Gus Sholah: Khofifah Diperlakukan Tak Adil oleh KPU Jatim

"Ini mencolok sekali, mereka (KPUD Jatim) tidak profesional dan tidak jujur," ujar Gus Solah.

oleh Rochmanuddin diperbarui 29 Jul 2013, 14:06 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2013, 14:06 WIB
khofifah-130729b.jpg
Adik mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Salahudin Wahid alias Gus Sholah, mengatakan Khofifah Indaar Parawansa dan Herman S Sumawiredja diperlakukan tidak adil dalam pendaaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Gus Sholah mengungkapkan dukungannya kepada pasangan yang dinyatakan tidak lolos pendaftaran oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Jatim.

"Ini mencolok sekali, mereka (KPUD Jatim) tidak profesional dan tidak jujur," ujar Gus Sholah saat menghadiri sidang dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu di Gedung Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Jakarta, Senin (29/7/2013).

Gus Sholah mengaku sudah sangat dekat dengan Khofifah. Bahkan, Khofifah sudah seperti anak kandungnya. Maka itu, dia sangat mendukung secara moril apa yang tengah dialami Khofifah saat ini. "Saya memahami Khofifah, dia sudah seperti anak saya sendiri," tegas Gus Solah.

Sidang kali ini mengagendakan mendengarkan pendapat ahli yang diajukan pihak teradu atau KPU Jatim. Saksi yang diajukan adalah ahli hukum tata negara dari Universitas Airlangga Dr Emanuel Sujatmoko, serta ahli Pemilu Prof Ramlan Surbakti.

Sidang kali ini kemungkinan menjadi sidang terakhir terkait sengketa yang diajukan oleh pasangan Khofifah-Herman. Pembacaan putusan gugatan ini diperkirakan akan berlangsung akhir pekan ini. Dalam sidang sebelumnya,. Khofifah mengajukan mantan Hakim Konstitusi Maruarar Siahaan dan Andi Irman Putrasidin sebagai saksi. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya