[VIDEO] Amankan Pemukiman Saat Mudik, Pecalang di Bali Dikerahkan

Guna menjaga keamanan pemukiman warga muslim yang sedang mudik, Polda Bali bersama Pecalang berpatroli.

oleh Liputan6 diperbarui 09 Agu 2013, 06:52 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2013, 06:52 WIB
pecalang--130908a.jpg
Guna menjaga keamanan pemukiman warga muslim yang sedang mudik, aparat Kepolisian Polda Bali bersama Pecalang, atau satuan pengamanan desa adat Bali, melakukan pengamanan. Mereka melakukan patroli bersama, di pemukiman warga, untuk mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas saat lebaran.

Liputan 6 SCTV, Jumat (9/8/2013), menayangkan, Polsek Denpasar Timur bersama puluhan Pecalang desa Kesiman, Banjar Kerthapura, Denpasar, melakukan patroli di pemukiman warga, khususnya warga yang sedang mudik lebaran.

Petugas memeriksa setiap rumah dengan mengecek pintu pagar dan memeriksa sekeliling rumah warga yang kosong. Selain itu, petugas juga mengingatkan warga agar selalu mengunci pagar rumah serta memarkir kendaraan dengan aman dan benar.

Patroli itu juga sebagai wujud kepedulian dan toleransi antarumat beragama. Sebagian besar warga desa Kesiman ini terdiri dari warga asli yang beragama Hindu.

Selain itu, patroli pengamanan ini bertujuan untuk menekan angka kejahatan tindakan pembobolan dan pencurian di pemukiman penduduk, khususnya rumah-rumah warga yang kosong ditinggal mudik lebaran. (Yog/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

    POPULER

    Berita Terkini Selengkapnya