Sewa 1.000 Mobil di IKN, Moeldoko: Untuk Hari Kemerdekaan, Tak Ada yang Mahal

Moeldoko memastikan, negara sudah merinci penggunaan anggaran untuk upacara hari kemerdekaan RI di IKN. Maka dari itu, tidak anggaran yang digunakan seenaknya karena semuanya terkontrol.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 06 Agu 2024, 13:19 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 13:17 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menegaskan, tidak ada hal yang mahal untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Menurut dia, hal itu sudah dihitung dan disiapkan dengan matang.

Pernyataan Moeldoko ini disampaikan saat menjawab anggapan publik soal negara menghambur-hamburkan uang untuk upacara HUT RI di IKN Kalimantan Timur, dengan menyewa banyak kendaraan sebagai transportasi dan kamar hotel untuk menginap pejabat dan tamu negara di hari tersebut.

"Kalau untuk national day atau hari kemerdekaan menurut saya enggak ada yang mahal. Karena itu adalah hari kita," ujar Moeldoko di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Moeldoko memastikan, negara sudah merinci penggunaan anggarannya. Maka dari itu, tidak anggaran yang digunakan seenaknya karena semuanya terkontrol.

"Bukan berarti terus penggunaan anggaran negara itu suka-suka kita. Semuanya bisa dikontrol," kata dia.

Mantan Panglima TNI itu mengajak publik tidak melihat apa yang dilakukan pemerintah di IKN saat HUT RI adalah sesuatu yang dibandingkan dengan keseharian pada umumnya. Sebab Hari Kemerdekaan seperti peringatan hari ulang tahun yang hanya dijalankan satu tahun sekali.

"Mestinya ini kan case tertentu. Memaknainya jangan disamakan apple to apple dengan situasi yang umum. Ya bagi saya untuk kepentingan Hari ulang tahun negara itu enggak ada yang mahal," tandas Moeldoko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kesiapan Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Tepat dua pekan dari hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya akan melaksanakan upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang.
Tepat dua pekan dari hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya akan melaksanakan upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang. RI 1 juga sempat menjajal untuk berkantor di IKN selama 3 hari, dengan bermalam di Kantor Presiden yang dinamai Istana Garuda. (Dok. Kementerian PUPR)

IKN akan menjadi tempat upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 yang dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi dan perwakilan tamu negara, kepala lembaga dan menteri-menteri kabinet.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara, Danis H Sumadilaga menjelaskan, berbagai progres perkembangan terkini pembangunan IKN. Mulai dari kesiapan lapangan upacara, kantor presiden, dan infrastruktur air untuk mendukung kelancaran perayaan upacara 17 Agustus.

"Di IKN sudah ada sumber air baku, selain itu ada sumber lain yaitu Bendungan Sepaku Semoi. Kapasitasnya secara teknis di Intake Sepaku adalah 3.000 liter per detik. Sedangkan Bendungan Sepaku Semoi adalah 2.500 liter per detik," terang Danis dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/7/2024).

Danis mengungkapkan, untuk tahap satu sumber air baku yang akan digunakan bersumber dari Intake Sepaku.

"Ini yang akan diproses melalui pengolahan air bersih di samping intake, kemudian dialirkan melalui pipa sepanjang 16 km ke pusat pemerintahan. Dari sana didistribusi ke setiap persil setiap gedung yang menjadi air bersih yang nanti digunakan di IKN," ungkapnya.

Saat ini, perjalanan darat untuk sampai ke IKN dari Balikpapan kurang lebih dua setengah jam. Melalui tol baru, perjalanan darat dapat ditempuh dengan satu jam perjalanan darat.

"Kalau dari Balikpapan tadi memerlukan dua setengah jam, mulai tol fungsional itu sekitar satu sampai satu setengah jam, sehingga kita menghemat satu setengah jam. Mudah-mudahan pada 17 Agustus itu sudah bisa terealisasi," imbuh Danis.

 


Kemensetneg Mau Sewa 1.000 Mobil Buat Tamu VVIP

Kesiapan jelang seremoni perayaan HUT RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024. (Foto: Otorita IKN)
Kesiapan jelang seremoni perayaan HUT RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024. (Foto: Otorita IKN)

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyiapkan 1.000 mobil untuk kebutuhan pergerakan tamu negara dan very very important person (VVIP) pada perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Indonesia pada 17 Agustus 2024 di Kota Nusantara (IKN). 

Hal ini diungkap oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur Damun Kiswanto. 

"Kami dan Kemensetneg tanda tangani nota kesepahaman pengadaan 1.000 unit mobil untuk perayaan kemerdekaan," Damun Kiswanto dikutip dari Antara, Senin (5/8/2024).

"Permintaan pengadaan mobil dari Kemensetneg itu sekitar 1.000 unit, dan sudah dibayar uang muka 50 persen dari nilai kontrak," tambahnya.

Tetapi untuk memenuhi permintaan Kemensetneg, DPD Asperda Kaltim harus menambah unit mobil dari luar daerah karena keterbatasan unit mobil rental di wilayah itu.

Dalam memenuhi keterbatasan unit mobil tersebut DPD Asperda Kaltim melakukan koordinasi dengan DPP Asperda Indonesia yang sepakat memberikan dukungan sejumlah unit mobil untuk dikirimkan ke Kalimantan Timur.

"Unit mobil didatangkan dari Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu, dan diperjalanan menuju Kaltim," jelasnya.


Lonjakan Harga Sewa

Kesiapan jelang seremoni perayaan HUT RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024. (Foto: Otorita IKN)
Kesiapan jelang seremoni perayaan HUT RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024. (Foto: Otorita IKN)

Mendatangkan unit mobil dari luar daerah Kalimantan Timur ada biaya pengiriman untuk satu unit mobil mencapai Rp 13 juta, lanjut dia, sehingga lonjakan harga sewa mobil tidak bisa dihindari.

Dengan keterbatasan unit mobil rental di Kaltim seiring dengan permintaan yang meningkatkan menjelang Upacara ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Nusantara, harga sewa mobil di Kalimantan Timur melonjak hingga 100 persen dari harga pasaran sebelumnya.

Permintaan mobil rental semakin banyak dan terjadi kenaikan harga sewa mobil, kata dia, sejak memasuki Agustus 2024.

Harga sewa mobil normal untuk Fortuner sekitar Rp 2,5 juta per hari, dan saat ini menjadi Rp 5 juta per hari, kemudian Hi-Ace Rp 3,5 juta per menjadi Rp 15 juta per hari.

"Bahkan untuk Alphard yang biasanya Rp 7 juta per hari naik cukup signifikan menjadi Rp 25 juta per hari," demikian Damun Kiswanto.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya