“Bahkan ada petugas yang ikut serta gotong royong membersihkan gereja bersama pengurusnya untuk mempersiapkan rangkaian perayaan natal,” kata Asep.

Tak hanya itu, DLH DKI Jakarta juga akan mengerahkan regu comot di lingkungan Gereja agar dapat bekerja sama dengan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan terkait.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prioritas

Nantinya, ujar Asep pihaknya bakal melakukan penanganan kebersihan pada Gereja dengan jumlah jemaat paling banyak terlebih dahulu.

Semisal Gereja Katedral dan Emanuel Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu Jakarta Selatan, Gereja Theresia Jakarta Timur, dan Gereja Tiberias Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara.

Antisipasi kebersihan, lanjut Asep juga akan dilakukan selama libur Natal. Terlebih, kata dia di tempat-tempat wisata Jakarta seperti di Kawasan Monas, Taman Margasatwa Ragunan, Kawasan Ancol, Kawasan Kota Tua, dan Taman Mini Indonesia Indah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya