Sandiaga Loncat ke PPP, Waketum Gerindra: Silakan, Tak Perlu Minta Restu Prabowo

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, menegaskan rencana Sandiaga Uno untuk keluar dari Partai Gerindra dan pindah ke PPP, bukan urusan Ketua Umum Prabowo Subianto.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 10 Apr 2023, 16:09 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2023, 16:09 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Sandiaga Uno.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah bertemu dengan Sandiaga Uno. (Twitter Sandiaga Uno)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, menegaskan rencana Sandiaga Uno untuk keluar dari Partai Gerindra dan pindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP), bukan urusan Ketua Umum Prabowo Subianto. Masalah itu, ditegaskan Habiburokhman, urusan Sandiaga sendiri.

"Soal Pak Sandi ini kita bingung loh, mau pindah kok yang ditanya Partai Gerindra. Kita itu bukan satu dua kali orang keluar partai. Semua partai pasti mengalami, ya monggo silakan kok," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (10/4/2023).

Habiburokhman menegaskan, tiap kader yang ingin hengkang dari partai dipersilakan tanpa perlu ada restu atau tidak dari Ketua Umum.

"Enggak perlu direstui, mau keluar kok nunggu restu. Dia juga sudah ke mana-mana kok, minta restu apanya minta-minta restu. Ya monggo kita hormati kalau merasa, misalnya, ya bajunya kurang pas, ya silakan. Politik kayak begitu, loh. Ya silakan, gitu loh," kata dia.

Menurut Habiburokhman, Prabowo membuka pintu bagi siapa pun dan mempersilakan siapa saja yang ingin hengkang dari Partai Gerindra, termasuk Sandiaga Uno.

"Kok apa nunggu restu, sudah dibilangin Pak Prabowo mau keluar, ya silakan. Apalagi?" kata Habiburokhman.

"Partai Gerindra terlalu besar, Pak Prabowo terlalu besar untuk ngurus satu-dua orang seperti itu," tambah Habiburokhman.

Sandiaga Uno dikabarkan akan pindah ke PPP. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tidak melarang jika Sandiaga ingin hengkang dari partainya.

"Kalau ada yang mau pindah kita juga tidak melarang," kata Prabowo di kediaman Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (5/4/2023).

Soal merestui Sandiaga akan pindah, Prabowo tidak menjawab spesifik. "Loh kamu jangan menaruh kata-kata di mulut saya," ujar Prabowo.

Prabowo mengungkapkan, bahwa belum ada pembicaraan secara resmi Sandiaga akan pindah ke partai ka'bah. "Secara resmi belum," ucap Prabowo.

 


Pesan Prabowo untuk Sandiaga Uno: Apakah Sudah Dipertimbangkan Matang?

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menemui Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (27/3/2023).
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menemui Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (27/3/2023). (Dok. Instagram @sandiuno)

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco, menyatakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno, telah resmi berpamitan dengan Ketua Umum Prabowo Subianto. Adapun perpisahan ini rencana Sandiaga untuk pindah ke PPP.

"Pak Sandi itu sudah pamit pada waktu itu kepada Pak Prabowo. Dan Pak Prabowo menyampaikan untuk kebaikan Sandi, apakah itu sudah dipertimbangkan matang, sudah dipikirkan masak. Sebaiknya Pak Sandi memikirkan ulang untuk kebaikan dia ke depan," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (10/4/2023).

Saat ini, kata Dasco, bola berada di tangan Sandiaga Uno. Menurutnya, soal kapan dan bagaimana Sandiaga akan keluar Gerindra, hal itu bergantung pada Sandiaga sendiri, bukan pihaknya.

"Tentunya hal itu berpulang pada Pak Sandiaga. Karena Pak Prabowo itu sebanyak-banyaknya orang yang mau bergabung dengan Gerindra akan diterima dengan baik. Apabila ada yang ingin merintis karier di tempat lain, tidak akan dihalang-halangi," kata Dasco.

 

Infografis Momen Swafoto Kuatkan Wacana Duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Momen Swafoto Kuatkan Wacana Duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya