Metro Sepekan: Jawaban Heru Budi soal Banjir hingga 1 Meter di Jakarta Timur

Hujan yang mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dari Minggu 26 Februari hingga Senin 27 Februari 2023 menyebabkan banjir terjadi tak bisa dihindari.

oleh Devira PrastiwiPutu Merta Surya PutraMuhammad Radityo PriyasmoroLiputan6.com diperbarui 06 Mar 2023, 13:44 WIB
Diterbitkan 06 Mar 2023, 08:00 WIB
Cipinang Melayu yang Kembali Terendam Banjir
Warga berjalan melintasi banjir yang merendam kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Jumat (19/2/2021) (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Hujan yang mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dari Minggu 26 Februari hingga Senin 27 Februari 2023 menyebabkan banjir terjadi tak bisa dihindari.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, hingga pukul 13.00 WIB pada Senin 27 Februari 2023, terdapat 104 RT yang tergenang banjir. Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, genangan terparah terjadi di Jakarta Timur.

Terkait hal tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan akan segera membuat genangan tersebut surut. Namun, ia menyerahkan kewenangan tersebut kepada para lurah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih menargetkan banjir surut dalam enam jam.

Key Performance Indicator (KPI) ini diterapkan pertama kali di kepemimpinan Gubernur 2017-2022 Anies Baswedan. Ada pun ini disampaikannya saat memantau ketinggian air Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, pada Rabu 1 Maret 2023 guna mengantisipasi terjadinya banjir.

Meskipun demikian, Joko juga membanggakan bantuan dari pemerintah pusat untuk mengurangi dampak dari hujan dan penanggulangan banjir.

Berita lain yang terpopuler dalam sepekan terakhir dalam sub kanal Megapolitan, News Liputan6.com adalah terkait kebakaran hebat yang melanda Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat malam, 3 Maret 2023.

Si jago merah yang membara melahap belasan korban jiwa, rumah warga, hingga kendaraan bermotor habis tak bersisa. Meski api sudah berhasil dipadamkan pada Sabtu dini hari 4 Maret 2023, namun situasi memprihatinkan pasca-kebakaran Depo Pertamina Plumpang tidak bisa dielakkan.

Pantauan Liputan6.com pukul 06.00 WIB pada Sabtu 4 Maret 2023 di lokasi, tepatnya di Jalan Tanah Merah, Plumpang, Koja, Jakarta Utara, kepulan asap putih masih tebal dan aroma hangus masih sangat pekat tercium.

Pandangan mata melihat ratusan rumah gosong dengan tembok-tembok yang masih terasa panas akibat terbakar selama berjam-jam.

Berikut deretan berita metro yang paling banyak dicari pembaca Liputan6.com dalam sepekan terakhir:


1. Banjir hingga 1 Meter di Jakarta Timur, Ini Kata Heru Budi

FOTO: Banjir Rendam Tol JORR di Kawasan TB Simatupang
Mobil menerjang banjir yang menggenangi Jalan Tol JORR di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021) (merdeka.com/Arie Basuki)

Hujan mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dari Minggu 26 Februari hingga Senin 27 Februari 2023. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, hingga pukul 13.00 WIB terdapat 104 RT yang tergenang banjir.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, genangan terparah terjadi di Jakarta Timur. Di Kelurahan Bidara Cina terdapat banjir setinggi 180 cm. Kemudian, di Kelurahan Kampung Melayu setinggi 175 cm dan Cawang setinggi 170 cm.

Terkait hal tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan akan segera membuat genangan tersebut surut. Namun, ia menyerahkan kewenangan tersebut kepada para lurah.

"Ya sebentar. Kita coba segera selesaikan. Tanya Pak Lurahnya, yang penting kan bisa ngalir ya," kata Heru Budi kepada wartawan di Kalideres, Jakarta Barat, Senin 27 Februari 2023.

 

Selengkapnya...


2. Ingin Seperti Era Anies Baswedan, Pemprov DKI Jakarta Berharap Banjir Surut 6 Jam

Anies Baswedan menyambangi lokasi banjir Jakarta
(Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan, pihak Pemprov DKI Jakarta masih menargetkan banjir surut dalam enam jam.

Key Performance Indicator (KPI) ini diterapkan pertama kali di kepemimpinan Gubernur 2017-2022 Anies Baswedan.

Adapun ini disampaikannya saat memantau ketinggian air Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, pada Rabu (1/3/2023) guna mengantisipasi terjadinya banjir.

"KPI itu tentunya menjadi tolak ukur kita juga. Ya kalau beliau, pemerintahan sebelumnya mengatakan 6 jam surut, kita akan berusaha. Kita sama-sama berdoa ya banjir tidak terjadi dengan curah hujan yang sedemikian ini," kata Joko kepada wartawan, Rabu 1 Maret 2023.

Meskipun demikian, dia juga membanggakan bantuan dari pemerintah pusat untuk mengurangi dampak dari hujan dan penanggulangan banjir.

 

Selengkapnya...


3. Penampakan Pasca-Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Rumah hingga Kendaraan Hangus

pasca kebakaran depo Pertamina Plumpang
Suasana pemukiman warga hangus terbakar dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak, Jakarta, Sabtu (4/3/2023) (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kebakaran hebat melanda Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat malam, 3 Maret 2023. Si jago merah yang membara melahap belasan korban jiwa, rumah warga, hingga kendaraan bermotor habis tak bersisa.

Meski api sudah berhasil dipadamkan pada Sabtu dini hari 4 Maret 2023, namun situasi memprihatinkan pasca-kebakaran tidak bisa dielakkan. 

Pantauan Liputan6.com pukul 06.00 WIB di lokasi, tepatnya di Jalan Tanah Merah, Plumpang, Koja, Jakarta Utara, kepulan asap putih masih tebal dan aroma hangus masih sangat pekat tercium.

Pandangan mata melihat ratusan rumah gosong dengan tembok-tembok yang masih terasa panas akibat terbakar selama berjam-jam.

Tak luput sisa kerangka kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor juga ludes diamuk api.

 

Selengkapnya...

Infografis Habis Hujan Deras Terbitlah Banjir Jakarta
Infografis Habis Hujan Deras Terbitlah Banjir Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya