Kapolri Minta Jajarannya Kendalikan Situasi Papua Usai Ricuh Arak-Arakan Mendiang Lukas Enembe

Sigit mengaku telah meminta seluruh aparat mempersiapkan diri untuk mengamankan proses pemakaman Lukas Enembe.

oleh Tim News diperbarui 28 Des 2023, 18:13 WIB
Diterbitkan 28 Des 2023, 18:13 WIB
Rilis Akhir Tahun Polri
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memaparkan capaian kinerja saat rilis akhir tahun Polri di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (27/12/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo membenarkan adanya kericuhan dari sekelompok masyarakat saat proses arak-arakan mendiang eks Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Sempat tadi ada sedikit aksi dari beberapa kelompok masyarakat. Namun, setelah itu bisa diantisipasi," kata Kapolri usai menghadiri Deklarasi Pemilu Damai dan peresmian fasilitas baru di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (28/12/2023). 

Sigit mengaku telah meminta seluruh aparat mempersiapkan diri untuk mengamankan proses pemakaman Lukas Enembe. Dia juga meminta jajarannya bisa menjaga situasi di Papua agar tetap terkendali.

"Kami juga sudah menyampaikan kepada seluruh aparat di sana, untuk betul-betul mempersiapkan diri menghadapi dan menjaga situasi bisa tetap terkendali," ujarnya.

Jenderal bintang empat polisi itu berharap seluruh rangkaian pemakaman Lukas Enembe bisa berjalan dengan baik, tanpa adanya gangguan.

"Harapan kami mudah-mudahan sampai dengan seluruh rangkaian pemakaman almarhum Lukas Enembe ini bisa berjalan," ucap dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pj Gubernur Papua Alami Luka-luka

Sidang Vonis Lukas Enembe
Jika tidak dilunasi, makan harta benda Lukas akan disita untuk menutupi kewajiban uang pengganti. Namun jika harta bendanya tak mencukupi maka akan dipidana selama 2 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kericuhan terjadi saat iring-iringan jenazah Lukas Enembe. Dalam peristiwa itu,  Penjabat (Pj) Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun mengalami luka di kepala.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menyampaikan, jenazah Lukas Enembe rencananya akan disemayamkan di Lapangan Stakin, Jayapura dan akan dimakamkan di Koya. Dia pun masih menelusuri penyebab terjadinya kericuhan tersebut.

"Nah ini kita masih menunggu konfirmasi, masih selidiki apa sih yang menyebabkan kericuhan tersebut,” tutur Ignatius kepada wartawan, Kamis (28/12/2023).

Menurut Benny, massa yang menyambut jenazah Lukas Enembe cukup besar dan mengalami provokasi, sehingga melakukan aksi kekerasan.

 


Sejumlah Aparat Alami Luka-Luka

Kericuhan Sentani
Kericuhan sempat terjadi setelah jenazah Lukas Enembe tiba di STAKIN Sentani, Papua. (Liputan6.com/ Dok Ist)

"Ini sementara dalam penyelidikan yang menyebabkan akhirnya terprovokasi nih siapa pelaku, dan bagaimana bisa terjadi. Kemudian mereka melakukan aksi pelemparan fasilitas umum dan juga melakukan penyerangan, melakukan pelemparan batu juga kepada aparat pemerintah, maupun keamanan,” jelas dia.

"Termasuk PJ Gubernur juga kena pelemparan batu juga terluka,” sambungnya.

Selain itu, tercatat adanya aparat keamanan dari TNI Polri yang mengalami luka-luka akibat kericuhan. Selain fasilitas umum, satu kendaraan dinas juga dibakar massa.

"Jadi (untuk antisipasi) di wilayah Polresta dilakukan upaya patroli yang lebih banyak lagi personelnya, menggunakan truk dan sudah cukup banyak ya untuk memberikan rasa aman kepada mayarakat lah. Kemudian kita juga memperkuat titik rawan seperti Wena, Exco, dan Abepura kita perkuat pengamanan,” Ignatius menandaskan.

Infografis Jalan Panjang Proses Hukum Gubernur Papua Lukas Enembe. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jalan Panjang Proses Hukum Gubernur Papua Lukas Enembe. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya