Zita Anjani dan Raffi Ahmad Bagikan Makan Siang dan Susu Gratis untuk Anak PAUD

Ketua DPP PAN Zita Anjani bersama aktris Raffi Ahmad mengunjungi PAUD Harapan Bangsa di Batu Ampar, Cililitan, Jakarta Timur.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 07 Jun 2024, 16:52 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2024, 16:52 WIB
Ketua DPP PAN Zita Anjani bersama aktris Raffi Ahmad mengunjungi PAUD Harapan Bangsa di Batu Ampar, Cililitan, Jakarta Timur.
Ketua DPP PAN Zita Anjani bersama aktris Raffi Ahmad mengunjungi PAUD Harapan Bangsa di Batu Ampar, Cililitan, Jakarta Timur. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PAN Zita Anjani bersama aktris Raffi Ahmad mengunjungi PAUD Harapan Bangsa di Batu Ampar, Cililitan, Jakarta Timur.

Kunjungan keduanya dalam rangka berbagi makan siang dan susu gratis untuk anak PAUD.

Adapun, kehadiran Raffi Ahmad maupun Zita Anjani disambut antusias oleh anak-anak dan guru PAUD. Bukan hanya itu saja, masyarakat sekitar pun juga ikut memberikan sambutan yang meriah.

Menurut Zita dan Raffi, aksi yang dilakukan keduanya adalah dalam langkah mengawali program makan siang dan susu gratis yang dicanangkan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Hari ini ditemeni bersama Bunda Zita, aku bisa menyapa masyarakat yang ada di Jakarta Timur ke salah satu PAUD di sini. Bunda Zita ternyata seru banget yah," ujar Raffi Ahmad di lokasi, Jumat (7/6/2024).

Mendengar pernyataan Raffi, Zita pun ikut menimpalinya.

"Seru banget dan kita mengawali makan siang gratis oleh Prabowo-Gibran. Kita duluan yah A di Jakarta Timur," kata dia.

Menurut Zita, pemberian makan siang dan susu gratis juga dalam rangka menekan angka stunting, terlebih untuk di Wilayah Jakarta. Karena itu, dia melihat bahwa apa yang diciptakan oleh Prabowo-Gibran merupakan langkah baik, terlebih untuk anak-anak.

"Untuk mengurangi juga masalah stunting di Jakarta, karena masih banyak juga anak-anak yang stunting," ujar Zita.

 


Berterima Kasih

Sementara itu, Kepala Sekolah PAUD Harapan Bangsa Teriyanti berterima kasih atas aksi yang dilakukan oleh Zita Anjani dan Raffi Ahmad.

Ia berharap hal serupa dilakukan untuk PAUD-PAUD yang lain.

“Yah saya tuh sangat senang sekali, apalagi mengunjungi PAUD, yah cuma karena Raffi Ahmad (masyarakat antusias) karena kurang kondusif, terlalu semangat masyarakat atas kunjungan beliau berdua,” ujar Teriyanti.

Dia berharap program seperti ini bisa terus berlanjut dan dilakukan di sekolah PAUD lainnya di berbagai daerah.

“Tapi kalau untuk programnya sangat baik sekali. Kalau bisa nanti ke PAUD lainnya, berkelanjutan, berkesinambungan,” tutupnya.


Perlu Kolaborasi

Sebelumnya, Ketua Umum INKOWAPI Sharmila Yahya menilai program prioritas yang ditujukan bagi siswa sekolah dari usia sekolah dasar hingga sekolah menengah ini, diyakini akan membantu perkembangan anak dengan kecukupan gizi. 

Untuk itu, Sharmila yang juga menjabat Ketua Komite Tetap Kewirausahaan KADIN Indonesia ini menegaskan perlu adanya blueprint atau roadmap yang berkesinambungan agar tujuan menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang sehat dan berkualitas dapat terwujud.

Kolaborasi perlu dimaksimalkan untuk mendorong keterlibatan peran koperasi dan UMKM lokal dalam mensukseskan makan siang dan susu gratis ini," jelas Sharmila dikutip Minggu (28/4/2024).

Perempuan penerima Satya Lencana Pembangunan Bidang Perkoperasian dan UKM tahun 2013 ini, mengusulkan roadmap ekosistem makan siang dan susu gratis harus berkesinambungan dan berkelanjutan dari sisi hulu pengembangan UMKM dan koperasi.

Tentunya dengan mengedepankan end to end supply chain yang tepat sasaran.

"Skema penyalurannya diberikan ke siswa penerima manfaat yang disalurkan oleh koperasi dan UMKM lingkungan sekolah. Jadi koperasi sekolah juga berperan sebagai pengelola program itu sendiri," terangnya. 

Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya