Pemkab Kukar Bangun Pabrik Rumput Laut, Rendi: Beroperasi di Muara Badak

Pemkab Kukar gencarkan program hilirisasi salah satunya dengan membangun pabrik pengolahan rumput laut.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 25 Okt 2023, 11:36 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2023, 11:33 WIB
Pastikan Panen Nelayan Aman, Pemkab Kukar Bangun Pabrik Rumput Laut
Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin saat acara Penyerahan Bantuan kepada Masyarakat Pesisir Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Liputan6.com, Tenggarong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) tengah gencar menjalankan program hilirisasi. Salah satunya adalah membangun pabrik pengolahan rumput laut.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menjelaskan pembangunan pabrik rumput laut itu diharapkan dapat membuat masyarakat memproduksi berbagai hasil olahan rumput laut untuk selanjutnya dipasarkan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Untuk menunjang hilirisasi budi daya rumput laut, akan dibangun pabrik rumput laut yang akan beroperasi di Muara Badak," ucap Rendi Solihin.

Rendi menyebut keberadaan pabrik rumput laut bertujuan untuk menjamin hasil panen nelayan dan dapat meningkatkan perekonomian pembudidaya rumput laut.

“Dengan pabrik sendiri nelayan rumput laut kita bisa mandiri," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bangun Infrastruktur Pendukung Lainnya

Pemkab Kukar Bangun Pabrik Rumput Laut
Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin saat acara Penyerahan Bantuan kepada Masyarakat Pesisir Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Tidak hanya itu, Pemkab Kukar juga memperhatikan infrastruktur pendukung lainnya, seperti jalan dan jembatan, termasuk pembangunan rumah sakit dan rumah ibadah.

Rendi mengatakan dukungan masyarakat memungkinkan program-program tersebut dapat dilaksanakan.

“Ini tak mungkin terjadi tanpa dukungan semua pihak termasuk masyarakat," kata Rendi. 

Sementara itu, Camat Muara Badak Arpan mengungkapkan, di bawah kepemimpinan Edi-Rendi banyak kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

”Ini tak lain untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dan bahagia," ucapnya singkat.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya