Usut Kebakaran Hotel F2 Melawai, Polisi Periksa Pemilik dan Karyawan Hotel

Rencananya, Labfor Mabes Polri juga akan dilibatkan untuk menentukkan penyebab kebakaran hotel F2 Melawai tersebut.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 18 Agu 2023, 09:42 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2023, 09:42 WIB
Ilustrasi kebakaran. (Unsplash)
Ilustrasi kebakaran hotel F2 Melawai di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Polisi turun tangan mengusut kebakaran Hotel F2 di Jalan Panglima Polim V, Melawai, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, pada Kamis, 17 Agustus 2023 malam. Tiga orang dilaporkan meninggal dunia dan tiga lainnya luka-luka dalam insiden kebakaran tersebut. 

Kapolsek Kebayoran Baru Kompol Tribuana Roseno menerangkan, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi. Berdasarkan informasi yang disampaikan diketahui sumber api berasal dari lantai 2 hotel.

"Sementara masih lidik. Saksi yang sudah diperiksa yaitu pemilik hotel F2 Melawai, resepsionis dan karyawan. Informasi awal yaitu karena kebakaran di lantai 2," kata Roseno saat dihubungi, Jumat (18/8/2023).

Tribuana mengatakan proses penyelidikan masih berjalan. Rencananya, Labfor Mabes Polri juga akan dilibatkan untuk menentukkan penyebab kebakaran hotel tersebut.

"Kami belum bisa menentukan (penyebab kebakaran). Nanti dari labfor," ujar dia.

Sebelumnya, Perwira Piket Sukur Sarwono mengatakan, api diduga berasal dari lobi lantai 2 yang dengan cepat menjalar ke barang-barang di ruangan. Hal itu, kata dia berdasarkan informasi dari pihak hotel.

"Disebabkan oleh puntung rokok kemudian merambat ke barang-barang yang ada di ruangan tersebut," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bangunan Hotel Tidak Memiliki Ventilasi

Ilustrasi Kebakaran. (Freepik/ArthurHidden)
Ilustrasi kebakaran hotel F2 Melawai di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Freepik/ArthurHidden)

Sukur mengatakan, bangunan tidak memiliki ventilasi, sehingga asap memenuhi seluruh ruangan di lantai 2 dan 3.

Sebanyak 20 unit mobil pemadam dan 85 personel dikerahkan ke untuk menjinakan si jago merah. "Api berhasil dijinakkan pada Jumat sekira pukul 02.40 WIB," ujar Sukur. 

Belum diketahui kerugian yang ditanggung oleh pemilik hotel akibat kebakaran. Namun, enam orang dilaporkan menjadi korban. Bahkan, tiga di antaranya meninggal dunia.

"Korban luka Triyana (25) berjenis kelamin laki-laki, Nadia (23) berjenis kelamin wanita dan Firmansyah (27) berjenis kelamin laki-laki. Sementara itu, tiga korban meninggal yakni Hilal (42), dan dua orang wanita yang belum diketahui identitas," ucap dia.


Polisi Libatkan Forensik Usut Kepastian Penyebab Kebakaran Hotel F2 Melawai

Rumah Keluarga Juragan Ikan Terbakar, 6 Orang Tewas
Ilustrasi kebakaran hotel F2 Melawai di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Foto: Pixabay.com

Polisi akan melibatkan tim Labolatorium Forensik untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran Hotel F2, kawasan Melawai, Jakarta Selatan pada Kamis, (17/8/2023) malam. 

Kebakaran ini menyebabkan 3 orang meninggal dunia karena terkepung asap. Sedangkan tiga orang lainnya dinyatakan selamat dari insiden tersebut.

Kapolsek Metro Kebayoran Baru, Tribuana Roseno mengatakan dugaan awal, penyebab kebakaran adalah puntung rokok yang kemudian merambat ke barang-barang lain.

"Tetap akan koordinasi dengan labfor mabes polri (untuk tentukan penyebab pasti)," kata Tribuana saat dikonfirmasi, Jumat, (18/8/2023).

Pihaknya saat ini telah melakukan pemeriksaan terhadap pemilik Hotel F2 mulai dari pemilik, manager, sekuriti, dan resepsionis.

Infografis Tragedi Kebakaran Lapas Tangerang. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tragedi Kebakaran Lapas Tangerang. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya