BNPT Bakal Jadikan Kabupaten Bogor Pilot Project Kabupaten Kebangsaan

BNPT berharap program ini akan meningkatkan ketahanan keluarga dari keterpaparan ideologi kekerasan.

oleh Tim News diperbarui 13 Jul 2024, 06:21 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2024, 00:19 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen. Pol. Rycko Amelza Dahniel bertemy Penjabat (Pj.) Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Kantor Bupati Bogor, Jumat (12/7/2024) (Istimewa)
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen. Pol. Rycko Amelza Dahniel bertemy Penjabat (Pj.) Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Kantor Bupati Bogor, Jumat (12/7/2024) (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen. Pol. Rycko Amelza Dahniel, berencana menjadikan Kabupaten Bogor sebagai pilot project program Kabupaten Kebangsaan.

Rencananya Kabupaten Kebangsaan akan diisi dengan beragam program BNPT mulai dari desa siapsiaga, sekolah damai hingga kampus kebangsaan.

"Kami berencana membuat suatu pilot project Kabupaten Kebangsaan di Kabupaten Bogor. Ini akan menjadi kabupaten percontohan dengan menggunakan beberapa program kegiatan mulai dari desa siapsiaga, sekolah damai SMP dan SMA hingga kampus kebangsaan," jelasnya dalam Kegiatan Pertemuan dengan Penjabat (Pj.) Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Kantor Bupati Bogor pada Jumat (12/7/2024).

Rycko berharap program ini akan meningkatkan ketahanan keluarga dari keterpaparan ideologi kekerasan.

"Tujuannya untuk membangun ketahanan keluarga terhadap berbagai ideologi yang tidak sesuai dengan kehidupan kita sebagai anak bangsa," harapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sambut Positif

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyambut baik inisiasi ini dan akan segera menuangkannya dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU).

"Kami pemerintah sekaligus masyarakat Kabupaten Bogor menyambut baik inisiasi ini dan akan kita tuangkan dalam bentuk MoU. Kita tindaklanjuti dalam kegiatan - kegiatan yang real dalam rangka menjaga masyarakat kabupaten bogor dari ideologi kekerasan." ucapnya.

Sebagai penutup, Asmawa menyatakan antusiasnya untuk mendukung kehadiran museum penanggulangan terorisme. Menurutnya, Museum ini akan menjadi wadah edukasi anak - anak bangsa.

"BNPT nantinya juga memiliki museum memberikan edukasi penanggulangan terorisme. Maka, pemerintah Kabupaten Bogor akan mendukung museum ini,” ujarnya.

Infografis 5 Destinasi Wisata Super Prioritas
Pemerintah telah menetapkan 5 Destinasi Super Prioritas, antara lain Borobudur, Likupang, Danau Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo. (Dok: Tim Grafis/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya