Viral Pernyataan Mau Oposisi Sampai Mati, Ini Kata Babe Haikal yang Kini Masuk Kekuasaan

Haikal Hassan Baras atau akrab disapa Babe Haikal telah dilantik sebagai Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

oleh Aries Setiawan diperbarui 22 Okt 2024, 15:05 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2024, 15:05 WIB
Dari Gus Miftah Hingga Taufik Hidayat Masuk Radar Bakal Calon Menteri atau Kepala Badan pada Pemerintahan Prabowo
Haikal Hassan Baras atau bernama asli Ahmad Haikal Hassan merupakan seorang pendakwah, konsultan, motivator, dan pembicara publik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Haikal Hassan Baras atau akrab disapa Babe Haikal telah dilantik sebagai Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Usai diangkat jadi pejabat negara, pernyataan Haikal yang dengan tegas menyatakan bakal menjadi oposisi sampai mati kembali viral di media sosial.

Pernyataan salah satu tokoh aksi 212 itu diungkit kembali oleh publik seiring dirinya merapat kepada lingkaran kekuasaan di bawah Presiden Prabowo Subianto.

Menanggapi hal itu, Haikal menerangkan, perkataannya menjadi viral lantaran potongan video yang tidak utuh. Padahal, menurut dia, itu bukan kesimpulan sesungguhnya dari pernyataannya.

"Itu yang saya pesan kemarin pada wartawan, jangan suka mengutip berita hoaks atau potong-potong. Kan itu potongan. Jadi jangan suka potong-potong. Jangan suka mengambil kesimpulan," kata Babe Haikal di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Haikal meminta agar publik mendengarkan peryataannya dari video utuh, bukan hasil potongan seperti yang beredar di media sosial.

"Dengarkan semuanya. Seperti yang saya katakan tadi. Kita ini beroposisi terhadap kejahatan. Terhadap kesewenang-wenangan. Terhadap keserakahan. Itu yang dimaksud. Itu kepotong, itu hilang," klaim Haikal Hassan.

Diberitakan sebelumnya, publik mengungkit kembali janji Haikal Hassan yang sempat berceletuk akan menjadi oposisi sampai mati.

Sejak kemenangan Jokowi di tahun 2019, semangat Haikal Hassan menjadi oposisi tampak memudar. Puncak perubahan sikap Haikal Hassan terjadi kala ia menerima panggilan Prabowo Subianto yang tengah mempersiapkan kabinet menteri di masa pemerintahan presiden 2024-2029.

Padahal, dalam ceramah lawasnya, Haikal Hassan sempat mengikrarkan janji dengan menyebut nama Allah bahwa ia akan selalu bersikap sebagai oposisi.

"Sampai mati oposisi! Sampai mati, siapapun presidennya. Ana pernah bilang bahkan ke Pak Prabowo yang ana dukung, 'Pak, kalau Bapak jadi Presiden, detik itu juga Allah yang menyaksikan, langsung saya nyatakan saya oposisi terhadap Bapak'," bunyi ceramah Haikal Hassan.

Haikal Hassan Dilantik Jadi Kepala BPJPH

Prabowo Melantik Sejumlah Kepala Badan hingga Penasihat Presiden
Presiden Prabowo Subianto melantik sejumlah pejabat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2024). Adapun pejabat yang dilantik hari ini terdiri dari utusan khusus presiden, penasihat khusus presiden, staf khsusu presiden, hingga kepala badan. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Presiden Prabowo Subianto melantik lima kepala badan dan wakil kepala badan untuk membantu pemerintahannya di Istana Negara Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Salah satunya Haikal Hassan Baras alias Babe Haikal. Tokoh Aksi 212 itu dilantik menjadi Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal.

Berikut daftar kepala badan yang dilantik Prabowo Subianto:

1. Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus

- Aris Marsudiyanto, Kepala Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus

2. Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara

- Muliaman Darmansyah Hadad, Kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara

- Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang, Wakil Kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara

3. Badan Penyelenggara Haji

- Irfan Yusuf, Kepala Badan Penyelenggara Haji

- Dahnil Anzar Simanjuntak, Wakil Kepala Badan Penyelenggara Haji

4. Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan

- Budiman Sudjatmiko, Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan

- Nanik Sudaryati Deyang, Wakil Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan

- Iwan Sumule, Wakil II Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan

5. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal

- Haikal Hassan, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal

- Afriansyah Noor, Wakil Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal

6. Badan Gizi Nasional

- Lodewyk Pusung, Wakil Kepala Badan Gizi Nasional

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya